Pelaksanaan Asesmen Projek P5 (Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan melalui rubrik penilaian.
Dalam artikel ini akan dibahas secara mendalam mengenai merancang rubrik pencapaian dalam projek P5, disertai contohnya.
Asesmen merupakan bagian penting dari pembelajaran dalam projek P5. Oleh karena itu dalam merencanakan projek P5, termasuk dalam menyusun modul projek profil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merancang asesmen projek P5:
1. Pertimbangkan keberagaman kondisi peserta didik dan sesuaikan metode asesmen.
Tidak semua jenis asesmen cocok untuk semua kegiatan dan individu peserta didik. Asesmen yang beragam dapat membantu pendidik dan peserta didik merasakan pembelajaran yang berbeda. Gunakan pertanyaan ini untuk memandu pembuatan asesmen
2. Pembuatan indikator perkembangan sub- elemen antarfase di awal projek.
Indikator perkembangan sub-elemen berguna untuk mengetahui kemajuan pencapaian tujuan projek
3. Bangun keterkaitan antara asesmen formatif (awal dan sepanjang projek profil) dan sumatif.
Hasil dari asesmen formatif di awal projek profil dapat dipakai untuk memetakan kekuatan dan kelemahan peserta didik sebagai acuan tim fasilitator projek profil dalam menentukan indikator performa peserta didik ketika merancang asesmen formatif dan sumatif..
4. Jelaskan tujuan Asesmen dan libatkan peserta didik dalam proses asesmen
Misalnya, peserta didik dapat memilih topik yang akan dinilai, metode asesmen (tertulis/ tidak tertulis, presentasi/pembuatan poster), dan pengembangan rubrik. Pendidik juga dapat membimbing peserta didik dalam menggunakan rubrik/kriteria penilaian agar peserta didik merasa terlibat dalam mengelola dan menilai proses pembelajaran mereka sendiri.
Mengapa Asesmen Projek P5 menggunakan Rubrik?
Rubrik merupakan salah satu alat asesmen yang sering dipakai untuk pembelajaran kolaboratif seperti projek profil.
Rubrik dapat dipakai oleh pendidik dan peserta didik untuk mengevaluasi kualitas kinerja peserta didik secara konsisten, membangun, dan objekt
Berikut ini kemudahan apabila menerapkan asesmen Projek P5 dengan Rubrik
Bagi pendidik
Rubrik yang efektif dapat mengurangi waktu yang dihabiskan pendidik untuk menilai karena sudah ada deskripsi jelas yang menjadi acuan pendidik. Deskripsi ini memastikan konsistensi dan objektivitas dalam menilai sehingga dapat mengurangi ketidakpastian dan keluhan tentang nilai
Bagi peserta didik
Rubrik yang efektif dapat memberikan peserta didik pemahaman yang jelas mengenai ekspektasi suatu tugas dan keterkaitan tugas dengan tujuan projek profil. Oleh karena itu, peserta didik dapat berlatih mengevaluasi pekerjaan mereka sendiri menggunakan rubrik yang ada. Rubrik juga bisa dipakai sebagai acuan pemberian umpan balik.
Halaman Selanjutnya