Cara menentukan KKTP dalam kurikulum merdeka penting untuk dimengerti. KKTP atau Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran, dibahas dalam Permendikbud Ristek Nomor 21 tahun 2022 tentang Standar Penilaian Pendidikan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Peraturan tersebut menjelaskan bahwa KKTP akan dibandingkan dengan pencapaian hasil belajar siswa untuk menilai seberapa jauh pencapaian hasil belajar siswa.
Dari pernyataan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa urgensi guru dalam membuat kriteria KKTP adalah untuk memperoleh informasi keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan. Pembuatan KKTP sejalan dengan perencanaan asesmen yang merupakan bagian dari penyusunan perencanaan pembelajaran.
Alasan KKTP dikembangkan saat perencanaan asesmen karena KKTP dapat menjadi bahan acuan dalam menentukan instrumen asesmen agar tidak terjadi ketidaksesuaian antara instrumen asesmen dengan kriteria capaian tersebut. KKTP berupa deskripsi mengenai kriteria-kriteria yang menjadi acuan bahwa seorang siswa sudah mencapai tujuan pembelajaran. Kriteria tersebut meliputi kemampuan siswa baik dalam hal teori maupun praktik.
Cara Menentukan KKTP Dalam Kurikulum Merdeka
Kurikulum merdeka tidak lagi menerapkan KKM atau Kriteria Ketuntasan Minimal yang kemudian berganti dengan KKTP. Kriteria capaian ini dibuat oleh guru melalui beberapa metode dan pendekatan. Adapun cara menentukan KKTP dalam kurikulum merdeka sebagai berikut:
- Penentuan kriteria berupa deskripsi guna menentukan pencapaian siswa dengan asumsi apabila siswa belum dapat mencapai kriteria tersebut maka diasumsikan belum mencapai tujuan pembelajaran.
- Pengidentifikasian menggunakan rubrik untuk melacak sejauh mana peserta didik mencapai tujuan pembelajaran.
- Pengembangan KKTP menggunakan beberapa pendekatan lainnya seperti skala atau interval lainnya.
Halaman Selanjutnya
Contoh Penerapan Cara Menentukan KKTP Dalam Kurikulum Merdeka