Home / Karya Inovatif

Jumat, 18 Februari 2022 - 14:18 WIB

Cara Membuat Video Profil Sekolah yang Menarik Perhatian

Dibaca 10,008 kali

Video Profil Sekolah Sekolah adalah salah satu wasilah untuk menimba ilmu baik di bidang akademis maupun non – akademis.

Wajar saja, semakin bertambahnya tahun semakin bertambah pula kuantitas sekolah. Hal ini menyebabkan sekolah akan saling berlomba – lomba untuk mempromosikan diri.

Salah satu hal yang dilakukan yakni dengan membuat profil sekolah melalui untuk diunggah di sosial media.

Sebab akses media hari ini berkembang pesat sehingga sangat mungkin bagi sekolah untuk bisa dikenal masyarakat sebagai tempat menimba ilmu yang ideal bagi generasi.

Malah hari ini, sebagian besar orangtua seringkali tertarik untuk menyekolahkan anak – anaknya bersekolah di tempat bergengsi sebagaimana yang tercantum dalam video profil sekolah.

Tahapan Pembuatan Profil Sekolah

Perlu diingat bahwa membuat profil sekolah bukanlah tugas yang mudah.

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan agar proses pembuatan profil sekolah dapat berjalan dengan lancar dan maksimal. Beberapa tahapan di antaranya yakni :

1.     Pra Produksi (Pre-Production)

Jauh sebelum video profil sekolah dipublikasikan, para tim produksi sekolah harus sudah siap dengan konsep yang matang.

Hanya saja konsep matang bukanlah sesuatu yang didapatkan dengan instan. Tim produksi pembuatan profil sekolah perlu melakukan riset khusus agar hasil videonya dapat sesuai target.

Beberapa kegiatan untuk proses riset misalnya seperti melakukan wawancara pada kepala sekolah maupun para guru.

Bisa juga dalam bentuk peningkatan literasi seperti kegiatan membaca buku maupun brosur profil sekolah di tahun sebelumnya.

Selain itu, bisa juga untuk menambah pengetahuan dengan membaca visi misi di website sekolah.

Sederhananya, riset tersebut harus mampu menghasilkan beberapa data misalnya angka, gambar maupun teks.

Tentu saja hal tersebut bukanlah hal yang sifatnya rahasia lembaga melainkan info umum yang bisa dibaca banyak orang.

Semakin banyak riset tentang profil sekolah, maka tim pembuatan video akan semakin merasakan suasana serta lingkungan pembelajaran di sekolah. Biasanya riset ini bisa dilakukan dalam kurun waktu seminggu.

2.     Konsep Sekolah

Setelah tahapan pertama selesai, maka konsep video sekolah bisa segera dibuat. Dalam pembuatan konsep video sekolah, pihak pimpinan juga bisa memberikan ide cerita maupun masukan untuk pembuatan profil sekolah.

Biasanya, konsep video tersebut dapat sekaligus dimasukkan dalam storyboard.

Dalam storyboard, harus ada informasi mengenai konsep visualisasinya, teks informatif dan komunikatif sehingga dapat menarik minat audience.

Secara umum, video profil sekolah biasanya berisikan gambaran bangunan sekolah, kegiatan pembelajaran atau ekstrakulikuler dan interior ruangan.

Untuk peralatannya sendiri agar bisa maksimal bisa menggunakan kamera dan kalau perlu bisa ditambahkan lighting.

Tentunya juga perlu menggunakan tripod agar video tampak stabil. Namun, jangan khawatir. Bila tidak ada kamera di sekolah, kalian juga bisa memanfaatkan jasa pembuatan video profil sekolah.

Fungsi Adanya Pembuatan Video Profil Sekolah

Idealnya, adanya video profil sekolah merupakan salah satu ikhtiar lembaga pendidikan maupun sekolah untuk bisa dikenal oleh khalayak umum.

Sehingga video akan memberikan informasi umum secara lengkap dalam kemasan video.

Misalnya yakni dengan membubuhkan visi – misi, fasilitas aupun perlengkapan yang ada di sekolah. Beberapa fungsi video profil diantaranya yakni:

1.     Menggambarkan Kualitas Pendidikan yang ada di Sekolah

Video bisa berisikan beberapa kualitas kinerja siswa termasuk persentase kelulusan. Atau konten tersebut bisa disendirikan untuk dijadikan brosur sekolah.

Dengan demikian, para orangtua akan lebih tergambar dengan kredibilitas dan kelayakan yang dimiliki sekolah.

2.     Pemberian Informasi yang Bermanfaat untuk Publik

Konten video profil sekolah sebenarnya bukan hanya berguna bagi para orangtua, namun juga bagi pihak ketiga.

Misalnya, beberapa pihak terkait yang ingin melakukan kerjasama dengan sekolah.

Semakin berkualitas kontennya, maka semakin besar pula peluang bagi pihak ketiga untuk melakukan kerjasama dengan sekolah.

3.     Dapat Menjadi Panduan bagi Proses Identifikasi

Maksud dari poin ketiga adalah sebuah video profil sekolah dapat menjadi panduan awal bagi orangtua untuk memilih sekolah yang sesuai dengan landasan dan prinsip keluarga.

Dengan adanya video tersebut, orangtua dapat tergambar mengenai mekanisme serta sistem pendidikan dalam lembaga tersebut.

Apalagi di tengah masa pandemi sekarang, para orangtua tentu tidak bisa mengunjungi sekolah terlalu sering sebagaimana yang dilakukan sebelumnya.

Sebab harus ada penjagaan protokol kesehatan yang ketat. Jadi, video profil sekolah akan sangat membantu dalam proses identifikasi awal.

Konten Video Profil Ideal

Agar video dapat menjadi wasilah terbaik untuk mengenalkan pada khalayak umum, berikut beberapa poin yang bisa kalian jadikan acuan untuk pembuatannya. Beberapa diantaranya yakni:

1.   Isian terkait Fakta Sejarah di Sekolah

Bagusnya, video profil sekolah juga terdapat scene yang mengulas tentang fakta sejarah pendirian sekolah.

Bila tim produksi video merasa bahwa fakta yang mereka pahami masih dangkal, maka bisa melakukan riset sebagaimana tahapan awal dalam pre – produksi.

2.   Mengulas Filosofi Sekolah

Selain itu, bisa juga dengan menjelaskan filosofi mendasar sekolah per poinnya. Misal visi misi, strategi dan beberapa program untuk mengimplementasikan visi misi tersebut.

Perhatikan, jangan sampai penjelasan filosofi ini salah sebab akan menjadi gambaran awal bagi orangtua untuk pertimbangan apakah anaknya disekolahkan di sekolah tersebut atau tidak.

3.   Mengulas Metode Pembelajaran

Nah, agar profil sekolah terlihat lebih lengkap bisa juga memasukkan ulasan terkait metode belajar baik secara umum maupun khusus dari sekolah. Bisa juga dengan menunjukkan ragam fasilitas pembelajaran yang ada di sekolah. Bisa juga dengan memasukkan konten terkiat program unggulan sekolah.

4.   Adanya Mitra Pendidikan

Masukkan juga beberapa mitra pendidikan yang memang bekerjasama dengan sekolah atau lembaga pendidikan tersebut. Hal ini tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri dan berpeluang besar menjadi daya tarik bagi para orangtua.

5.   Menginformasikan Lingkungan Sekolah

Selain itu, biasanya orangtua juga menjadikan lingkungan sekolah sebagai porsi utama dalam memilih sekolah.

Sebab anak tercintanya akan menimba ilmu di tempat tersebut selama bertahun – tahun. Bayangkan saja bila lingkungan sekolahnya buruk?

Tentu akan sangat berpengaruh baik dari segi akademis maupun non – akademis. Misalnya memasukkan konten gambaran sekolah, rasio guru, guru berprestasi, dan para alumni sekolah.

6.   Cantumkan Para Alumni Berprestasi

Konten lain yang bisa dimasukkan yakni dengan mencantumkan beberapa testimoni dari alumni yang berprestasi.

Hal ini tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para orangtua. Siapa sih yang nggak senang dengan sekolah berprestasi? Tentu hal ini akan menjadi lingkungan yang baik bagi anak – anaknya kelak.

Nah demikianlah ulasan mengenai cara membuat video profil sekolah. Semoga artikel ini dapat menjadi ulasan menarik dan recommended.

Last, kecanggihan teknologi yang ada sekarang harus sebisa mungkin dimanfaatkan dan digenggam.

Bukannya manusia yang malah digenggam dengan teknologi. Sehingga dalam pendidikan pun, perlu sekali bagi tim pembuatan video untuk semakin melejitkan potensi dan kemampuan di bidang IT.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

rhm/shd

 

Share :

Baca Juga

Karya Inovatif

Pembelajaran Discovery-Inquiry

Karya Inovatif

Unduh Fasilitas Webinar Kiat Menggapai 12,5 Angka Kredit dari 1 DIKTAT

Karya Inovatif

Pembelajaran Inovatif, Macam dan Penerapannya

Karya Inovatif

Flipped Classroom

Karya Inovatif

Materi hari kedua Diklat 35JP: Menulis Artikel Populer

Karya Inovatif

Cara Mudah Membuat Video Pembelajaran di HP

Karya Inovatif

Cek Informasi Sertifikat! Diklat 40JP Karya Ilmiah Naik Pangkat

Karya Inovatif

Kenaikan Pangkat Guru. Berikut Tips Membuat Karya Ilmiahnya