Home / News

Minggu, 28 Agustus 2022 - 17:15 WIB

2 Hal Penting Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang SMA

Dibaca 396 kali

Jenjang SMA – Kurikulum merdeka telah dirilis oleh kemdikbud dan telah diterapkan dalam lingkungan Pendidikan. Salah satu implementasi dari kurikulum merdeka tersebut adalah pada jenjang SMA. Terdapat beberapa informasi penting mengenai kurikulum merdeka di jenjang SMA yang penting untuk diketahui.

Informasi tersebut juga sangat penting bagi pendidik maupun siswa pada jenjang SMA. Informasi tersebut adalah mengenai beberapa ketentuan dalam peminatan kelas X.

Hal tersebut dikarenakan pada implementasi kurikulum merdeka tersebut khususnya pada kelas X tidak terdapat peminatan untuk kelas tersebut. Hal tersebut mungkin membuat tanda tanya kenapa tidak adanya peminatan pada kelas X dalam kurikulum merdeka.

Terdapat beberapa alasan mengenai tidak adanya peminatan untuk kelas X dalam kurikulum merdeka. Alasan terkait tidak adanya peminatan untuk kelas X dalam kurikulum merdeka adalah sebagai berikut:

Pada alasan pertama adalah bagi peserta didik atau siswa dibutuhkan penguatan mengenai kompetensi dasar atau pondasi dasar sebelum peserta didik tersebut diarahkan pada arah minat atau peminatan dan juga bakat akedemik yang akan dikembangkan atau ditekuni.

Alasan kedua adalah dalam memilih  atau memutuskan pilihan akademik tersebut dianjurkan untuk dilakukan saat kondisi siswa atau peserta didik telah matang secara psikologis yaitu pada saat SMA dan bukanlah saat SMP.

Halaman Selanjutnya

Peserta didik dapat memanfaatkan masa belajar

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Siswa Eligible, Syarat, Ketentuan, dan Cara Mengecek

News

Siap – Siap Daftar CPNS 2023, Simak Fakta – Fakta Rekrutmen CPNS 2023

News

Sistem Zonasi PPDB Akan Dihapus? Ini Kata DPR RI
Ilustrasi Tahapan PPG Dalam Jabatan 2023

News

Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2023 Diundur, Ini Ketentuan Terbarunya

News

Kabar Gembira TPP Cair! THR dan Gaji ke-13 Segera Menyusul

Media Mengajar

Mengenal Learning Loss dan Cara Mengatasinya

News

Simak Baik-baik! Cara Memutakhirkan Data SIMPKB Khusus Untuk Guru Lolos Seleksi Administrasi PPG Daljab 2023

News

Guru Wajib Pahami!!! 5 Poin Penting Revisi RUU Sisdiknas