Home / News

Senin, 9 Januari 2023 - 21:06 WIB

4 Strategi Mengoptimalkan Pelaksanaan P5, Guru Wajib Tahu

Dibaca 3,538 kali

P5 atau Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan bagian dari kurikulum merdeka yang diterapkan sebagai kurikulum baru pengganti kurikulum 2013 lalu. Sebagai sesuatu hal yang baru, maka para guru harus mengetahui strategi mengoptimalkan pelaksanaan P5

Mengutip Kemendikbud Ristek Nomor 56/M/2022, projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler berbentuk proyek untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.

Pada P5 terdapat indikator capaian yang harus dicapai oleh siswa. Oleh sebab itu, strategi mengoptimalkan pelaksanaan P5 perlu diperhatikan agar indikator capaian dapat tercapai. 

Pada pembahasan dibawah ini akan mengulas mengenai strategi mengoptimalkan pelaksanaan P5, untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan berikut ini.

Gambaran pelaksanaan P5

P5 merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu yang berfokus untuk mengamati dan memikirkan solusi untuk permasalahan di lingkungan sekitar. P5 juga bertujuan untuk lebih menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar pancasila.

Pelaksanaan Projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang sedemikian rupa agar terpisah dari intrakurikuler. Sehingga untuk tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek dalam P5 tidak diharuskan berhubungan dengan materi intrakurikuler. 

Satuan pendidikan dapat melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merencanakan dan menyelenggarakan proyek-proyek untuk mengangkat profil pelajar Pancasila.

Prinsip-prinsip projek penguatan profil pelajar pancasila

Prinsip pada P5, antara lain:

  1. Holistik, berarti perancangan kegiatan yang dilakukan secara utuh dalam sebuah tema dan melihat keterhubungan dari berbagai hal untuk memahaminya secara mendalam. 
  2. Kontekstual, berarti upaya mendasarkan kegiatan pembelajaran pada pengalaman nyata yang dihadapi dalam keseharian oleh peserta didik. 
  3. Berpusat pada peserta didik, berarti skenario pembelajaran mendorong peserta didik untuk menjadi subjek pembelajaran, yang aktif mengelola proses belajarnya secara mandiri, termasuk memiliki kesempatan memilih dan mengusulkan topik projek sesuai minatnya. 
  4. Eksploratif, artinya semangat membuka ruang yang lebar.

Halaman Selanjutnya

Strategi dalam mengoptimalkan pelaksaan P5

Share :

Baca Juga

News

Naik Pangkat Tidak Perlu DUPAK? Naik Pangkat Lebih Mudah Menggunakan Predikat Kinerja dengan 5 Penilaian Ini

News

Segera Siapkan! Berikut Berkas Wajib Untuk Seleksi CPNS 2023

News

Pelamar P4 Dapat Afirmasi 100 Persen Pada Seleksi PPPK Guru

News

Gaji PNS Golongan III Naik! Berikut Daftar Gaji PNS Berdasarkan Masa Kerja

News

Simak! Dokumen Lapor Diri PPG Daljab Angkatan 3 2023

News

Guru ASN/NON ASN Dapat Uang Lembur Mulai Januari 2024

News

Usai Reformulasi PPPK 2022 Diterapkan, Kelulusan Kementerian Ini Naik Drastis

News

Passing Grade dan Jumlah Formasi Setiap Daerah Seleksi PPPK 2023