Soal Kompetensi Teknis – Perlu diketahui pada seleksi kompetensi PPPK menggunakan Computer Assisted Test (CAT).
Setiap peserta bakal diberi 100 soal kompetensi jenis, 25 soal kompetensi manajerial dan 20 soal kompetensi sosio kultural.
Untuk kali ini akan dibahas terkait soal kompetensi teknis PPPK Guru PGSD 2022 terlebih dahulu.
Beberapa soal berikut merupakan soal yang didapatkan berdasarkan beberapa FR soal kompetensi teknis PPPK Tahap 1 kemarin.
Apabila nantinya ada kekurangan ataupun hal yang kurang sesuai dengan ekspetasi harap dimaklumi.
Tidak menjamin keluar sepenuhnya hanya saja kurang lebihnya bentuk dan pola soalnya sama seperti berikut ini.
Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru PGSD 2022
Bu Fera adalah guru kelas III SD, didalam kelasnya ada 3 peserta didik yang belum bisa membaca. Ketiga peserta didik setelah diidentifikasi mengalami kesulitan dalam identifikasi kata-kata yang diucapkan, dan mengubahnya menjadi huruf atau kalimat. Kesulitan belajar ini disebut….
a. Diskalkulia
b. Disleksia
c. Disgrafia
d. Auditory and visual processing disorder
e. Non-verbal learning disability
Jawaban C
Bu Kasih adalah guru kelas II SD, didalam kelasnya ada 2 peserta didik yang jarang sekali menulis meskipun sudah diminta menulis. Setelah didiagnosa ternyata dia mengalami gangguan belajar dalam merangkai huruf dalam kata atau membuat kalimat…
a. Diskalkulia
b. Disleksia
c. Disgrafia
d. Auditory and visual processing disorder
e. Non-verbal learning disability
Jawaban C
Hal yang dapat dilakukan guru untuk menangani peserta didik yang didiagnosa mengalami disleksia adalah….
a. Menyanyikan Lagu dan Menempel Poster Abjad Angka.
b. Menjiplak atau menulis diatas bentuk huruf yang sudah disediakan secara terus menerus untuk membantu anak memiliki kebiasaan yang baik dalam menulis setiap huruf.
c. Setiap kata ditulis dalam huruf balok lalu huruf balok tersebut dihubungkan dengan garis menggunakan pensil warna, lalu anak mencoba menelusuri huruf utama dan garis sambungnya.
d. Berikanlah contoh materi dengan hal yang konkrit.
e. Belajar angka dengan menggunakan warna atau animasi menarik.
Jawaban: A
Permainan yang tepat untuk mengatasi peserta didik yang kesulitan membaca kecuali…
a. Bermain kata
b. Membaca buku bersama
c. Menyajikan gambar huruf pada kata
d. Menyajikan poster menarik dengan susunan huruf balok
e. Permainan menjiplak huruf dengan garis putus putus
Jawaban E
Yang harus dilakukan guru dalam membuat pembelajaran untuk peserta didik yang
mengalami kesulitan menghitung atau diskalkulia adalah…
a. Menghubungkan materi dengan kehidupan sehari hari, Misal, berapa jumlah piring makan yang harus disiapkan untuk seluruh anggota keluarga, berapa banyak seragam yang dia gunakan dalam seminggu, dan berapa sepatu yang akan dipakai anak untuk bepergian.
b. Metode menulis bersambung dengan cara setiap kata ditulis dalam huruf balok lalu huruf balok tersebut dihubungkan dengan garis menggunakan pensil warna, lalu anak mencoba menelusuri huruf utama dan garis sambungnya.
c. Menyebutkan huruf pada anak sambi menunjukan gambar cara cara menulisnya. Anak kemudian diberi lembar yang berisikan huruf untuk ditulis ulang atau dijiplak yang secara beurutan ketebalan dari huruf yang harus dijiplak dikurangi lalu berubah menjadi titik titik.
d. Anda bisa mengajak peserta didik bermain kata yang berhubungan satu sama lain. Awali dengan pemilihan kata-kata yang mudah diucapkan dan bisa dikombinasikan dengan aktivitas lain. Misalnya menuliskannya di pasir, kertas, dan sebagainya.
e. Mencari Gambar dan Susun dengan Huruf Balok. Sebagai contoh, minta anak untuk menemukan gambar gajah, lalu lanjutkan dengan menyusun huruf-huruf pembentuk kata ”gajah” dengan huruf balok.
Jawaban A
Daur hidup katak yang benar adalah….
a. Katak dewasa => katak muda => kecebong => telur
b. telur => larva => pupa => katak dewasa
c. telur => katak muda => kecebong => katak dewasa
d. kecebong => katak muda => katak dewasa => telur
e. katak dewasa => telur => katak muda => kecebong
Jawaban D
Daur hidup lalat yang benar adalah….
a. lalat dewasa => lalat muda => pupa => telur
b. telur => larva => pupa => lalat dewasa
c. telur => lalat muda => pupa => lalat dewasa
d. larva => pupa => telur => imago
e. lalat dewasa => telur => larva => pupa
Jawaban B
Daur hidup kupu kupu yang benar adalah…
a. imago => ulat => telur => kepompong
b. telur => ulat => kepompong => kupu dewasa
c. telur => kupu muda => pupa => kupu dewasa
d. larva => pupa => telur => imago
e. lalat dewasa => telur => larva =>lalat muda
Jawaban B
Daur hidup semut yang benar adalah…
a. imago => larva => telur => pupa
b. telur => larva => pupa => semut dewasa
c. telur => larva => semut muda => semut dewasa
d. telur => nimfa => imago
e. telur => semut muda => imago
Jawaban B
Dibawah ini hewan yang memiliki fase perubahan yang dialami hewan tidak terlalu mencolok perbedaannya pada berbagai fase perkembangan adalah…
a. lalat, jangkrik, belalang
b. kecoa, rayap, semut
c. kutu daun, kepik, jangkrik
d. capung, semut, jangkrik
e. belalang, jangkrik, kumbang
Jawaban C
Perubahan energi terjadi pada penggunaan panel surya adalah….
a. energi panas menjadi energi listrik
b. energi cahaya menjadi energi listrik
c. energi gerak menjadi energi listrik
d. energi cahaya menjadi energi kalor
e. energi kalor menjadi energi cahaya
Jawaban B
Panel surya merupakan jenis energi terbarukan yang ramah lingkungan. Panel surya dikatakan sebagai sumber energi ramah lingkungan artinya adalah…
a. meminimalisir bahaya pada ekosistem lingkungan
b. mudah diperoleh dari lingkungan
c. memperbaiki kerusakan alam dan lingkungan
d. menjaga lingkungan tetap bersih
e. dapat diperbarui dan tidak akan habis karena penggunaan
Jawaban A
Sebagai upaya mencari energi alternatif untuk membangkitkan listrik, energi matahari sudah mulai digunakan. alternatif pada kalimat ini memiliki arti….
a. penambah
b. lain
c. pemelihara
d. pengganti
e. sumber
Jawaban D
Alat untuk merubah arus DC menjadi AC adalah…
a. Transformator
b. Inverter
c. Transistor
d. Kapasitor
e. Baterai
Jawaban B
Keuntungan dari pembangkit listrik tenaga air terkait dengan pelestarian alam kecuali…
a. Ramah lingkungkungan
b. Merupakan energi yang dapat diperbarui
c. Tidak menyebabkan polusi
d. Mengurangi efek rumah kaca
e. Meningkatkan kadar oksigen pada lingkungan
Jawaban E
Dalam percobaan menggosokkan penggaris plastik pada rambut atau kain wol, lalu mendekatkannya pada potongan kertas. Seketika potongan kertas tertarik ke arah penggaris dan seakan menari-nari. Perubahan energi apa yang terjadi…
a. Energi gerak menjadi energi kinetik
b. Energi gerak menjadi energi listrik
c. Energi gerak menjadi energi magnet
d. Energi listrik menjadi energi magnet
e. Energi magnet menjadi energi gerak
Jawaban B
Peristiwa yang menyerupai prinsip percobaan menggosokan penggaris plastik dengan rambut adalah…
a. Dinamo sepeda yang menghidupkan lampu.
b. Lampu senter yang dihubungkan baterai
c. Televisi yang dipasangkan pada aliran listrik
d. Kelistrikan mobil dengan aki
e. Terjadinya petir
Jawaban E
Berikut tadi adalah prediksi soal kompetensi teknis PPPK Guru PGSD 2022, yang harapannya bisa bermanfaat dan bisa membantu teman-teman guru.
Semoga teman-teman Guru diberikan kemudahan serta kelancaran dalam mengerjakan soal kompetensi teknis PPPK Guru PGSD 2022.
Serta hasil yang diperoleh nantinya sesuai dengan apa yang diharapkan dan diperjuangkan teman-teman Guru semua.
Sekian dari penulis besar harapannya atas apa yang sudah ditulis bermanfaat untuk semua pihak.
Dapatkan Informasi Guru Terupdate dengan bergabung di Channel Telegram : https://t.me/wartagurudotid
Terima kasih.
Penulis: Galih Pambudi