Home / News

Selasa, 11 Januari 2022 - 06:50 WIB

Metode Menyimak dalam Pelajaran Bahasa Indonesia

Dibaca 2,505 kali

Metode menyimak – Bahasa Indonesia, merupakan salah satu mata pelajaran yang cukup menyenangkan.

Sayangnya, pelajaran satu ini tergolong gampang-gampang susah. Adapun salah satu materi bahasa Indonesia yang cukup umum ditemukan adalah materi menyimak.

Pernah mendengar istilah ini? Tentu, sebagai seorang guru, Anda sudah tidak asing lagi dengan materi menyimak. Khususnya bagi yang guru Bahasa Indonesia.

Mengajarkan materi satu ini cukup tricky bagi setiap guru. Tapi tenang saja, karena kali ini, kami akan membagikan beberapa metode menyimak yang ada di dalam bahasa Indonesia, sehingga bisa Anda cermati untuk diaplikasikan dan tambahan pengetahuan ketika mengajar.

  1.     Metode Integratif atau metode simak-ulang

Metode menyimak pada pelajaran Bahasa Indonesia yang pertama adalah metode simak ulang, atau yang disebut juga dengan metode integratif.

Metode satu ini menjadi salah satu metode yang memang sering digunakan oleh para guru. Sebagai seorang guru, Anda akan berperan sebagai model pembelajaran. Yakni, dengan membacakan ataupun memutarkan rekaman bunyi bahasa yang akan dipelajari.

Misal, kata-kata mutiara, kemudian puisi pendek, fonem, dan lain sebagainya. Ketika membacakannya, usahakan untuk perlahan-lahan. Intonasinya harus jelas dan tepat, semenatara artikulasinya juga harus pas.

Lalu minta para siswa untuk menirukannya. Anda dapat mereka menirukannya secara individu, atau kelompok.

  1.     Simak tulis

Untuk metode yang kedua adalah metode simak tulis. Cara ini juga sangat sering dilakukan oleh para guru. Yakni, Anda bisa mempersiapkan materi yang akan didiktekan terlebih dahulu.

Baca Juga:  Cek 6 Macam Beasiswa Untuk S1 di Tahun 2022

Anda dapat membacakan teks tersebut di hadapan anak-anak. Minta mereka menulis sesuai dengan yang Anda sampaikan.

Dalam mendikte, usahakan untuk perlahan, apalagi jika siswanya adalah anak SD. Hal ini agar tidak ada yang ketinggalan saat menulis.

Selain itu, ucapkan juga dengan jelas pelafalannya. Agar selain bisa mencatat, mereka juga belajar untuk melafalkan sebuah kata dengan tepat.

  1.     Simak bisik berantai

Pada umumnya, metode satu ini kerap dijadikan sebagai salah satu bentuk game yang menyenangkan. Maka, jika Anda merasa perlu dan ingin menggunakan metode ini, maka Anda bisa mengadakan game kecil-kecilan juga.

Caranya Anda akan membisikan sebuah kalimat kepada salah satu siswa. Kemudian, siswa tadi yang akan membisikkan kalimatnya kepada siswa yang kedua, siswa kedua akan menyampaikannya ke siswa ketiga, sampai kepada siswa yang terakhir.

Kemudian, Anda bisa memeriksa, apakah kalimat awal yang Anda berikan, sama persis dengan kalimat terakhir yang diperoleh oleh anak terakhir. Jika memang berbeda, maka bisa melakukan kroscek, untuk mencari di mana kalimatnya sudah mulai salah.

Sangat menyenangkan, bukan?

Demikian seputar metode menyimak dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Selamat mencoba.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

 

 

 

 

Share :

Baca Juga

News

Guru Wajib Tahu! Chromebook Dan Cara Penggunaannya Untuk Akun Belajar.id

News

Kabar Baik! TPG Triwulan 3 dan 4 Mengalami Kenaikan

News

Nasib Guru Swasta Di Tengah Tuntutan MENPAN-RB Untuk Mempercepat Seleksi Program PPPK

News

Semua Guru Diharapkan Siap Tanggal 4 Maret 2024, Menindaklanjuti Arahan Dari Presiden Joko Widodo Terkait TPPK

News

Mekanisme Gladi Bersih dan Jadwal ANBK SD/MI 2023
Ilustrasi Peserta PPG Dalam Jabatan 2023

News

Kabar Kurang Baik, Tidak Semua Guru P1 Diangkat pada PPPK 2024

News

Jokowi Resmi Hapus Pegawai Honorer di 2024

News

Agar Tidak Mengulang, Begini Cara Mengisi Refleksi Kompetensi Di PMM Dengan Benar
Download Sertifikat Pendidikan Gratis