Home / News

Jumat, 1 Juli 2022 - 02:41 WIB

Wajib Tahu! Inilah 2 Dokumen Administrasi Pendidikan bagi Guru Pemula

Dibaca 742 kali

Dokumen Administrasi Pendidikan – Sebagai guru baru, tentu biasanya anda akan sedikit bingung dengan pernak pernik administrasi guru. Apalagi ketika anda baru menjabat di tahun pertama. Akan ada beberapa hal yang perlu disesuaikan.

Penyesuaian ini bisa dilakukan dengan sering bertanya pada senior maupun mengikuti pelatihan dan pembinaan sebagai guru baru.

Salah satunya yakni terkait kelengkapan format administrasi maupun pelaksanaan teknis dalam dunia pendidikan. Terlebih jika anda seorang wali kelas.

Selain itu, administrasi pendidikan merupakan hal wajib yang perlu disusun dan terisi terutama jika anda ingin melanjutkan dan melejitkan karir sebagai seorang guru profesional. Lantas, dokumen apa saja yang perlu dipahami dan dipelajari?

Dalam penyusunannya, dokumen administrasi guru terkadang disepelekan. Banyak didapati fakta terkait plagiasi dalam pembuatan dokumen administrasi.

Malah terkadang yang membuat parah yakni plagiasi seringkali dilakukan dan si guru tak tahu perihal dokumen yang sudah dibuat.

Bayangkan bagaimana jadinya bila seorang guru menjilpak dokumen administrasi yang mereka buat?

Jika konsep buruk plagiasi tersebut terus dilakukan, maka dunia pendidikan akan menghadapi kekacauan. Sehingga, pemerintah maupun para punggawa pendidikan berusaha untuk memberikan panduan dalam pengenalan dokumen administrasi guru.

Idealnya, dokumen guru akan terbagi dalam tiga kategori diantaranya yakni dokumen diri yang berfungsi sebagai dokumen administrasi untuk guru sendiri.

Lalu, ada dokumen administrasi pendidikan yang ditujukan untuk situasi dan lingkungan kelas. Selanjutnya, ada dokumen yang berkaitan dengan administrasi sekolah dan difungsikan bagi arsip maupun administrasi sekolah. Adapun bentuknya yakni :

1.    Kalender Pendidikan

Pertama, ada dokumen berupa kalender pendidikan. Kalender tersebut biasanya berisikan susunan jadwal tahunan dari satuan pendidikan maupun dinas kependidikan berdasar satuan wilayah.

Kalender tersebut akan berisi segala informasi berkenaan dengan proses kegiatan belajar mengajar, kemudian tanggal penerimaan masuk peserta didik baru maupun proses kelulusannya.

Hanya saja, tidak semua akan terwujud sesuai dengan kalender pendidikan sebab ada pertimbangan satu dan lain hal yang lebih urgen untuk segera diselesaikan.

Apalagi selama transisi di masa pandemi kemarin, tentu akan ada banyak penyesuaian di kalender pendidikan sebab beberapa agenda mungkin akan dipangkas.

2.   Program Semester alias PROMES

Kemudian dokumen lainnya berkaitan dengan dokumen yang disusun oleh para guru mapel baik dengan tim atau secara personal.

Program Semester merupakan dokumen yang dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi guru agar peserta didik dapat meningkatkan aspek pengetahuan, kemampuan, sikap serta keterampilan sebagai wujud kesatuan yang berjalan secara utuh, lengkap dan sempurna.

Itulah dokumen administrasi pendidikan yang urgen untuk diketahui bagi guru pemula. Selebihnya, anda bisa mengakses referensi lain di situs ini.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

News

Peraturan SIMPKB 2023! Berikut Sederet Alasan Akun yang Keterima Menjadi Tertolak Secara Permanen

News

Sri Mulyani Minta ASN Lakukan Hal Ini Untuk Menaikkan Gaji

News

Berikut 6 Kriteria Siswa Penerima PIP 2023 Tahap 2

News

Kabar Gembira Untuk Guru dan Tendik Dari Kemdikbud

News

Verval Ijazah Ditolak BKN? Berikut Penyebab dan Solusinya!

News

Mengenal Program Fast Track dalam Pendidikan Tinggi

News

Penilaian Angka Kredit Guru dan Pengawas Madrasah Makin Ringkas Berkat Aplikasi E-PAK RUPAWAN
photo by kemdikbud.go.id

News

Bagaimana Kelanjutan Wacana Gaji dan Tunjangan Guru Akan Ditransfer Langsung Ke Sekolah? Simak Informasinya