Home / Edutainment / Metode Pembelajaran / News / Seminar

Sabtu, 9 April 2022 - 22:32 WIB

Program Gratis Bersertifikat 4JP Tips Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Dibaca 3,738 kali

Motivasi merupakan salah satu faktor yang turut menentukan keefektifan dan keberhasilan pembelajaran, karena siswa akan belajar dengan sungguh-sungguh apabila memiliki motivasi yang lebih tinggi. Dengan demikian, seorang siswa akan belajar dengan baik apabila ada faktor pendorong (motivasi), baik yang datang dari dalam maupun yang datang dari luar.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar, salah satunya adalah proses pembelajaran yang kurang menyenangkan dan suasana lingkungan siswa untuk belajar. Dengan adanya motivasi belajar yang tinggi siswa mampu belajar dengan metode student centered sehingga memunculkan tanggung jawab yang tinggi dan menumbuhkan kemandirian dalam belajar.

Seminar Nasional 4JP Gratis Tips Jitu Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Program spesial Seminar Nasional Mengajar dan Memotivasi yang akan membahas dan memberikan solusi dalam permasalahan yang terjadi pada peserta didik yaitu Seminar Nasional “Tips Jitu Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa“. Peran guru selain sebagai pendidik, guru juga memeliki peran sebagai orang tua kedua yang dapat memotivasi anak didiknya sehingga tumbuh rasa semangat dalam belajar.

Kali ini e-Guru.id akan menyelenggarakan program yang wajib diikuti seluruh guru nusantara demi menumbuhkan semangat belajar siswa. Program tersebut akan dilaksanakan pada selasa 19 April 2022, 13.30 WIB. Tentu pembicara yang akan mengisi program seminar tersebut merupakan mentor yang ahli dalam meningkatkan motivasi siswa. Beliau adalah bapak Abdul Ghufron selaku Pengajar praktik Guru Penggerak.

Seminar Nasional ini Gratis dan tentu sangat bermanfaat bagi guru-guru nusantara dan akan rugi jika terlewat. Maka dari itu catat tanggalnya dan ikuti alur pendaftarannya sebagai berikut:

Alur Pendaftaran :

  1. Gabung Channel telegram : https://t.me/Rumaheduid
  2. Share ke 3 Grup Pendidik yang lain.
  3. Kemudian mengisi link pendaftaran : https://bit.ly/SemMotivasi

Narahubung Seminar : 085865988163 (admin lawu)

Jangan khawatir bagi peserta yang sudah mengisi formulir pendaftaran, karena program ini menyediakan fasilitas.

Fasilitas Seminar :

  • e-Sertifikat Bernama 4JP
  • Akses Zoom dan Live Youtube
  • Undangan Seminar
  • Materi Seminar
  • Rekap Daftar Hadir Peserta Seminar

Bagaimana? apakah anda berminat? Seminar Nasional ini GRATIS atau tidak dipungut biaya. Maka dari itu, anda bisa membagikan informasi artikel ini kepada seluruh guru 1 instansi agar ikut berpartisipasi sebagai peserta seminar.

Macam-Macam Motivasi Belajar

Motivasi belajar juga memiliki 2 macam, yaitu Instrinsik dan Ekstrinsik.

Motivasi Belajar Instrinsik

Yang dimaksud dengan motivasi intrinsik adalah motif-motif yang menjadi aktif atau berfungsinya tidak perlu dirangsang dari luar, karena dalam setiap diri individu sudah ada dorongan untuk melakukan sesuatu.

Jika seseorang sudah memiliki motivasi intrinsik, ia secara sadar melakukan kegiatan yang tidak memerlukan motivasi eksternal. Kegiatan belajar, terutama belajar mandiri, membutuhkan motivasi yang esensial. Sangat sulit bagi seseorang tanpa motivasi penting untuk terlibat dalam kegiatan belajar terus menerus. Mereka yang pada dasarnya termotivasi selalu ingin membuat kemajuan ketika belajar. Keinginan tersebut dilatarbelakangi oleh keyakinan positif bahwa semua mata pelajaran yang sedang dipelajari saat ini dibutuhkan saat ini dan di masa yang akan datang serta sangat bermanfaat.

Motivasi Belajar Ekstrinsik

Motivasi ekstrinsik adalah kebalikan dari motivasi instrinsik. Motivasi ekstrinsik adalah motif-motif yang aktif dan berfungsi karena adanya perangsang dari luar.

Motivasi belajar dikatakan ekstrinsik jika siswa menempatkan tujuan belajar di luar faktor situasi belajar (penduduk beberapa faktor di luar situasi belajar). Siswa belajar karena mereka ingin mencapai tujuan selain dari apa yang mereka pelajari. Misalnya, untuk mencapai nilai bagus, diploma, gelar, kehormatan, dll.

Motivasi ekstrinsik bukan berarti tidak perlu dalam pendidikan. Siswa tetap membutuhkan motivasi dari luar untuk mau belajar. Ada beberapa cara untuk memotivasi siswa untuk belajar. Guru yang terdidik dengan baik adalah guru yang pandai melibatkan siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan motivasi eksternal dalam berbagai cara seperti yang dijelaskan dalam diskusi mendatang. Penyalahgunaan bentuk motivasi eksternal dapat merugikan siswa. Akibatnya, motivasi eksternal tidak berperan sebagai pendorong, melainkan membuat peserta didik malas untuk belajar. Oleh karena itu, guru harus mampu dan terampil dalam menggunakan motivasi eksternal ini secara tepat dan akurat untuk mendukung proses interaksi edukatif di dalam kelas.

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Memotivasi siswa untuk belajar tentu bukan tugas yang mudah. Meski begitu, Anda harus berusaha dengan semangat dan selalu optimis. Berikut cara meningkatkannya :

  • Dermawan Memberikan Pujian

Pujian adalah kata-kata yang dapat memberikan perasaan positif secara lisan. Seperti siswa, pujian membuat orang merasa senang. Misalnya, seorang siswa yang berhasil menyelesaikan tugas dapat diberikan pujian dalam bentuk pujian.

Ini memotivasi siswa untuk menjadi yang terbaik di depan guru. Bagi siswa yang tidak menyukai pujian, Anda dapat menghindarinya dengan hadiah lain.

  • Sampaikan motivasi secara langsung

Salah satu cara untuk memotivasi siswa adalah dengan memotivasi mereka. Pada poin sebelumnya, motivasi yang Anda berikan adalah motivasi tidak langsung. Sekarang, Anda telah menemukan bahwa Anda juga dapat memotivasi siswa secara langsung dengan membagikan kisah sukses Anda dan angka lainnya.

Ketika ditanya tentang kesuksesan orang lain, mereka sering kali termotivasi untuk mengikuti jejak mereka. Hal ini memungkinkan mereka untuk belajar lebih aktif.

  • Evaluasi Berkala

Penilaian merupakan suatu cara bagi guru untuk mengukur kemampuan seorang siswa. Melalui evaluasi, Anda dapat mengukur efek pembelajaran yang telah Anda lakukan. Jika hasil evaluasi
selalu baik, kita dapat menyimpulkan bahwa sebagian besar siswa termotivasi untuk belajar.

Sebagai contoh, kami akan melakukan penilaian yang berkaitan dengan kegiatan siswa seperti tugas dan tes.

  • Menggunakan Metode Pembelajaran yang Beragam

Cara meningkatkan motivasi belajar siswa bisa dengan meragamkan metode pembelajaran. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kebosanan siswa saat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar.

Jika siswa sudah mulai bosan dengan materi yang disampaikan, Bapak/Ibu bisa mengubah metode yang lain, misalnya diskusi kelompok, sesi tanya jawab, demonstrasi, dan sebagainya.

  • Memanfaatkan Media dengan Optimal

Anda dapat menggunakan media untuk memotivasi siswa Anda untuk belajar. Melalui media, siswa dapat memperoleh hal-hal baru yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Contoh untuk menampilkan visualisasi pembelajaran yang sedang berlangsung. Visualisasi memudahkan siswa untuk memahami materi. Ketika mereka mengerti, mereka pasti akan bersemangat dan mau terus belajar.

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa, seorang guru juga harus memperhatikan hal-hal tertentu supaya tercapai hasil yang maksimal. adapaun hal-hal yang harus diperhatikan antara lain :

  • Optimalisasi Penerapan Prinsip Belajar

Seorang guru hendaknya mampu mengoptimalisasikan penerapan prinsip belajar, pada prinsipnya harus memandang bahwa dengan kehadiran siswa di kelas merupakan suatu motivasi belajar yang datang dari siswa.

  •  Optimalisasi Unsur-Unsur Dinamis dalam Pembelajaran

Guru hendaknya mampu mengoptimalisasikan unsur-unsur dinamis dalam pembelajaran, karena dalam proses belajar, seorang siswa terkadang dapat terhambat oleh adanya berbagai permasalahan. Hal ini dapat disebabkan oleh karena kelelahan jasmani ataupun mental siswa, sehingga seorang guru harus berupaya untuk  membangkitkan Kembali kinginan siswa dalam belajar.

Info Kegiatan Guru yang menunjang naik pangkat, silahkan bergabung di channel Telegram Guru Juara

Info Terupdate tentang pendidikan Indonesia, silahkan bergabung di channel Telegram Warta Guru

Penulis : Andika Putra

Share :

Baca Juga

News

Sertifikasi Guru 2022, Ini Dia Syarat  dan Cara Memperolehnya!

News

9 Kategori Tenaga Non ASN Diutamakan Dalam CASN 2023

News

Simak! Aturan dan Besaran Gaji Pensiun PNS

News

Segera Cek,  ASN Baru & Lama Wajib Verifikasi NIK & KK
tugas kepala sekola

News

Cek Hasil Seleksi Akademik PPG Daljab 2023 Disini
strategi mengoptimalkan pelaksanaan p5

Edutainment

Gaya Belajar Siswa dan Cara Eksplorasinya

News

Selamat! Honorer Akan Peroleh Uang Pensiunan, Ini Penjelasan MenPAN-RB

News

Penerapan Computational Thinking Kurikulum Merdeka pada Jenjang SD