Home / Media Mengajar / Seminar

Rabu, 23 Maret 2022 - 09:13 WIB

Sertifikat Seminar: Perangkat Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka

Dibaca 9,720 kali

Seminar Nasional – Telah dilaksanakan Seminar Nasional dengan judul Memperkaya Dalam Optimasi Perangkat Pembelajaran Pada yang dilaksanakan pada 21 maret 2022. Seminar dilaksanakan secara daring melalui live streaming youtube dan live zoom meeting.

Untuk peserta yang telah mendaftar gratis dan mengikuti kegiatan sampai selesai akan mendapatkan beberapa fasilitas yang akan mendukung kegiatan belaajr selanjutnya, diantaranya yaitu Sertifikat Tanpa Nama 4JP, Undangan, Rekap Daftar Hadir, Materi Seminar.

Sertifikat dan Fasilitas bisa di unduh dengan klik tombol dibawah:

Terimakasih telah mengikuti kegiatan untuk Bersama memperkaya pengetahuan mengenai Memperkaya Guru Dalam Optimasi Perangkat Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Untuk anda yang ingin mengikuti Kegiatan Gratis Bersertifikat lainnya silahkan simpan nomor admin : 085865988163 lalu kirim pesan dengan format NAMA_INSTANSI.

Bagi anda yang masih terdapat banyak pertanyaan terkait pembahasan materi, eGuruid akan mengadakan kegiatan lanjutan untuk memperdalam materi seminar yaitu:

PELATIHAN BERSERTIFIKAT 32 JP MENINGKATKAN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO INTERAKTIF DENGAN EDPUZZLE.

Pelatihan akan diselenggarakan secara dari melalui zoom meeting dan telegram (untuk tempat diskusi Bersama). Pelatihan dilaksanakan pada 22,23,25,28,30 Maret 2022 Pukul 19.00 WIB.

Link :

Anda juga dapat mengikuti pelatihan ini secara gratis dengan berlangganan sebagai member eGuruid. Tak hanya itu, member eGuruid juga akan mendapatkan berbagai fasilitas lainnya seperti gratis 1 pelatihan 32jp/bulan, gratis 2X seminar nasional/bulan, gratis e_course fleksibel, e-kta, grup ekslusive member.

Link pendaftaran membership :

  1. Membership Semesteran
  2. Member Tahunan
  3. Member Life time (seumur hidup)

Perangkat Pembelajaran

Perangkat pembelajaran merupakan alat atau perangkat yang dapat digunakan untuk melakukan suatu proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran merupakan pegangan bagi guru saat belajar baik di dalam maupun di luar kelas.

Sebagai , guru harus memastikan bahwa setiap pencapaian pelajaran dan perangkat pembelajaran dievaluasi. Guru dapat menentukan sendiri seberapa banyak perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dan digunakan di dalam kelas.

ini penting untuk lebih meningkatkan profesionalisme guru. Guru harus menggunakan dan mengembangkan perangkat pembelajaran semaksimal mungkin. Meningkatkan proses pembelajaran secara keseluruhan melalui perangkat.

Baca Juga:  Cara Membuat PowerPoint Menggunakan Aplikasi Slidesgo

Jika tidak, kemampuan  guru tidak akan berkembang dan bahkan mungkin cenderung menurun. Perangkat pembelajaran memungkinkan guru untuk dengan mudah mendukung proses memfasilitasi pembelajaran. Perangkat pembelajaran memungkinkan guru untuk menyampaikan materi hanya dengan melihat perangkat, tanpa  berpikir atau mengingatnya.

Perangkat pembelajaran disusun dengan tujuan yang berbeda beda, adapaun diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Silabus, merupakan perangkat perencanaan pembelajaran pada suatu mata pelajaran atau tema tertentu. Silabus ini berisi standar kompetensi, kompetensi dasar (KD), pokok pembelajaran atau materi pokok, indikator pembelajaran, penilaian pembelajaran, alokasi waktu, serta bahan atau alat dalam proses belajar.
  2. (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) adalah perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan rinci mengacu pada silabus sebagai pegangan bagi guru dalam mengajar agar pembelajaran terarah sesuai Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
  3. Kalender Akademik merupakan perangkat manajemen waktu yang digunakan dalam kegiatan belaajr mengajar dalam satu tahun.
  4. Program Tahunan adalah pengalokasian kegiatan selama satu tahun ajaran untuk mencapai Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
  5. Program semester adalah jabaran dari program tahunan yang menjelaskan lebih detail tentang waktu dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.
  6. Rincian Pekan Efektif (RPE) merupakan hasil analisis dari proses manajemen waktu dalam satu tahun ajaran
  7. Buku Absen merupakan buku catatan tentang penilaian perilaku dan sikap peserta didik meliputi kedisiplinan, kerja sama, tanggung jawab dan lain-lain.
  8. Buku Penilaian adalah buku rekap hasil evaluasi peserta didik.
  9. Bundel portofolio merupakan kumpulan dari tugas peserta didik yang dikumpulkan menjadi satu untuk mengetahui perkembangan dari peserta didik.
  10. Bank Soal merupakan kumpulan dari soal yang akan diujikan kepada peserta didik.
  11. Media adalah alat bantu yang memudahkan proses pembelajaran.

 

Dapatkan update artikel terbaru seputar Pendidikan dan informasi kegiatan gratis setiap hari dari . Silahkan ikuti Grup Info Webinar Pendidikan dengan klik link linktr.ee/grupinfowebinar, kemudian gabung pada salah satu grup. Anda juga dapat simpan nomor admin untuk informasi terbaru 085865988163.

 

Dapatkan Informasi Guru Terupdate dengan bergabung di Channel Telegram : https://t.me/wartagurudotid

Share :

Baca Juga

Media Mengajar

Penanaman Pendidikan Karakter di SMP

Media Mengajar

Langkah Membuat Modul Ajar Menggunakan Teknologi AI, Beres dalam 1 Menit

Edutainment

Program Gratis Bersertifikat 4JP Tips Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Media Mengajar

Review Materi Pertama Workshop Youtuber Konten Media Pembelajaran

Media Mengajar

Segera Daftar Diklat Gratis 40JP: Pembelajaran Interaktif dan Menyenangkan

Kesiswaan

Asesmen Nasional / Kompetensi Minimal (AKM)

Kesiswaan

Inilah Cara Mudah Menyusun Dupak Guru Untuk Kenaikan Pangkat Guru

Karya Inovatif

Motivasi Belajar Siswa, Cara dan Jenis Meningkatkannya
Download Sertifikat Pendidikan Gratis