Home / News / Opini

Selasa, 1 Maret 2022 - 15:45 WIB

Sulit Mempelajari Kurikulum Merdeka? Berikut 4 Cara Mudah Mempelajari Kurikulum Merdeka di Platform Merdeka Mengajar

Dibaca 1,387 kali

Sekilas Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka telah resmi diluncurkan oleh Kemendikbud Ristek. Kurikulum ini dijadikan sebagai bagian dari upaya pemulihan pembelajaran, Kurikulum Merdeka (yang sebelumnya disebut kurikulum prototype) dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik.

Karakteristik utama dari kurikulum ini yang mendukung pemulihan pembelajaran adalah :

  1. Pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil pelajar pancasila
  2. Fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi
  3. Fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemauan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan local

Namun dalam pelaksanaan penerapan Kurikulum ini masih terdapat beberapa pihak yang belum mampu mempelajari Kurikulum terbaru ini. Namun Kemendikbud Ristek meluncurkan platform Merdeka Mengajar

Platform Merdeka Mengajar adalah platform teknologi yang mendukung guru agar menjadi lebih baik, meningkatkan kompetensi, dan berkembang secara karier. Platform Merdeka Mengajar juga dipersembahkan untuk mempermudah guru mengajar sesuai kemampuan murid, menyediakan pelatihan untuk tingkatkan kompetensi, serta berkarya untuk menginspirasi rekan sejawat.

Dalam hal ini keberadaan Platform Merdeka Mengajar hadir sebagai salah satu sarana untuk implementasi Kurikulum Merdeka agar lebih mudah.

Di dalam platform Merdeka Mengajar terdapat beberapa jenis kegiatan yang dapat dilakukan seperti berikut ini :

Mengajar

Platform Merdeka Mengajar menyediakan referensi bagi guru untuk mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan kurikulum terbaru. Guru dapat mengakses Perangkat Ajar yang saat ini tersedia lebih dari 2.000 referensi perangkat ajar berbasis Kurikulum terbaru.

Belajar

Platform Merdeka Mengajar memberikan kesempatan yang setara bagi guru untuk terus belajar dan mengembangkan kompetensinya kapanpun dan dimanapun. Program pelatihan yang diadakan juga dibuat oleh para ahli dan terdiri dari beragam topik dan materi yang singkat, relevan serta praktikal sehingga dapat dipelajari dimana pun kapan pun.

Berkarya

Platform Merdeka Mengajar mendorong untuk terus berkarya dan menyediakan wadah berbagi praktik baik. Pada fitur Bukti Karya Saya, guru dapat membangun portofolio hasil karyanya agar dapat saling berbagi inspirasi dan berkolaborasi. Karya yang dimaksud bisa dalam bentuk proses pembelajaran, pengembangan profesi maupun prestasi yang dicapai.

4 Cara Mudah Mempelajari Kurikulum Merdeka Di Platform Merdeka Mengajar

Dalam hal ini penerapan Kurikulum Merdeka kita dapat memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar untuk menemukan berbagai inspirasi, berbagai praktik baik, serta melatih diri untuk meningkatkan kompetensi. Seperti berikut ini

  1. Temukan Informasi di Beranda
  2. Guru dapat mempelajari lebih lanjut mengenai pembelajaran paradigma baru dan Kurikulum Merdeka pada halaman Beranda paling bawah. Pada halaman menu Tentang Paradigma Baru dan Kurikulum Merdeka terdapat penjelasan lengkap tentang paradigma dan penjelasan tentang Kurikulum terbaru
  3. Memulai Dua Modul Pertama

Guru dapat menyeleseikan aktivitas topik Merdeka Belajar dan Kurikulum, mengerjakan post test, dan membagikan praktik aksi nyata.

  1. Gunakan Asesmen Murid

Pengembangan asesmen literasi dan numerasi dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan minat berdasarkan acuan fase.

Pembagian asesmen Murid dapat dilakukan dengan dua cara yaitu secara daring atau membagikan tautan asesmen ke murid, dan yang kedua yaitu dengan cara luring atau mengunduh asesmen dan kemudian mencetak soal

  1. Memilih Perangkat Ajar Sesuai Fase

Dalam memilih Perangkat Ajar guru dapat melakukannya setelah Asesmen Murid, setelah itu guru dapat memahami peserta didik sesuai dengan tingkat pencapaian (Teaching at the Right Level), Kebutuhan, Kecepatan dan gaya belajar setiap murid.

Demikian artikel tentang 4 Cara Mudah Mempelajari Kurikulum Merdeka di Platofrm Merdeka Mengajar. Semoga bermanfaat untuk pembaca!

Untuk informasi terkini mengenai Diklat, Kurikulum Terbaru, PPG dan lain-lain Klik Disini

Share :

Baca Juga

Masalah Guru PPPK

News

Segera Daftar!!! Seleksi PPG 2022 Dibuka Hingga 26 September

News

250.432 Guru Honorer Diangkat ASN PPPK, Ini Kata Mendikbud
photo by kemdikbud.go.id

News

Info Terbaru Dari Disdik Tentang Pengumuman Penugasan & Penempatan Guru Kode P/L

News

Mekanisme Seleksi Guru ASN PPPK Tahun 2022, Simak Informasinya

News

Info Update! Guru Swasta Boleh Melamar PPPK 2023, Berikut Syarat Tambahannya
gaji aparatur sipil negara

News

Berapa Gaji Guru Penggerak? Ini Penjelasan Selengkapnya

News

Bikin Kaget! Tunjangan Anak PNS Akan Dihapus, Berikut Daftar Kategori ASN nya
lkpd

News

Cek Sekarang! Berikut Buku Petunjuk Teknis Pengisian Riwayat Hidup CASN