Home / News

Kamis, 7 Desember 2023 - 18:08 WIB

Klarifikasi BKN Tentang Penyebab Belum Pengumuman Kelulusan PPPK 2023

Dibaca 5,122 kali

Klarifikasi BKN mengenai beberapa penyebab yang mengakibatkan sampai saat ini belum ada pengumuman kelulusan PPPK 2023. Menurut jadwal, seleksi PPPK 2023 untuk sekarang ini sudah mulai memasuki tahapan pengumuman kelulusan PPPK 2023.

Pengumuman kelulusan PPPK 2023 dijadwalkan akan dimulai pada tanggal 6 hingga dengan tanggal 15 Desember 2023. Namun sayangnya hingga dengan dengan Rabu 6 Desember 2023 pukul 19.30 WIB, pengumuman hasil kelulusan seleksi PPPK 2023 belum juga diumumkan.

Kondisi tersebut tentu saja membuat para peserta pelamar seleksi PPPK 2023 menjadi cemas dan kebingungan. Sebab kepastian lulus atau tidaknya masih juga belum diketahui.

Menurut jadwal yang telah ditetapkan panitia seleksi nasional/ panselnas, untuk sekarang ini juga masuk tahap pengolahan nilai seleksi kompetensi. Tahap pengolahan nilai seleksi kompetensi dimulai pada tanggal 30 November hingga dengan 9 Desember 2023.

Dengan begitu maka proses pengolahan nilai hasil kompetensi sampai dengan tanggal 6 Desember 2023 masih berlangsung. Bahkan bisa dipastikan jika proses tersebut baru akan rampung pada tanggal 9 Desember 2023 sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya.

Namun disisi lain, para peserta pelamar seleksi PPPK 2023 yang telah mengakses laman SSCASN juga masih belum memperoleh informasi pengumuman kelulusan. Dan juga tampilan pada laman SSCASN juga masih stagnan.

Artinya memang informasi pengumuman hasil seleksi PPPK 2023 juga masih belum tersedia.

Sementara pada website-website resmi instansi masing-masing sesuai dengan yang dilamar, tampilannya juga masih belum memberikan informasi mengenai pengumuman yang sedang ditunggu oleh peserta pelamar.

Klarifikasi BKN

Akan tetapi disisi lain, Badan Kepegawaian Negara atau BKN sudah membuat klarifikasi. Klarifikasi itu sendiri berkenaan dengan alasan belum juga merilis hasil pengumuman kelulusan PPPk 2023.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen, Rabu pada tanggal 6 Desember 2023, menyampaikan beberapa penjelasannya.

Suharmen dalam hal ini menjelaskan, jika untuk saat ini Badan Kepegawaian Negara atau BKN tengah melakukan pengolahan hasil seleksi PPPK 2023.

Terlebih lagi untuk instansi yang tidak melaksanakan Seleksi Kompetensi Teknis Tambahan (SKTT). Dimana pelaksanaan SKTT sendiri sampai dengan saat ini juga masih berlangsung.

Sesuai dengan jadwal, instansi yang melaksanakan SKTT baru saja akan selesai pada tanggal 22 Desember 2023 mendatang. Meski begitu, Suharmen juga menjelaskan jika semua data yang telah masuk ke BKN masih dalam proses konfirmasi.

Sedangkan untuk instansi yang melaksanakan SKTT, pengolahan hasil seleksi baru dapat dilakukan usai hasil SKTT dari instansi diserahkan kepada pihak BKN. Tidak sampai disitu saja, BKN juga masih menunggu ketentuan mengenai tata cara penentuan kelulusannya dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Pengumuman kelulusan PPPK 2023 ini untuk seluruh para peserta pelamar, yaitu PPPK tenaga kesehatan, PPPK guru hingga dengan PPPK tenaga kesehatan maupun PPPK nakes.

Alasan Hasil Kelulusan PPPK Belum Diumumkan

1.Pengumuman hasil seleksi PPPK 2023 tersebut tidak dilakukan secara serentak

2. Jadwal pengumuman tersebut berlangsung mulai dari tanggal 6 sampai dengan tanggal 15 Desember 203

3. Keterlambatan Pengumuman disebabkan karena tidak kesiapan data dari instansi dan juga hasil SKTT maupun juga seleksi kompetensi teknis tambahan

4.BKN saat ini sedang melakukan pengolahan hasil seleksi PPPK terlebih lagi untuk instansi yang tidak melaksanakan SKTT hingga dengan 9 Desember 2023

Halaman Selanjutnya

Hasil Seleksi untuk instansi yang melaksanakan SKTT…

Share :

Baca Juga

News

Ada yang Berubah, Berikut Syarat Pengangkatan Tenaga Honorer Jadi PPPK Tahun 2024 Terbaru

News

Pro Kontra Keputusan MenPAN RB tentang Kenaikan Pangkat ASN 6 Kali Dalam Setahun
Adiwiyata

Kompetensi Guru

Sebelum Terlambat, Tata Cara Melakukan Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia
Cara daftar Beasiswa Unggulan

News

Guru Wajib Tahu! Cara Menautkan Akun belajar.id ke Akun SIMPKB

News

Tips Agar Tidak Salah Memilih Jurusan

News

Resmi Cair! Berikut Kriteria Guru PAI Mendapatkan Tunjangan Sertifikasi

News

Kinerja PNS Bagus akan Mendapatkan Tunjangan Lebih Tinggi, Berikut Informasinya
perbedaan best practice dengan ptk

News

Penting Guru Ketahui, Lengkapi Syarat ini dan Dapatkan Penghasilan Tambahan