Home / News

Sabtu, 9 Juli 2022 - 03:28 WIB

Mengenal Program Fast Track dalam Pendidikan Tinggi

Dibaca 1,557 kali

Program Fast Track – Semakin bertambahnya tahun, dunia pendidikan akan semakin cepat berkembang. Salah satunya yakni dunia pendidikan tinggi. Sehingga beragam program mulai bermunculan termasuk adanya program fast track. Program tersebut merupakan salah satu program yang sedang menjadi incaran para lulusan SMA maupun para freshgaduate S1. Program ini sekarang malah menjadi incaran para lulusan.

Apa itu Program Fast Track?

Secara umum program fast track merupakan salah satu program akselerasi. Program ini hampir mirip dengan program akselerasi yang ada di sekolah yang hanya 2 tahun saja.

Nah, fast track sendiri merupakan salah satu program yang ada di jenjang pendidikan tinggi. Biasanya lebih sering ditawarkan untuk program S1 yang dikolaborasikan dengan keseluruhan materi S2.

Dalam program fast track, biasanya para mahasiswa S1 akan ditawarkan untuk menyelesaikan S2 sekaligus dalam kurun waktu 5 tahun.

Pemerintah pun telah melakukan upaya sebanyak mungkin. Misalnya, beberapa program fast track resmi yang dimiliki pemerintah seperti beasiswa PMDSU.

Beasiswa ini diberlakukan bagi lulusan sarjana yang ingin melanjutkan magister bahkan sampai program kedokteran.

Mekanismenya sendiri hampir mirip dengan fast track S1 -S2. Selain itu, ada juga program PPG yang menjadi program lanjutan idola setelah lulusan pendidikan atau non – kependidikan menyelesaikan gelar sarjana.

Sebab lulusan pendidikan saat ini tak lagi mendapatkan bukti otentik kemampuan mengajar seperti sertifikat.

Pembuktian kualitas untuk menjadi guru profesional haruslah dibuktikan dengan adanya sertifikat pendidik yang hanya akan didapatkan setelah mengikuti PPG.

PPG sendiri merupakan salah satu program yang memberikan fasilitas fast track khususnya bagi mahasiswa non – kependidikan.

Nantinya para lulusan mahasiswa dengan jurusan non – kependidikan akan mendapatkan pemahaman mengenai matkul keguruan hanya dalam kurun waktu 1-2 tahun.

Strategi Menjadi Mahasiswa Program Fast Track

Menjadi seorang mahasiswa tentu tidaklah mudah. Sebab ada beberapa tantangan dan usaha dalam mencapai target.

Berbeda halnya dengan menjadi seorang siswa saja. Untuk bisa mengejar target menjadi mahasiswa S1 sekaligus S2 dalam waktu 5 tahun tentu dibutuhkan beberapa strategi. Diantaranya yakni :

1.   Mengidentifikasi PT dengan Fast Track

Strategi pertama yang perlu dilakukan yakni mencoba untuk melakukan proses identifikasi pada Perguruan Tinggi.

Biasanya info tersebut akan banyak dipajang di beberapa publikasi kampus. Selain itu, anda juga bisa bertanya pada dosen yang menurut anda memahami terkait fast track.

Pun beberapa cara lain misalnya dengan mencari informasi melalui akun facebook, instagram maupun beebrapa situs website terpercaya.

2.   Merencanakan Diri untuk Menjadi Mahasiswa Unggul

Salah satu strategi yang perlu diperlukan yakni urgensitas untuk meningkatkan diri agar menjadi pribadi yang unggul.

Sebab program fast track secara tidak langsung akan menyeleksi orang – orang yang disiplin dan haus akan keilmuan.

Jika generasi malah mudah bosan dengan pembelajaran, kesempatan anda untuk mengikuti fast track akan terhambat.

Sebisa mungkin anda harus menjaga nilai IPK anda dalam range 3.00 – 3.25 bergantung pada persyaratan yang sudah ditetapkan oleh kampus. Kampus pun juga dapat mengatur regulasi terkait semester 5 maupun semester 6.

Untuk mendapatkan IPK tinggi di tiap semesternya tentu tidak mudah. Mulai dari kedisiplinan belajar sampai terselesaikannya tugas dengan tepat waktu.

Apalagi biasanya generasi mahasiswa sekarang lebih suka tongkrongan dibanding bekerja keras untuk menaikkan branding atau kualitas diri melalui pembelajaran yang rajin.

3.   Manajemen Diri terhadap Bahan Literasi

Nah strategi lain yang perlu dimantapkan yakni senantiasa untuk meningkatkan diri dengan berbagai literasi yang ada.

Sebab semakin bertambahnya tahun, semakin banyak pula modul atau bahan pembelajaran untuk dipelajari.

Sebab sangat tidak fair rasanya bila generasi ingin mengikuti program fast track namun tak suka membaca atau bahkan meningkatkan keilmuannya.

Tenang saja kawan, membaca tidak seharusnya dengan buku yang sudah tercetak. Anda bisa membeli atau sekedar membaca online lewat situs resmi yang sudah ada.

4.   Meningkatkan Kepercayaan Diri untuk Berani Maju

Selain itu, anda juga perlu untuk meningkatkan kepercayaan diri. Sebab mahasiswa yang mengikuti program S1 dan S2 pasti memiliki kendala dan tantangan. Salah satunya yakni insecure.

Misalnya, jika tidak bisa memenuhi target maka generasi rentan mengalami perasaan insecure sehingga mau tak mau, proses pembelajaran yang harus ia jalani terhambat, bahkan terhenti karena malah overthinking.

Sebisa mungkin anda harus mengabaikan segala cacian dan makian orang – orang yang hanya memberikan pemikiran negatif saja.

5.   Memiliki Manajemen Waktu yang Baik

Kemudian penting bagi generasi untuk memiliki pengelolaan jadwal waktu yang baik. Dengan adanya tatanan jadwal yang rigid, maka generasi akan lebih terbiasa dengan segala tanggungan dan beban yang sedang dia kerjakan.

Namun bila generasi tak mampu melakukan pengelolaan waktu secara cepat, malah impiannya untuk kuliah akselerasi hanya akan berada di angan – angan.

6.   Pemilihan Jurusan yang Linear

Kawan, jika ingin menyelesaikan program fasilitasi fast track dengan cepat dan mudah, maka alangkah baiknya bila anda memilih jurusan yang linear dengan jurusan pada saat kuliah S1.

Sebab nantinya ketika anda akan memasuki masa pembuatan skripsi, hal tersebut sekaligus akan menjadi ide bagi perencanaan tesis S2 anda.

Sehingga sangat penting bila anda bisa memperbanyak referensi mengenai jurusan maupun penelitian yang akan anda pilih.

Keuntungan Program Fast Track

Ketika anda berhasil mendapat pembiayaan atau mendanai sendiri dalam program fast track, tentu ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan diantaranya yakni :

1.   Efisiensi Waktu

Salah satu keuntungan yang akan didapat yakni anda dapat menghemat waktu perkuliahan. Dengan begitu bisa lebih fokus mengejar target yang akan dicapai.

Namun dibalik keuntungan efisiensi waktu tersebut, tentu akan ada banyak lika – liku yang harus dilalui.

2.   Mendapat Peluang Besar dalam Pekerjaan

Menjadi seorang lulusan S2 maupun S3 tentu akan membuka peluang besar bagi anda untuk mendapat pekerjaan yang layak.

Di dunia perusahaan maupun instansi sekarang persaingannya sangatlah ketat sehingga mau tidak mau anda harus menunjukkan kualitas dan profesionalitas diri anda.

3.   Meningkatkan Taraf Hidup

Hal lain yang menjadi keuntungan yakni anda bisa meningkatkan taraf hidup. Dengan menjalani fast track, maka target kelulusan normal bisa dipangkas dan anda bisa melamar di beberapa tempat pekerjaan yang ada.

Hanya saja tetap jangan lupa untuk tetap memperhatikan kesopanan dan perilaku yang baik ya. Sebab sebanyak apapun gelarmu, kalau perilakunya tak baik tetap saja impian hanya akan menjadi angan – angan saja.

Nah, demikian ulasan mengenai program fast track sehingga anda tak bingung dengan segala strategi untuk menghadapinya.  Diharapkan pendidikan di Indonesia akan dapat lebih meningkat dengan adanya kelas akselerasi di tingkat mahasiswa.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

gaji aparatur sipil negara

News

Rejeki Baru Untuk Guru Kategori Berikut Dari Pemerintah

News

TPG Triwulan 3 Tahun 2023 Anda Belum Kunjung Cair? Waspadai 7 Kategori Guru Tidak Cair TPG-nya!

News

Informasi BKN Tentang Penetapan NI PPPK, SK Terbit Sebelum Juli

News

Kabar Terbaru, Tentang Kenaikan 8% Gaji Guru ASN Namun Akan Dirapel?
Keterampilan

News

2 Hal Penting Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang SMA
Pengumuman FInalisasi PPPK Guru

News

Menjelang Penutupan Rekrutmen Bersama BUMN 2023, Perhatikan Hal- Hal Ini!

News

2 Masalah Pendidikan Paling Fundamental Saat Ini

Media Mengajar

Guru Wajib Tahu! Cara Aktivasi Akun Pembelajaran Belajar.id