Home / News

Senin, 9 Januari 2023 - 21:06 WIB

4 Strategi Mengoptimalkan Pelaksanaan P5, Guru Wajib Tahu

Dibaca 4,484 kali

atau merupakan bagian dari yang diterapkan sebagai kurikulum baru pengganti kurikulum 2013 lalu. Sebagai sesuatu hal yang baru, maka para guru harus mengetahui strategi mengoptimalkan pelaksanaan P5

Mengutip Nomor 56/M/2022, projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler berbentuk proyek untuk menguatkan upaya pencapaian dan sesuai dengan profil pelajar Pancasila berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.

Pada P5 terdapat indikator capaian yang harus dicapai oleh . Oleh sebab itu, strategi mengoptimalkan pelaksanaan P5 perlu diperhatikan agar indikator capaian dapat tercapai. 

Pada pembahasan dibawah ini akan mengulas mengenai strategi mengoptimalkan pelaksanaan P5, untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan berikut ini.

Gambaran pelaksanaan P5

P5 merupakan lintas disiplin ilmu yang berfokus untuk mengamati dan memikirkan untuk permasalahan di lingkungan sekitar. P5 juga bertujuan untuk lebih menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar pancasila.

Pelaksanaan Projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang sedemikian rupa agar terpisah dari intrakurikuler. Sehingga untuk tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek dalam P5 tidak diharuskan berhubungan dengan materi intrakurikuler. 

Baca Juga:  Inilah Isi Surat Edaran Kemenag untuk Madrasah tentang Libur dan Pembelajaran Bulan Ramadan 2024

Satuan dapat melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merencanakan dan menyelenggarakan proyek-proyek untuk mengangkat profil pelajar Pancasila.

Prinsip-prinsip projek penguatan profil pelajar pancasila

Prinsip pada P5, antara lain:

  1. Holistik, berarti perancangan kegiatan yang dilakukan secara utuh dalam sebuah tema dan melihat keterhubungan dari berbagai hal untuk memahaminya secara mendalam. 
  2. Kontekstual, berarti upaya mendasarkan kegiatan pembelajaran pada pengalaman nyata yang dihadapi dalam keseharian oleh peserta didik. 
  3. Berpusat pada peserta didik, berarti skenario pembelajaran mendorong peserta didik untuk menjadi subjek pembelajaran, yang aktif mengelola proses belajarnya secara mandiri, termasuk memiliki kesempatan memilih dan mengusulkan topik projek sesuai minatnya. 
  4. Eksploratif, artinya semangat membuka ruang yang lebar.

Halaman Selanjutnya

Strategi dalam mengoptimalkan pelaksaan P5

Share :

Baca Juga

News

Informasi Untuk Guru Sertifikasi Dan Non Sertifikasi Solusi RESET Data Bermasalah

News

Pemerintah Membuka 758 Ribu Formasi Rekrutmen Guru ASN PPPK Pada Tahun 2022 dan Penyempurnaan Mekanisme Rekrutmen

News

Mapel Sepi Peminat Pada Seleksi PPPK Guru 2022

Karya Inovatif

Tatap Muka Terbatas Anti Boring Dengan Google Workspace For Edu

News

Penilaian Autentik pada Kurikulum Paradigma Baru

News

Karena Faktor Usia! BKN Tetapkan Tenaga Honorer Kriteria Ini akan Dihapus dari Database

News

Gaji Pensiunan PNS Golongan III Sudah Dicairkan, Begini Besarannya!

News

Resmi Rilis, Hasil Pengumuman Kelulusan PPPK 2023, Yuk Langsung Cek Nama Dan Kode Kelulusannya Sekarang
Download Sertifikat Pendidikan Gratis