Home / Opini / Pengembangan Guru

Kamis, 13 Oktober 2022 - 23:00 WIB

Tips Belajar Efektif untuk Siswa: Yuk Diterapkan!

Tips Belajar – Dunia digital memberikan pengaruh besar pada dunia pendidikan. Salah satunya adalah akses belajar dan cara belajar. Dengan demikian diperlukan Tips Belajar yang efektif agar belajar siswa sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Dikutip dari situs biglifejournal, siswa yang umurnya masih dalam tahap anak-anak menuju remaja dan remaja peralihan memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar dibandingkan orang dewasa pada umumnya.

Sayangnya tidak semua lingkungan menjadi sangat suportif terhadap seluruh perkembangan dan rasa ingin tahu siswa. Bahkan ada beberapa kondisi yang mengharuskan siswa menyerah pada rasa keingin tahuan yang dia inginkan.

Namun, cinta belajar atau suka belajar tentu dapat dikembangkan dan didapatkan dengan berbagai macam cara. Di bawah ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk suswa yang ingin mengembangkan rasa belajarnya, terutama sejak dini:

  • Bantu siswa menemukan potensi dan minat terpendamnya
  • Mengembangkan pola pikir dengan membuat siswa berinteraksi secara langsung dengan dunia yang diminati
  • Buat pembelajaran menjadi menarik
  • Menjadi role model dengan memberikan gambaran personal passion
  • Kenali gaya belajar siswa
  • Berdiskusi, bukan hanya Mengajari
  • Suportif dan Memberikan Dorongan

Langkah-langkah tersebut dapat diaplikasikan pada agar siswa semakin kuat untuk mempelajari yang diinginkan, namun tetap beriringan dengan materi yang harusnya dipahami sebagai tujuan dari pembelajaran yang ada.

Perlu diingat bahwa selalu ada kesulitan bagi siswa, dan begitulah role model akan bekerja untuk memberikan dorongan untuk menghindari kegagalan lainnya. Mungkin akan lebih sulit, tapi harus dilakukan agar kedepannya menjadi mudah.

Sebelum itu, model sekaligus metode pembelajaran harus diuji terlebih dahulu agar untuk mengetahui pada kelas yang bersangkutan dapat terlaksana dengan baik atau tidak. Mulai dari pengujian praktik, bahan ajar, personalisasi pembelajaran, pendidikan kreatif, dan sejenisnya.

Kemudian dilansir dari laman SMK PGRI Sukodadi, Jawa Timur, terdapat langkah konkrit berupa Tips Belajar untuk dapat semangat dalam belajar, yaitu:

  1. Membuat Target Khusus

Target disini dapat berupa kompetensi yang ingin dicapai atau cita-cita yang ingin dituju. Hal tersebut dapat menjadi salah satu cara agar fokus tidak terbagi pada banyak aspek yang menyulitkan. Target khusus ini dapat ditempelkan pada tempat-tempat yang sering dilihat oleh siswa.

  1. Menunda Kesenangan

Menunda kesenangan demi mendapatkan kebahagiaan jangka panjang adalah prioritas. Kehidupan apabila terlalu senang, nantinya akan tersa lebih sulit ketika menjalaninya.

  1. Mengatur Waktu Belajar

Bercanda boleh, istirahat juga boleh. Namun harus tetap disiplin. Karena kunci dari segala hal adalah harus tertata dengan baik sesuai dengan tujuan yang utama. Manajemen waktu akan sering gagal, namun bila berhasil maka output yang dimiliki akan sangat bermanfaat.

Halaman Selanjutnya

Macam-macam cara agar belajar menjadi menyenangkan dan bermakna

Share :

Baca Juga

Orang Tua Murid

Edutainment

Menulis Artikel Ilmiah pada Pembelajaran era Kurikulum Merdeka
Cara daftar Beasiswa Unggulan

Edutainment

Platform Rapor Pendidikan : Identifikasi, Refleksi & Benahi

News

Kumpulan Soal Pretest PPG PAUD TK 2022 Sesuai Kisi-kisi Lengkap dengan Jawaban
Daftar Guru Penggerak

Kompetensi Guru

Beasiswa Pelatihan Digital : Baparekraf Digital Telent 2022 Tahap 2

Opini

Lancar Public Speaking? Begini Tipsnya!
Momentum Hari Guru

Edutainment

Tahun Ajaran Baru Selalu Dimulai Tiap Juli? Begini Alasannya!
profil pelajar

News

Problematika Pendidikan di Indonesia
Jadwal seleksi PPPK 2022

News

Kartu Prakerja Buka Pendaftaran Gelombang 46: Yuk Daftar!
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital!

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.