Home / Edutainment / Media Mengajar / Opini

Rabu, 30 Maret 2022 - 10:56 WIB

Guru Wajib Tahu! Tantangan Guru di Era Digital

Dibaca 1,553 kali

Tantangan Guru di Era Digital РTidak dapat dipungkiri bahwa di era modern sekarang, seorang tenaga pendidik dituntut untuk memiliki kompetensi digital mengikuti perkembangan zaman.

Penguasaan kompetensi di era sekarang tidak hanya menuntut guru untuk menguasai materi pelajaran saja, tetapi juga menuntut guru untuk menguasai teknologi agar kegiatan belajar mengajar berjalan efektif dan efisien dan menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja dengan persaingan yang sangat ketat.

Tantangan Guru di Era digital

Di era industri 4.0, kita dihadapkan pada perkembangan zaman yang semakin canggih sehingga mengalami banyak perubahan termasuk dalam dunia pendidikan.

Di zaman serba digital, peran guru sangat penting karena seorang guru merupakan ujung tombak atau pelaksana untuk mencerdaskan anak bangsa agar mampu menjawab tantangan zaman.

Dalam hal ini, guru dihadapkan pada masalah digitalisasi yangmana tidak semua guru menguasai skill atau kemampuan teknologi. Guru dituntut bersikap professional untuk terus belajar agar dirinya mampu berkembang beradaptasi mengenai hal-hal baru untuk mengikuti perkembangan zaman guna menciptakan lulusan terbaik yang mempunyai skill digital yangmana sangat dibutuhkan di dunia kerja.

Kompetensi yang harus dimiliki Guru di era digital

Di era digital terdapat 4 kompetensi guru yang dapat mempengaruhi keberhasilan kegiatan belajar mengajar, yaitu:

  • Kompetensi pedagogik terkait dengan kemampuan yang dimiliki oleh guru saat mengajar dan mengelola kelas.
  • Kompetensi kepribadian terkait dengan pribadi seorang guru yang pantas untuk digugu dan ditiru.
  • Kompetensi sosial terkait dengan kemampuan guru dalam menjalin komunikasi dengan siswa, sesama guru, pemimpin dan staf sekolah, serta orang tua siswa.
  • Kompetensi profesional adalah kemampuan guru terkait dengan bidang keilmuannya, seberapa jauh dia menguasai ilmunya.

Berikut kemampuan yang harus dimiliki guru di era digital:

  1. Menjadi model belajar

Menjadi guru professional diharapkan mampu menjadi model belajar terkait penggunaan media digital kepada siswa, seperti guru dapat mentransfer pengetahuan teknologi dan guru juga dapat mencontohkan penggunaan tools-tools digital untuk mendorong kreativitas siswa.

  1. Inovasi pembelajaran

Dahulu, siswa sekolah hanya menggunakan media papan tulis, bahan ajar berupa buku dan berbagai media lain secara sederhana.

Namun, di era digital guru dapat melakukan berbagai macam inovasi pembelajaran untuk menunjang pembelajaran. Inovasi pembelajaran sangat bermanfaat agar siswa tidak mudah jenuh saat proses belajar berlangsung.

Salah satu inovasi pembelajaran yang dapat dilakukan oleh guru adalah membuat tampilan power point yang menarik. Guru tidak harus menggunakan papan tulis untuk mengajar tetapi juga bisa melalui tampilan power point yang di desain dengan semenarik mungkin sehingga dapat menarik perhatian siswa dan pembelajaran terasa lebih menyenangkan.

  1. Skill / kompetensi penunjang

Seorang guru dalam mengajar tentunya sudah dibekali dengan skill akademik berupa materi pelajaran. Tetapi, di era digital guru membutuhkan skill yang lain untuk membantu pekerjaan, seperti kemampuan membuat video, editing, menulis, dan masih banyak lagi skill yang harus dikuasai guru.

  1. Terampil menggunakan internet dalam konteks pendidikan

Saat ini, media internet tidak dapat dipisahkan dalam proses belajar siswa karena penggunaan informasi banyak tersedia melalui internet dan dapat diakses dengan mudah dimana saja dan kapan saja.

Demikianlah informasi terkait tantangan guru di era digital yangmana guru dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman dan diharapkan setiap sekolah dapat mencetak lulusan yang paham akan teknologi agar siswa mampu bersaing di dunia kerja dengan persaingan yang semakin ketat.

[Silahkan dibagikan kepada guru-guru di seluruh Indonesia]

Dapatkan informasi guru terupdate dengan join channel telegram: https://t.me/wartagurudotid

 

Penulis : Siti Mahsunah

Share :

Baca Juga

media ajar

Media Mengajar

Learning Loss, Bisakah Diatasi dengan Penerapan Kurikulum Merdeka?

Karya Inovatif

Website Sekolah Gratis, Cara Membuat Web Sederhana

Edutainment

Jadwal Libur Lebaran dan Liburan Sekolah Tahun 2023 di Berbagai Provinsi di Indonesia

Edutainment

Program Gratis Bersertifikat 4JP Tips Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Kementrian Agama Tanggapi Informasi Jadwal PPPK yang berdear

Edutainment

Beasiswa Unggulan Kemendikbud DIBUKA LAGI! Daftar Sekarang!

Media Mengajar

Pengembangan Ketrampilan Guru Melalui Merdeka Mengajar

Media Mengajar

Jenis Media Pembelajaran yang Bisa Dijadikan Pilihan oleh Guru

News

Begini Caranya Cara Terbaru Mendaftar Edmodo sebagai Siswa/Mahasiswa