Home / News / Pelatihan / Seminar

Minggu, 3 April 2022 - 11:58 WIB

Daftar Bimtek Gratis 40JP Karya Publikasi Ilmiah dan Inovatif Naik Pangkat

Dibaca 10,906 kali

Pada tanggal 10-13 April 2022 pukul 14.00 WIB Guru Juara akan menyelenggarakan sebuah kegiatan bimtek spesial bagi anda yang ingin belajar membuat Pulikasi ilmiah dan Karya Inovatif untuk . Kegiatan tersebut adalah Bimtek 40JP “Kiat Sukses Publikasi Ilmiah Dan Karya Inovatif Untuk Kenaikan Pangkat” dan kabar baiknya kegiatan tersebut Gratis atau tanpa ada biaya pendaftaran. Tujuan Kegiatan Bimtek yaitu peserta dapat memahami berbagai jenis publikasi ilmiah dan karya inovatif yang sesuai dengan ketentuan Buku 4 dan Buku 5 PKB sehingga peserta dapat termotivasi untuk membuat berbagai publikasi ilmiah dan karya inovatif yang sesuai dengan ketentuan Buku 4 dan Buku 5 PKB.

Fasilitas dan Bonus dari Kegiatan

Bagi peserta yang sudah mendaftarkan diri sebagai peserta Bimtek 40JP “Kiat Sukses Publikasi Ilmiah Dan Karya Inovatif Untuk Kenaikan Pangkat”, Guru Juara akan memberikan apresiasi dengan menyediakan berbagai fasilitas dan bonus dari kegiatan. fasilitas dan bonus kegiatannya, antara lain :

  • e-Sertifikat 40 JP
  • Presensi dan Undangan
  • Laporan Pengembangan Diri
  • Akses Zoom Meeting
  • Materi Bimtek
  • Contoh untuk kenaikan pangkat

Syarat dan Alur Pendaftaran Kegiatan

Untuk menjadi peserta bimtek cara dan syaratnya sangat mudah sekali. syarat-syarat yang akan anda penuhi ini akan membantu anda untuk mendapatkan informasi dan notifikasi jika kegiatan akan dimulai. Berikut syarat dan caranya :

  1. Bagikan informasi Bimtek ini ke 3 Grup (WA atau Telegram)
  2. Subscribe channel Telegram “Guru Juara” (https://t.me/gurujuara)
  3. Subscribe Channel Youtube Guru Juara (https://youtube.com/c/gurujuara)
  4. Mengisi Formulir pendaftaran ini : bit.ly/DaftarKaryaInovatif40JP

Segera Daftar !! sebelum pendaftaran ditutup. Pendaftaran akan di tutup pada 09 April 2022.

Materi Kegiatan Bimtek

Untuk mencapai tujuan dan manfaat dari kegiatan Bimtek 40JP “Kiat Sukses Publikasi Ilmiah Dan Karya Inovatif Untuk Kenaikan Pangkat” ini maka perlu materi yang dapat memudahkan peserta dalam menyerap dan paham berbagai jenis publikasi ilmiah dan karya inovatif yang sesuai dengan ketentuan Buku 4 dan Buku 5 PKB. Berikut materi yang akan dibahas dalam kegiatan :

  • Pertemuan ke-1 : Kiat Sukses Publikasi Ilmiah terkait penelitian
  • Pertemuan ke-2 : Kiat Sukses Publikasi Ilmiah terkait
  • Pertemuan ke-3 : Kiat Sukses Karya Inovatif terkait alat peraga
  • Pertemuan ke-4 : Kiat Sukses Membuat Artikel Populer

Kegiatan ini dilaksanakan melalui Zoom Meeting dan Live Youtube Guru Juara dengan 4 kali pertemuan. 4 kali pertemuan dimulai pada 14.00 WIB. Maka dari itu, Kegiatan ini cocok sekali bagi anda yang sedang menjalani ibadah puasa untuk menemani anda menjelang berbuka puasa.

Baca Juga:  Tunjangan TPG Triwulan I dan II 2024 Tak Kunjung Cair, Coba Cara Ini!

Pentingnya Publikasi Ilmiah untuk Kenaikan Pangkat Guru

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Pengembangan merupakan salah satu dari unsur yang diperlukan untuk memenuhi angka kredit yang dipersyaratkan untuk kenaikan fungsional guru. Pasal 11 PermenegPAN dan RB Nomor 16 tahun 2009 menjelaskan bahwa kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan dapat dilakukan melalui :

  • Melaksanakan pengembangan diri : Bentuk kegiatan pengembangan diri meliputi mengikuti fungsional dan melaksanakan kegiatan kolektif guru.
  • Publikasi ilmiah : Bentuk kegiatan publikasi ilmiah meliputi membuat karya tulis ilmiah dan mempublikasikannya, dapat berupa hasil penelitian, tinjauan ilmiah, buku, modul dan sejenisnya.
  • Membuat karya inovatif : Bentuk kegiatan karya inovatif meliputi menemukan teknologi tepat guna, menemukan / menciptakan karya seni, membuat/ memodifikasi alat pelajaran, mengikuti pengembangan penyusunan standar, pedoman penulisan soal dan sejenisnya.

Kali ini kita hanya akan membahas mengenai publikasi ilmiah. Publikasi ilmiah adalah karya tulis ilmiah yang telah dipublikasikan kepada masyarakat. Bentuk publikasi yang dapat dilakukan oleh guru dapat berupa pada forum ilmiah, publikasi hasil penelitian atau gagasan inovatif pada bidang formal, dan juga publikasi buku teks pelajaran, buku pengayaan dan/atau buku pedoman guru.

Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan

Jika dipahami secara mendalam sebenarnya untuk menggapai angka kredit dari publikasi ilmiah yang dipersyaratkan untuk kenaikan pangkat sangat mudah diraih oleh guru. Namun terkadang para guru sudah antipati terhadap publikasi ilmiah. Mereka menganggap melakukan publikasi ilmiah tidak mampu mereka lakukan. Akhirnya mereka stagnan di pangkatnya hingga 7 tahun bahkan lebih tidak
naik pangkat. Banyak faktor yang mempengaruhi mereka kesulitan naik pangkat, diantaranya:

  1. Kurang memahami buku 4 PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan).
  2. Kurang memahami cara menulis karya tulis ilmiah
  3. Kurang memahami, apa saja bentuk publikasi ilmiah yang dapat dilakukan guru.

Jikalau para guru memahami buku 4 PKB ini dengan mendalam, maka kenaikan pangkat yang secara normal diraih dalam 4 tahun, dapat dengan mudah dicapai bahkan hanya dalam waktu 2 tahun. Maka dari itu, kegiatan Bimtek 40JP “Kiat Sukses Publikasi Ilmiah Dan Karya Inovatif Untuk Kenaikan Pangkat” akan amat membantu guru dalam membuat publikasi ilmiah dan karya inovatif untuk naik pangkat.

 

Info Kegiatan Guru yang menunjang naik pangkat, silahkan bergabung di channel Telegram Guru Juara

Info Terupdate tentang pendidikan Indonesia, silahkan bergabung di channel Telegram Warta Guru

 

Penulis : Andika Putra

Share :

Baca Juga

News

Bersiap, Jadwal Resmi Dikeluarkan Pemerintah Terkait Kenaikan Gaji Pensiunan PNS Tahun 2024

News

Tips dan Syarat untuk Mendapat Tunjangan Guru Honorer

News

3 Jenis Asesmen yang Wajib Dipahami Guru

News

Mentri Nadiem Klarifikasi Shadow Team Kemendikbud

News

Penting! Skema Pensiun PNS Tahun Depan Akan Diubah

News

PNS dan PPPK Wajib Tahu, Fitur Baru di SIASN

Media Mengajar

Diklat Premium 35JP Model Cooperative Learning Tipe Window Shopping

Kompetensi Guru

Beasiswa Pelatihan Digital : Baparekraf Digital Telent 2022 Tahap 2
Download Sertifikat Pendidikan Gratis