Home / News / PPG

Minggu, 3 Desember 2023 - 18:50 WIB

Perbaikan Serdik Untuk Apa? Berikut Pentingnya Serdik Yang Wajib Diketahui

Dibaca 610 kali

Banyak sekali kasus dimana serdik yang di terima oleh guru tidak sesuai dengan data diri, bidang studi, atau lembaga penyelenggara PPG. Oleh karena itu, perbaikan serdik menjadi hal yang penting dan perlu dilakukan oleh guru yang mengalami kesalahan data pada serdiknya.

Namun sebelum itu taukah perbaikan pada serdik  untuk apa? Bagaimana tatacaranya? Nah untuk mengetahui alasan mengapa perlu melakukan perbaikan serdik, yuk simak ulasan berikut.

Alasan Mengapa Perlu Melakukan Perbaikan Serdik

Perlu di ketahui bahwasannya serdik yang tidak linier dapat menjadi sebuah permasalahan. Oleh karena itu ada beberapa alasan mengapa perlu melakukan perbaikan serdik, di antaranya adalah:

Memperbaiki Kesalahan Data Pada Serdik

Alasan mengapa perlu melakukan perbaikan pada serdik yang pertama adalah agar mampu mempebaiki kesalahan data. Kesalahan data pada serdik dapat terjadi karena berbagai faktor, seperti kesalahan input data saat pendaftaran PPG, kesalahan cetak saat pengiriman serdik, atau perubahan data diri guru setelah mendapatkan serdik.

Kesalahan data ini dapat berupa nama, nomor induk pegawai (NIP), nomor induk kependudukan (NIK), tempat dan tanggal lahir, bidang studi, atau lembaga penyelenggara PPG. Kesalahan data ini harus segera diperbaiki agar serdik sesuai dengan identitas dan kualifikasi guru yang bersangkutan.

Yuk ikut pelatihan bersertifikat 46JP dengan judul “Membangun Kelas Masa Depan Melalui Teknologi dan Media Ajar dengan Bantuan AI” fasilitas lengkap seperti materi pelatihan, e-sertifikat 46JP, full suport dari tim instruktur dan laporan pengembangan diri. Daftar Sekarang di link berikut https://online.e-guru.id/aff/40180/2863/checkout dapatkan diklat serta BONUS Kurikulum Komplit Mau dibantu daftar? http://wa.me/6281904722773 atau 0819-0472-2773 (Admin Nana)

Memastikan Serdik Terdaftar di Sistem Informasi Pendidikan

Selain memperbaiki kesalahan data, perbaikan pada serdik juga bertujuan untuk memastikan bahwa serdik yang dimiliki oleh guru sudah terdaftar di sistem informasi pendidikan. Contohnya seperti PDDikti (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi) atau Dapodik (Data Pokok Pendidikan).

Pendaftaran serdik di sistem informasi pendidikan ini penting untuk memverifikasi keabsahan dan kelayakan serdik sebagai dokumen resmi yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Pendaftaran serdik juga memudahkan guru untuk mengakses dan mencetak ulang serdik secara online jika diperlukan.

Meningkatkan Kualitas dan Kinerja Guru

Perbaikan pada serdik tidak hanya berkaitan dengan aspek administratif, tetapi juga dengan aspek profesional. Dengan memiliki serdik yang valid dan terdaftar, guru dapat meningkatkan kualitas dan kinerja sebagai tenaga pendidik yang kompeten dan profesional.

Guru dapat mengembangkan kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial sesuai dengan standar nasional pendidikan. Guru juga dapat meningkatkan kesejahteraan dan keseimbangan hidup dengan mendapatkan TPG yang sesuai dengan hak dan tanggung jawabnya.

Cara Melakukan Perbaikan Serdik

Nah setelah mengetahui alasan penting mengapa harus memperbaiki serdik, kamu mungkin bertanya-tanya. Lalu bagaimana cara melakukan perbaikan pada serdik? Nah untuk melakukan perbaikan pada serdik sendiri kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Menghubungi Lembaga Penyelenggara PPG

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghubungi lembaga penyelenggara PPG yang menerbitkan serdik. Menghubungi lembaga penyenggara PPG bisa melalui telepon, email, atau bahkan kunjungan langsung.

Guru harus menyampaikan permintaan perbaikan dan menyertakan data diri, nomor serdik, dan bukti kesalahan data yang terdapat pada serdik. Guru juga harus menanyakan prosedur, persyaratan, dan biaya yang diperlukan untuk melakukan perbaikan serdik.

Halaman Selanjutnya

Mengisi Formulir Permohonan Perbaikan…

Share :

Baca Juga

photo by kemdikbud.go.id

News

Guru Sertifikasi Dan Non Sertifikasi TK,SD,SMP,SMA Ingin Kurikulum Kembali Ke KTSP Lagi
Ilustrasi Tahapan PPG Dalam Jabatan 2023

News

Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2023 Diundur, Ini Ketentuan Terbarunya

News

Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia

News

Bantuan Pendidikan Tahun Depan Meningkat, Simak Alokasi Dana Pendidikan 2024

News

Selamat! Insentif Guru Non PNS Tanpa Serdik Cair Oktober

News

Kabar Gembira untuk Kepala Sekolah dan Guru SD, SMP, SMA/SMK. Apakah Sekolah Anda Masuk Kriteria Ini?
prinsip penyusunan atp

News

Harus Dipahami Cara Mengisi Sispena 2023
program p5

News

Hidayat Nur Wahid : Pendidikan Keagamaan Harus Meningkat