Home / Kompetensi Guru / Metode Pembelajaran

Rabu, 12 April 2023 - 21:39 WIB

Merancang Asesmen Rubrik Pencapaian Dalam Projek P5, Disertai Contohnya!

Dibaca 11,569 kali

Pelaksanaan Asesmen  Projek P5 (Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan melalui .

Dalam artikel ini akan dibahas secara mendalam mengenai merancang rubrik pencapaian dalam projek , disertai contohnya.

Asesmen merupakan bagian penting dari dalam projek P5. Oleh karena itu dalam merencanakan projek P5, termasuk dalam menyusun modul projek profil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merancang asesmen projek P5:

1. Pertimbangkan keberagaman kondisi dan sesuaikan asesmen. 

Tidak semua jenis asesmen cocok untuk semua kegiatan dan individu peserta didik. Asesmen yang beragam dapat membantu dan peserta didik merasakan pembelajaran yang berbeda. Gunakan pertanyaan ini untuk memandu pembuatan asesmen

2. Pembuatan indikator perkembangan sub- elemen antarfase di awal projek. 

Indikator perkembangan sub-elemen berguna untuk mengetahui kemajuan pencapaian tujuan projek

3. Bangun keterkaitan antara (awal dan sepanjang projek profil) dan sumatif.

Hasil dari asesmen formatif di awal projek profil dapat dipakai untuk memetakan kekuatan dan kelemahan peserta didik sebagai acuan tim fasilitator projek profil dalam menentukan indikator performa peserta didik ketika merancang asesmen formatif dan sumatif.. 

4. Jelaskan dan libatkan peserta didik dalam proses asesmen

Baca Juga:  Strategi Guru dalam Mengajar yang Tersusun Rapi dan Menyenangkan Bagi Murid

Misalnya, peserta didik dapat memilih topik yang akan dinilai, metode asesmen (tertulis/ tidak tertulis, presentasi/pembuatan poster), dan pengembangan rubrik. Pendidik juga dapat membimbing peserta didik dalam menggunakan rubrik/ penilaian agar peserta didik merasa terlibat dalam mengelola dan menilai proses pembelajaran mereka sendiri.

Mengapa Asesmen Projek P5 menggunakan Rubrik?

Rubrik merupakan salah satu alat asesmen yang sering dipakai untuk pembelajaran kolaboratif seperti projek profil. 

Rubrik dapat dipakai oleh pendidik dan peserta didik untuk mengevaluasi kualitas kinerja peserta didik secara konsisten, membangun, dan objekt

Berikut ini kemudahan apabila menerapkan asesmen Projek P5 dengan Rubrik

Bagi pendidik

Rubrik yang efektif dapat mengurangi waktu yang dihabiskan pendidik untuk menilai karena sudah ada deskripsi jelas yang menjadi acuan pendidik. Deskripsi ini memastikan konsistensi dan objektivitas dalam menilai sehingga dapat mengurangi ketidakpastian dan keluhan tentang nilai

Bagi peserta didik

Rubrik yang efektif dapat memberikan peserta didik pemahaman yang jelas mengenai ekspektasi suatu tugas dan keterkaitan tugas dengan tujuan projek profil. Oleh karena itu, peserta didik dapat berlatih mengevaluasi pekerjaan mereka sendiri menggunakan rubrik yang ada. Rubrik juga bisa dipakai sebagai acuan pemberian umpan balik.

Halaman Selanjutnya

Dalam perancangan rubrik utama…

Share :

Baca Juga

Kompetensi Guru

Semua Guru Wajib Ikut! Pendaftaran Terakhir Tanggal 16 September 2023

Kompetensi Guru

Peraturan PNS Dirombak Total! Berikut Infromasi Terbaru Peraturan struktur Organisasi & Sistem Kerja PNS Yang Dirombak

Kompetensi Guru

Kesempatan Mendapatkan Tunjangan Sertifikasi Terbuka Lebar Bagi Guru, Simak Informasinya Sekarang!

Metode Pembelajaran

Matematika Menjadi Pelajaran Menyenangkan

Edutainment

Inovasi Pembelajaran Kontekstual Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Kompetensi Guru

Benarkah Guru Penggerak Akan Diangkat Jadi Kepala Sekolah? Simak Keterangan Kemendikbud

Kompetensi Guru

Siap- siap 14 September 2023! Ada Kejutan Besar Untuk Guru SD, SMP, SMA dan SMK, Berikut Informasi Lengkapnya

Media Mengajar

Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Kurikulum Merdeka
Download Sertifikat Pendidikan Gratis