Home / Metode Pembelajaran

Jumat, 8 Juli 2022 - 07:50 WIB

3 Jenis Metode Pembelajaran yang Wajib Diketahui Guru

Dibaca 378 kali

Metode Pembelajaran – Pada dasarnya, pendidikan bukan hanya sekedar mengumpulkan para peserta didik di dalam kelas. Namun juga peran guru dalam mengakomodir pembelajaran di kelas dan sesuai dengan administrasi pembelajaran yang ada. Salah satu aspek yang perlu dipahami oleh para guru yakni terkait pengetahuan akan ragam metode pembelajaran. 

Mengenal Ragam Metode Pembelajaran

Sebagian besar tentu sudah memahami makna dari metode pembelajaran. Hanya saja, tidak semua mengenali ragam dari metode tersebut. Berikut beberapa contohnya yang bisa diterapkan di kelas.

1.    Metode Ceramah

Ragam pertama yang perlu dikenali yakni jenis metode ceramah. Biasanya metode ini lebih sering digunakan di jenjang pendidikan ke atas seperti SMA dan Perguruan Tinggi. Sebab di jenjang tersebut, level perkembangan kognisi peserta didik sudah lebih meningkat di bandingkan jenjang KB maupun SD.

Kelebihan dari metode ceramah, para guru dapat mengendalikan kelas serta mengefisiensikan waktu. Sleain itu, para guru akan mendapat kesempatan untuk bisa menggunakan aspek pengetahuan, pengalaman maupun kearifan.

Sedangkan kekurangannya, para guru cenderung subyektif sebab memandang peserta didik berdasar kategori tingkat kognisi dari level kurang, sedang dan pandai.

Selain itu, proses belajar juga tampak membosankan. Hal lain yang menjadi kekurangan yakni proses pembelajaran cenderung fokus pada definisi dari materi yang disampaikan bukan pada capaian peserta didik.

2.   Metode Diskusi

Jenis metode lainnya yakni metode diskusi. Metode tersebut merupakan usaha untuk menyampaikan materi dengan mengaktifkan nalar dan daya kritis peserta didik. Sederhananya, metode tersebut akan membutuhkan adanya mekanisme tukar informasi antar peserta didik. Metode ini biasanya terdiri dari beberapa sub jenis misalnya diskusi kelompok besar, kelompok kecil maupun berbentuk diskusi panel.

3.   Metode Demonstrasi

Jenis lainnya yakni metode demonstrasi. Metod etersebut merupakan suatu metode pembelajaran yang dapat diperankan dengan aktivitas pemeragaan. Tujuannya yakni untuk bisa menunjukkan adanya proses maupun cara kerja dari materi yang sedang diajarkan para guru. Hanya saja, tidak semua topik atau mata pelajaran dapat mneggunakan metode demonstrasi. Sebab metode tersebut membutuhkan sarana maupun prasana yang berkualitas dan kuantitas dalam jumlah besar.

Masalahnya, tidak semua sekolah memberikan fasilitas yang demikian. Metode ini akan mengalami kendala jika guru tidak memahami dengan baik apa yang akan didemonstrasikan. Untuk kelebihannya, metode ini berorientasi pada students-centered.

Pun juga dapat memudahkan peserta didik untuk bisa bertanya langsung pada guru terkait persoalan yang tidak mereka pahami. Dengan demikian, mereka dapat mengakses informasi lebih luas.

Nah, demikian ulasan mengenai ragam metode pembelajaran dan penjelasan singkat terkait penerapan, tujuan, serta manfaatnya.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

pembelajaran berdiferensiasi

Metode Pembelajaran

Ulasan Pembelajaran Berdiferensiasi yang Penting untuk Diketahui

Metode Pembelajaran

Teknik Manajemen Kelas 
Tunjangan Pegawai Pemerintah

Media Mengajar

Computational Thinking dan Kaitannya dengan Pendidikan
peran guru sebagai motivator

Metode Pembelajaran

Matematika Menjadi Pelajaran Menyenangkan

Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran Abad 21 untuk Mencetak Generasi Berprestasi dan Peradaban Gemilang
pembelajaran berdiferensiasi

Edutainment

Tips Untuk Guru Tumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa

Metode Pembelajaran

Memahami Pembelajaran Eksperiential Learning melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Metode Pembelajaran

5 Metode Pembelajaran Yang Sering Digunakan Oleh Guru