Home / News

Senin, 5 Desember 2022 - 19:52 WIB

Alasan Kenapa Guru Wajib Pakai Platform Merdeka Mengajar

Dibaca 195 kali

Seorang guru di era digital sudah seharusnya memakai Platform Merdeka Mengajar yang disedikan oleh pemerintah untuk menunjang pembelajaran. Platform tersebut mudah digunakan dan memiliki fitur-fitur yang mendukung pembelajaran dan pengembangan diri untuk guru.

Pasca pandemi, segala lini kehidupan mulai mengalami banyak perubahan. Termasuk halnya perubahan dalam lini pendidikan. Teknologi dan dunia digital mulai menjadi sumber primer dalam meningkatkan kognisi dan menjadi rujukan para siswa untuk menimba ilmu.

Hal ini sejalan dengan pemberlakukan kebijakan Kurikulum Merdeka dimana mengusung konsep merdeka belajar. Agar para pengajar dan jajaran tenaga kependidikan dapat lebih maksimal, maka Platform Merdeka Mengajar dihadirkan.

Platform Merdeka Mengajar bertujuan untuk memudahkan pengajar dalam hal referensi maupun inspirasi mengajar.

Akses aplikasi merdeka mengajar sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengunduhnya melalui play store. Akan lebih mudah jika anda mengunduhnya untuk smartphone dan laptop anda. Jika anda tidak mempunyai cukup ruang, maka anda bisa mengaksesnya setiap hari dengan akun resmi yang dimiliki di lamanhttps://guru.kemdikbud.go.id// tersebut.

Fitur Menarik Platform Merdeka Mengajar

Platform Merdeka Mengajar berisikan beberapa fitur diantaranya yakni fitur produk pengembangan guru dan produk pengembangan belajar. Adapun penjelasannya sebagai berikut :

1.   Fitur Produk Pengembangan Guru

Fitur pertama yang dapat anda akses yakni pengembangan produk dari para guru bangsa. Fitur tersebut biasanya berisikan beberapa karya dari para guru.

Pertama, karyanya bisa berbentuk video inspirasi pembelajaran.

Dengan kecanggihan teknologi sekarang, tentu pembuatan video bukanlah hal yang rumit. Andapun bisa memodifikasi video anda dengan template dari aplikasi pembuatan video misalnya Canva.

Produk dari para guru dapat menjadi referensi bagi guru pengajar dan tambahan informasi. Selain itu, hal tersebut bertujuan agar para guru tidak sekedar berceramah di kelas namun dapat meningkatkan pemahaman melalui visualisasi mereka.

Kedua, terdapat pengembangan produk yang berbentuk pelatihan mandiri. Pelatihan tersebut merupakan sebuah wadah yang dapat meningkatkan keterampilan mendidik maupun penyelesaian administrasi sekolah dimanapun anda berada.

Ketiga, produk berupa pembuktian karya. Bukti karya biasanya berisikan karya para guru bangsa yang unggul dan gemar mengejar prestasi. Biasanya, para guru tersebut akan dengan senang hati membagikan produk kerja yang dihasilkan.

Halaman Selanjutnya

2.   Fitur Produk Pengembangan Produk Belajar…

Share :

Baca Juga

News

Apakah Verval Ijazah Wajib Dilakukan? Berikut Penjelasan dan Sanksinya

News

Syarat Non PNS Dapatkan Gaji K-13 Dengan Tupoksi

Karya Inovatif

Flipped Classroom

News

Kisah Inspiratif Guru Atikah Menjadi PPPK 2023 di Ujung Pengabdiannya
mendikbud Himbau Pemda Agkat Guru Penggerak Menjadi Kepsek

News

Mosi Tidak Percaya Nadiem : APTISI Siap Demo

News

Lulusan PPG Catat Ini ! Lulusan PPG Prajabatan Jadi Solusi Kekosongan Formasi Guru Mendatang
perbedaan aparatur sipil negara dengan PNS

News

Batas Usia dan Persyaratan Pendaftaran CASN 2023
cara menentukan kktp dalam kurikulum merdeka

News

Apakah Guru Honorer Sekolah Bisa Di Panggil Untuk PPG Dalam Jabatan? Berikut Informasinya