Home / News

Rabu, 8 Maret 2023 - 15:21 WIB

Mengenal Ragam Permasalahan Pendidikan Indonesia

Dibaca 225 kali

Idealnya, pendidikan yang berjalan dengan baik tentu kan mewujudkan output yang baik pula. Namun nyatanya hal tersebut masih belum bisa terlihat pada bangsa ini.

Bukan berarti Indonesia menghasilkan generasi “tidak baik”. Hanya saja, porsentase permasalahan pendidikan yang harus diselesaikan juga banyak. Di sisi lain, masih terdapat segudang prestasi yang ditorehkan anak bangsa. Lantas, apa saja faktor yang menyebabkan permasalahan pendidikan terus bertambah?

1.    Mendidik Siswa Layaknya Robot

Permasalahan pertama yakni masih banyaknya persepsi bahwa siswa akan selalu bisa setelah diberikan pembelajaran. Kondisi inilah yang menyebabkan sebagian siswa mau tak mau merasakan bahwa pendidikan yang ditempuh sangatlah membosankan.

Sebab mereka harus sebisa mungkin memenuhi target yang harus dikejar. Padahal, menurut teori pendidika yang banyak berkembang, setiap siswa tentu memiliki potensi dan daya serap yang berbeda – beda.

Selain itu, proses pembelajaran terkadang juga menjadikan siswa seolah – olah seperti robot yang harus patuh dan mengikuti segala perintah. Berlaku patuh memang harus. Namun kepatuhan yang ditunjukkan hari ini dalam dunia pendidikan malah dipaksakan.

Misalnya, beberapa lembaga pendidikan memaksa siswa untuk mengejar target akademik tertentu agar bisa menorehkan prestasi. Selain itu, orangtua sebagai pendukung pembelajaran terkadang juga berkontribusi dalam menjadikan para siswa layaknya robot yang harus patuh dan dengan cepat menjadi pintar.

2.    Pola Pikir Pendidik

Permasalahan kedua yakni berkaitan dengan komponen pendidikan lainnya yakni para pendidik. Seringkali muncul fenomena dimana seorang pendidik mengeluhkan gaji yang mereka dapatkan tidak sebanding dengan aktivitas yang mereka lakukan.

Kondisi ini akhirnya memicu sebagian guru hanya bertindak sebagai pengajar saja dan menyampaikan ilmu. Namun, proses mendidik dan membangun karakternya terlewatkan. Jika dibiarkan tentu hal ini tidak baik.

Maka dari itu, untuk mencegah pola pikir financial-oriented pada pemikiran para guru, sebisa mungkin pemerintahan dan lembaga pendidikan pemerintah terkait mengadakan berbagai program.

Salah satu program yang terus akan dikembangkan yakni program bantuan dana bagi guru yang membutuhkan atau memenuhi syarat untuk diberikan bantuan.  Program pemberian bantuan beurpa TPG, PPG Daljab dan Luar Jabatan nyatanya telah banyak memberikan kesempatan bagi para guru.

Halaman Selanjutnya

3.    Semunya Filosofi Pendidikan

Share :

Baca Juga

News

Terbaru! Tunjangan Khusus Guru Capai Rp 9 Juta

News

Honorer Diangkat PPPK Walaupun Tak Lulus CASN 2024, Asal Penuhi Syarat Ini!

News

Perbedaan PNS, PPPK dan PPPK Paruh Waktu, Mulai dari Gaji hingga Jam Kerja
photo by kemdikbud.go.id

News

Info Terbaru Dari Disdik Tentang Pengumuman Penugasan & Penempatan Guru Kode P/L

News

Penting! Perbedaan Passing Grade SKD CPNS Pelamar Umum dan Khusus

News

Bersiap! Mendikbud Nadiem Akan Uji Cobakan Awan Penggerak di 6 Provinsi

News

3 Model Pembelajaran yang Cocok Digunakan di Masa Pandemi

News

Wajib Tau! Berikut Alur dan Syarat Penyetaraan Ijazah Untuk Mendaftar CPNS 2023 Formasi CASN