Home / News

Senin, 9 Januari 2023 - 21:06 WIB

4 Strategi Mengoptimalkan Pelaksanaan P5, Guru Wajib Tahu

Dibaca 4,380 kali

P5 atau Projek Penguatan merupakan bagian dari kurikulum merdeka yang diterapkan sebagai kurikulum baru pengganti kurikulum 2013 lalu. Sebagai sesuatu hal yang baru, maka para guru harus mengetahui strategi mengoptimalkan pelaksanaan P5

Mengutip Ristek Nomor 56/M/2022, merupakan kegiatan kokurikuler berbentuk proyek untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan sesuai dengan profil pelajar Pancasila berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.

Pada P5 terdapat indikator capaian yang harus dicapai oleh . Oleh sebab itu, strategi mengoptimalkan pelaksanaan P5 perlu diperhatikan agar indikator capaian dapat tercapai. 

Pada pembahasan dibawah ini akan mengulas mengenai strategi mengoptimalkan pelaksanaan P5, untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan berikut ini.

Gambaran pelaksanaan P5

P5 merupakan lintas disiplin ilmu yang berfokus untuk mengamati dan memikirkan untuk permasalahan di lingkungan sekitar. P5 juga bertujuan untuk lebih menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar pancasila.

Pelaksanaan Projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang sedemikian rupa agar terpisah dari intrakurikuler. Sehingga untuk tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek dalam P5 tidak diharuskan berhubungan dengan materi intrakurikuler. 

Baca Juga:  Penilaian Autentik pada Kurikulum Paradigma Baru

dapat melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merencanakan dan menyelenggarakan proyek-proyek untuk mengangkat profil pelajar Pancasila.

Prinsip-prinsip projek penguatan profil pelajar pancasila

Prinsip pada P5, antara lain:

  1. Holistik, berarti perancangan kegiatan yang dilakukan secara utuh dalam sebuah tema dan melihat keterhubungan dari berbagai hal untuk memahaminya secara mendalam. 
  2. Kontekstual, berarti upaya mendasarkan kegiatan pembelajaran pada pengalaman nyata yang dihadapi dalam keseharian oleh
  3. Berpusat pada peserta didik, berarti skenario pembelajaran mendorong peserta didik untuk menjadi subjek pembelajaran, yang aktif mengelola belajarnya secara mandiri, termasuk memiliki kesempatan memilih dan mengusulkan topik projek sesuai minatnya. 
  4. Eksploratif, artinya semangat membuka ruang yang lebar.

Halaman Selanjutnya

Strategi dalam mengoptimalkan pelaksaan P5

Share :

Baca Juga

News

Rencana Kemenpan-RB Menghapus Honorer dari Instansi Tahun 2023

News

Cara Evaluasi dalam Implementasi Profil Pelajar Pancasila

News

Berikut Besaran Gaji PPPK Guru Setelah Pasca Sanggah

News

7 Syarat Pensiunan PNS Untuk Mendapatkan Dana Pensiun 2023

News

Menilik Besaran Gaji PPPK Paruh Waktu, Simak Penjelasannya

News

Dibuka Mei-Juli, Berikut Aturan Jarak Rumah ke Sekolah di Jalur Zonasi PPDB 2024

News

Kabar Baik Untuk Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Beserta Kepala Sekolah Dari Dirjen GTK
Kemenkeu- Sri Mulyani

News

Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan I Bakal Cair, Pastikan Namamu Terdaftar
Download Sertifikat Pendidikan Gratis