Home / Media Mengajar

Jumat, 1 Juli 2022 - 19:44 WIB

Apa itu Media Interaktif dan Manfaatnya dalam Pembelajaran?  

Dibaca 4,469 kali

Media interaktif sederhananya merupakan suatu layanan digital yang mana akan sangat memungkinkan bagi para pengguna agar mereka bisa merespon melalui perwujudan konten semacam gambar bergerak, video, teks, animasi maupun video game.

Media interaktif biasanya tertuju agar dapat mendukung para partisipasi pengguna. Tujuan dari media interaktif yakni sama dengan jenis media pembelajaran lainnya.

Hanya saja dalam jenis media tersebut para pengguna dapat menambahkan beragam proses interaksi serta ikut menghadirkan beragam fitur menarik pada sistem kehidupan. Media interaktif tentunya dapat memberikan beragam efek positif yang bisa lebih baik.

Biasanya media interaktif dapat dibuat dengan basis mikroprosesor, misal instruksi dalam pembuatan bantuan komputer serta permainan pada komputer.

Manfaat Media Interaktif dalam Proses Pembelajaran

Setiap strategi, teknik maupun metode pastilah akan memberikan manfaat tersendiri bagi adanya dunia pendidikan.

Termasuk kehadiran media interaktif di lingkup pembelajaran. Adapun beragam manfaat yang bisa didapatkan yakni :

Pertama, materi pembelajaran yang tersampaikan oleh para guru dapat semakin menarik perhatian serta tak menjadikan peserta didik mengalami kebosanan.

Selain itu, media interaktif dapat menjadi wadah konten yang menarik agar peserta didik dapat menghabiskan waktunya untuk mengakses media interaktif.

Kedua, media interaktif seharusnya akan menjadikan peserta didik dapat berinteraksi serta menanyakan pada guru terkait feedback yang ingin disampaikan pada guru mereka.

Ketiga, materi pembelajaran yang diwadahi dalam media interaktif tentu akan menjadikan konten pembelajaran semakin menarik.

Ketertarikan peserta didik pada konten yang terwadahi oleh media interaktif dapat membantu peserta didik mudah mengakses konten materinya. Sehingga capaian pembelajarannya dapat terwujud.

Keempat, media interaktif dapat mengefisiensikan waktu yang digunakan untuk mengulang kembali proses kegiatan belajar mengajar.

Kelima, media interaktif dapat membantu para peserta didik untuk bisa mengajar para peserta didik kapanpun dan dimanapun. Dengan hal ini, maka pengajaran akan berjalan lebih efisien dan efektif.

Sehingga target pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai. Bagi peserta didik dengan kategori low learners, maka media interaktif juga dapat membantu mereka memahami secara perlahan berdasar kemampuan penangkapan mereka.

Keenam, media interaktif dapat menjadikan peserta didik untuk fokus dengan pembelajaran yang sudah diberikan oleh para guru.

Peserta didik merupakan seorang manusia dinamis yang senantiasa akan mengalami perubahan. Perubahan ini tentu didapat dari dunia pendidikan yang selama ini mereka jalani.

Sehingga dunia pendidikan harus sebisa mungkin perlu dikreasikan dan senantiasa menambah inovasi. Salah satu tambahan inovasinya yakni dengan menambahkan adanya media interaktif pada proses pembelajaran.

Itulah ulasan definisi mengenai media interaktif dan beberapa manfaat yang bisa didapatkan dalam penggunaannya.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

Karya Inovatif

Pelatihan bersertifikat 32JP Membuat Website Personal dengan Canva
Guru

Media Mengajar

Guru Menyusun RPP yang Mudah

Media Mengajar

Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Yang Menarik di Masa Pandemi

Kesiswaan

Konsep Model Pembelajaran Kontekstual di Sekolah
kekurangan kurikulum merdeka

Media Mengajar

Definisi Media Pembelajaran dan Manfaatnya saat Mengajar

Media Mengajar

Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Karya Inovatif

Workshop 32JP Gratis! Youtuber Dengan Konten Media Pembelajaran

Edutainment

Metode Resitasi. Pengertian, Tujuan, Jenis dan Langkah