Home / Kesiswaan / Media Mengajar

Selasa, 29 Maret 2022 - 19:55 WIB

Mengenal Aplikasi Asesmenpedia dan AKM Kelas

Dibaca 1,915 kali

Asesmenpedia dan AKM Kelas merupakan fasilitas yang disediakan oleh Pusat Asesmen dan Pembelajaran (Pusmenjar) Kemendikbud untuk penunjang kegiatan asesmen.

ASESMENPEDIA

Apa itu Asesmenpedia?

Asesmenpedia merupakan wadah yang disediakan oleh Pusat Asesmen dan Pembelajaran (Pusmenjar) Kemendikbud sebagai tempat guru saling berbagi dan bertukar ilmu yang mereka miliki dalam mengembangkan soal – soal yang inovatif dan menginspirasi.Asesmenpedia sebagai tempat kolaborasi dan menyatukan sinergi guru – guru hebat dari berbagai mata pelajaran dan semua jenjang di seluruh Indonesia sehingga pengetahuan dan wawasan dalam pembuatan soal akan lebih berkembang.

Laman asesmenpedia berisi soal – soal tertulis dan nontertulis dari berbagai mata pelajaran pada semua jenjang sekolah.

Apa saja fitur – fitur yang tersedia di Asesmenpedia?

Asesmenpedia menyediakan berbagai fasilitas bagi bapak/ ibu guru, berikut fitur – fitur yang ada di Asesmenpedia:

  1. Anda bisa melihat soal – soal yang ada di bank soal Asesmenpedia. Soal – soal tersebut merupakan soal yang disusun oleh guru – guru hebat yang telah bergabung di Asesmenpedia. Kumpulan soal terlihat seberapa sering di unduh dan terdapat soal favorit.
  2. Tampilan pada Asesmenpedia lebih memudahkan pengguna karena dirancang lebih interaktif seperti media sosial. Hal ini bertujuan supaya guru dapat saling memberikan komentar, menyukai atau tidak menyukai soal, memberi rating pada soal, dan melaporkan masalah soal
  3. Anda bisa mengunduh soal – soal yang di inginkan dan menyusunnya ke dalam sebuah paket soal.
  4. Anda bisa mengunggah soal – soal yang telah dibuat ke dalam Asesmenpedia, hal ini sebagai bentuk kolaborasi bersama guru – guru lain yang berada di Asesmenpedia.

Bagaimana cara mengakses asesmenpedia?

Asesmenpedia bisa di akses oleh seorang guru atau praktisi pendidikan (proktor) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan (NPSN)

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu mendaftar sebagai anggota di Asesmenpedia supaya memiliki akses penuh terhadap semua fitur yang tersedia di Asesmenpedia

Anda bisa mengaksesnya di laman Pusat Asesmen dan Pembelajaran (Pusmenjar) Kemendikbud pada link berikut : https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/asesmenpedia/

Anda bisa membuat soal asesmen dengan cara unduh aplikasi Asesmenpedia dan AKM Kelas atau Aplikasi Motivasi berbasis komputer

AKM KELAS

Asesmen Nasional (AN) mulai dilaksanakan pada tahun 2021. Asesmen Nasional terdiri dari tiga bagian, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar. Asesmen Nasional merupakan evaluasi untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah sehingga kualitas belajar mengajar dapat diperbaiki supaya hasil belajar siswa meningkat.

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), salah satu bagian dari Asesmen Nasional yang bertujuan untuk mengevaluasi kualitas sistem pendidikan. Mulai dari tingkat satuan pendidikan, Kabupaten/ Kota, Provinsi maupun Nasional. AKM dalam Asesmen Nasional yang dilaksanakan tidak melaporkan hasil asesmen individu di tingkat satuan pendidikan. Maka dari itu, Kemendikbud melalui Pusmenjar membuat AKM kelas untuk membantu guru dalam mengetahui kemampuan literasi dan numerasi setiap siswa.

Setiap sekolah secara mandiri membuat jadwal, menentukan konsep pelaksanaan, dan menetapkan peserta AKM Kelas. Kemendikbud memberikan ruang kebebasan pada guru dalam melaksanakan AKM Kelas sekaligus mengolah hasil supaya sesuai dengan kebutuhan di satuan pedidikan. Guru diberikan kewenangan untuk menentukan jumlah dan peserta AKM Kelas. Asesmen terbagi menjadi 6 (enam) level. Level 1 yaitu kelas 2, level 2 yaitu kelas 3 – 4, level 3 yaitu kelas 5 – 6, level 4 yaitu kelas 7 – 8, level 5 yaitu kelas 9 – 10, dan level 6 yaitu kelas 11 – 12. AKM kelas  ini bermanfaat bagi semua guru mata pelajaran dalam merancang pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kompetensi siswa.

Laman AKM kelas merupakan fasilitas yang digunakan sebagai alat bantu guru di kelas untuk mendiagnosa hasil belajar tiap siswa. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan rancangan pembelajaran dengan tingkat kompetensi murid.

AKM Kelas Pusmenjar terdiri dari dua jenis, yaitu berbentuk laman web dan aplikasi smartphone. AKM Kelas berbasis aplikasi, menggunakan sistem operasi Android bisa digunakan guru atau proktor dan siswa. Untuk menjalankannya siswa harus terhubung atau mengunduh paket soalnya dari Aplikasi Desktop atau Windows.AKM Kelas memiliki berbagai fitur, yaitu fitur untuk mengunduh paket soal, menentukan peserta, menjadwalkan, melaksanakan asesmen, dan mengolah hasil AKM kelas.

Bagaimana cara menggunakan AKM Kelas?

Sebelum menggunakan AKM Kelas, Anda perlu menginstall aplikasinya terlebih dahulu, bisa menggunakan aplikasi berbasis dekstop maupun aplikasi berbasis smartphone. Berikut langkah – langkah instalasinya:

AKM Kelas berbasis desktop ( Windows )

Berikut langkah – langkah install AKM Kelas berbasis desktop :

  1. Buka website AKM Kelas di link berikut : https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/akmkelas/
  2. Unduh aplikasi pada baris menu pada bagian atas, pilih unduh “Aplikasi Windows”, kemudian akan diarahkan ke laman Google Drive
  3. Klik ikon segitiga di samping tulisan “AKM Kelas”, lalu klik “Download”
    (Besar ukuran file sekitar 500 MB)
  4. Masuk ke direktori tempat file tersimpan, pilih file aplikasi sesuai jenis Windows yang Anda gunakan, apakah Windows 7 / 8 / 10 lalu install.

AKM Kelas berbasis smartphone ( Android )

Berikut langkah – langkah install AKM Kelas berbasis smartphone :

  1. Buka website AKM Kelas di link berikut : https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/akmkelas/
  2. Unduh aplikasi pada baris menu pada bagian atas, pilih unduh “Aplikasi Android”
  3. Jika muncul peringatan “Unknown resource installation” atau “Install dari sumber tidak dikenal” maka harus izinkan terlebih dahulu, dengan klik tanda centang atau bisa melalui buka “setelan” pada HP Anda  pilih “keamanan”  aktifkan izin “sumber tidak dikenal”
  4. Setelah aplikasi terinstall, buka aplikasinya
  5. jika aplikasi meminta izin “akses penyimpanan” silahkan klik “Izinkan”. Aplikasi telah siap dipakai

Langkah menggunakan AKM Kelas sebagai berikut:

  1. Menambahkan data guru yang akan melaksanakan AKM Kelas
    Buka laman AKM Kelas di https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/akmkelas/ , lalu proktor login pada dashboard
    Klik menu AKM Kelas, pilih “Guru”, lalu tambahkan daftar guru yang akan melaksanakan asesmen dengan cara klik tombol “Tambah Guru” di pojok kiri atas
  2. Mengunduh paket soal
    Klik pilihan “AKM Kelas”, lalu “Paket Tes”, selanjutnya unduh paket soal yang anda inginkan.
    Jika sudah terunduh, pilih platfrom pelaksanaan asesmen yaitu komputer atau smartphone
  3. Buka aplikasi AKM Kelas, lalu klik “ Mode AKM Kelas” selanjutnya “masuk petugas”, lalu login
  4. Pada menu siswa, tambahkan data siswa yang akan dijadikan peserta asesmen
  5. Masukkan paket kegiatan yang telah Anda unduh di no. 2 dengan cara klik “Daftar Kegiatan”
  6. Pilih nama siswa yang akan mengikuti asesmen dan cetak kartu pesertanya di menu “Daftar Kegiatan”
  7. Jika asesmen akan dilakukan dengan mode luring, ekspor paket soal pada menu “Paket soal”. Paket tersebut siap diberikan kepada peserta didik yang mengikuti asesmen menggunakan smartphone
  8. Siswa bisa memulai asesmen dengan cara buka aplikasi AKM Kelas, pilih mode “Formatif”, lalu pilih “Soal dari pusat”. Selanjutnya klik “pilih dari penyimpanan”
  9. Siswa login pada aplikasi dan soal siap dikerjakan
  10. Jika siswa sudah selesai mengerjakan, ekspor data hasil asesmen di menu utama, selanjutnya bagikan file ekspor kepada guru

Aplikasi Asesmenpedia dan AKM Kelas sangat bermanfaat untuk persiapan dan pelaksanaan kegiatan asesmen siswa pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah

Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Dapatkan Informasi Guru Terupdate dengan bergabung di Channel Telegram : https://t.me/wartagurudotid

 

Penulis: Ema Dwi Pratiwi

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Kesalahan Orang Tua Murid Saat Berhubungan dengan Guru di Sekolah

Kesiswaan

5 Teknik Belajar Efektif yang Bisa Anda Coba

Kesiswaan

Mengetahui Pentingnya Pertemuan Orang Tua Murid ke Sekolah

Media Mengajar

Download Aplikasi Merdeka Mengajar di Smartphone

Karya Inovatif

Sekolah Inklusi, Urgentsi dan Kelebihannya

Karya Inovatif

Sifat yang Harus Dihindari oleh Guru

Karya Inovatif

Segera Daftar! Diklat Gratis Membuat Bahan Ajar Untuk Kenaikan Pangkat

Kesiswaan

Yuk Simak Kurikulum Paradigma Baru pada Sekolah Menengah Atas