Home / News

Kamis, 17 Februari 2022 - 18:40 WIB

Dapodik: Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Istilah

Dibaca 8,543 kali

Dapodik, berikut adalah Jenis dan pengertian Dapodik:

Terkait pengertian dapodik, kamu juga harus mengerti jenis-jenisnya. Jenis dapodik sendiri terbagi 3 (tiga), yaitu dapodikdasmen, dapodikmen, serta dapodik paud & dikmas. Berikut adalah pengertian dari masing-masing jenis tersebut.

Pengertian Dapodikdasmen

Dapodikdasmen merupakan sistem dapodik jenjang pendidikan dasar dan menengah. Artinya dapodikdasmen adalah dapodik untuk sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP).

Jadi jenjang pendidikan SD, MI, SDLB (SD Luar Biasa), SMP, MTs, SMPLB (SMP Luar Biasa), dan SLB (Sekolah Luar Biasa) data sekolahnya akan diikutsertakan dalam dapodikdasmen tersebut.

Pengertian Dapodikmen

Karena sekolah menengah akhir seperti SMA, SMK, dan MA berada di bawah naungan Dirjen Pendidikan Menengah, sehingga memiliki data pokok pendidik khusus yaitu Dapodikmen (Dapodik Menengah).

Pengertian Dapodik Paud & Dikmas

Untuk jenis dapodik ini sesuai namanya, merupakan dapodik bagi pendidikan anak usia dini (paud) serta pendidikan masyarakat (dikmas) baik informal maupun non formal.

Kategori dikmas informal pada ketentuan dapodik termasuk jenjang pendidikan sejenis Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ), kursus, atau lainnya. Sedangkan kategori dikmas non formal adalah Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKMB) serta Homeschooling.

Pengertian Secara Umum:

Dapodik adalah singkatan dari Data Pokok Pendidikan.

Data Pokok Pendidikan adalah sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional, bagian dari Program perancanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif.

Pada dunia pendidikan, terdapat elemen atau unsur penyelenggara dan pelaksana. Salah satunya adalah seorang guru. Guru berperan sebagai seorang pendidik, atau yang sering kita sebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Perlu kita ketahui bahwasannya data pokok pendidikan menjadi salah satu syarat utama mengikuti pendaftaran seleksi PPPK, yang kita ketahui sendiri untuk pembukaan seleksi CASN tahun ini pemerintah hanya membuka seleksi melalui jalur kedinasan. Bagi teman-teman jalur atau lulusan regular hanya bisa mengikuti seleksi PPPK, dimana PPPK setara dengan ASN golongan tertentu.

Maka dari itu kita perlu mengetahui apa fungsi dari Data Pokok Pendidikan, berikut adalah fungsi dari data pokok pendidikan:

Syarat Mengikuti Seleksi PPPK

Guru yang berkeinginan dan berniatan untuk mengikuti seleksi PPPK wajib terdaftar pada data pokok pendidikan, selain itu kriteria guru untuk mengikuti seleksi PPPK yakni sebagai Guru Honorer yang masih aktif mengajar di sekolah negeri di bawah kewenangan Pemerintah Daerah dan terdaftar sebagai guru di Dapodik Kemendikbud

Mengalokasikan dana BOS

Dapodik bisa dipakai pemerintah untuk mengalokasikan dana BOS bagi tiap sekolah sesuai dengan jumlah siswanya. Program Bos adalah salah satu program pendidikan yang telah dijalankan sejak lama dan bermanfaat untuk membantu para siswa dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan Indonesia.

Menerima Tunjangan Pemerintah

Guru yang sudah memenuhi persyaratan biasanya akan mendapatkan berbagai tunjangan dari pemerintah dan data guru penerimanya biasanya diambil dari Dapodik. Apabila guru belum terdaftar di Dapodik, maka akan sulit untuk mendapatkan tunjangan.

Acuan Alokasi Dana Sekolah

Untuk mengembangkan sistem pendidikan di tiap sekolah, tentu dibutuhkan sarana dan prasarana yang memadai. Dapodik juga dijadikan acuan pemerintah dalam menyalurkan alokasi dana untuk pengembangan sarana dan prasarana di tiap sekolah.

Monitoring Kinerja Sekolah

Setiap sekolah yang telah mengalami perubahan kelembagaan, maka perlu perubahnya di sistem Data Pokok Pendidikan. Dengan adanya Data Pokok Pendidikan, maka pemerintah akan mengetahui mengenai pengajuan dan perbaikan data kelembagaan suatu sekolah.

Pengajuan Verval Data

Data Pokok Pendidikan juga berfungsi untuk melakukan pengajuan dan verval data, nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan atau NUPTK. Setiap guru pasti memiliki nomor unik tersendiri dan tidak mungkin sama dengan yang lainnya.

Pengajuan NPSN

Data Pokok Pendidikan akan berguna juga untuk pengajuan dan verval data peserta didik atau siswa dan nomor induk siswa nasional atau NISN. Tak hanya itu, Data Pokok Pendidikan juga bisa berguna untuk pengajuan dan verval data satuan pendidikan dan nomor pokok sekolah nasional atau NPSN.

Monitoring Kebjiakan Pendidikan

Hadirnya Data Pokok Pendidikan juga bisa membantu proses pemetaan dan pemerataan guru di seluruh Indonesia. Adanya Data Pokok Pendidikan juga bisa membantu pemerintah dalam hal monitoring dan evaluasi berbagai kebijakan yang dijalankan.

Meningkatkan Efektifitas Pelaporan Sekolah

Aplikasi Data Pokok Pendidikan tentu berbasis online, sehingga mampu mempercepat dan meningkatkan tingkat efektifitas dalam hal pelaporan yang dilakukan pihak sekolah kepada pemerintah.

Berikutnya kita akan membahas manfaat dari data pokok pendidikan:

Data Pokok Pendidikan akan memberikan banyak manfaat atau keuntungan bagi berbagai pihak. Berikut adalah gambaran manfaat dapodik terhadap setiap pihak.

Manfaat Data Pokok Pendidikan Bagi PTK dan Guru Honorer

. Memberikan kesempatan untuk memperoleh hak berupa tunjangan.

. Memberi tempat untuk memperoleh NUPTK yang terverifikasi & valid.

. Penyedia fasilitas monitoring & evaluasi kebijakan pemerintah.

Manfaat Data Pokok Pendidikan Bagi Siswa

. Sebagai tempat mendapat NISN yang terverifikasi & valid.

. Memberi kemudahan mendapatkan BOS.

Manfaat Data Pokok Pendidikan Bagi Sekolah

. Memudahkan pengajuan sarana dan prasarana (sarpras).

. Memberikan kemudahan penjaminan mutu.

. Memberikan kemudahan perubahan kelembagaan.

. Sebagai tempat mendapat NPSN yang terverifikasi & valid.

Manfaat Data Pokok Pendidikan Bagi Pemerintah

. Membantu proses pemetaan & pemerataan guru.

. Membantu proses akuisisi informasi pendidikan secara efektif & efisien.

. Membantu mencegah kecurangan sekolah dalam mengajukan pendanaan.

Selanjutnya disini saya akan menjelaskan terkait istilah dan sinkronisasi data sekolah, kurang lebihnya sebagai berikut.

Karena dapodik adalah sebuah sistem besar, secara otomatis didalamnya terdapat banyak istilah pada penamaan menu-menunya. Maka kamu harus memahami pengertian istilah pada sistem tersebut.

PTK Data Pokok Pendidikan

PTK pada sistem Data Pokok Pendidikan memiliki pengertian pengelompokkan jenis pendidik dan tenaga kerja. Dimana PTK dikategorikan secara spesifik agar persebaran PTK tergambar jelas.

PTK Data Pokok Pendidikan sendiri memiliki beberapa jenis, yaitu:

.  Kepala Sekolah

. Guru Kelas

. Guru Mata Pelajaran

. Guru BK

. Guru TIK

. Guru Inklusi

. Guru Pendamping

. Guru Magang

. Tenaga Administrasi

. Laboran

. Pustakawan

. Lainnya (tenaga kebersihan, keamanan, dll)

SSO Data Pokok Pendidikan

SSO atau Single Sign-On sendiri memiliki pengertian sebagai pintu masuk ke sebuah jaringan. Maka SSO Data Pokok Pendidikan adalah tempat PTK melakukan proses login untuk mengakses layanan Data Pokok Pendidikan.

Dengan kata lain SSO Data Pokok Pendidikan adalah tempat seorang PTK memasukkan Username dan Password sebelum melakukan proses manajerial informasi.

PMP Data Pokok Pendidikan

PMP adalah singkatan Penjamin Mutu Pendidikan, jadi pengertian PMP Data Pokok Pendidikanadalah sistem yang memberikan gambaran kondisi mutu sekolah. Penilaian mutu melalui PMP Data Pokok Pendidikan dilandaskan pada standar nasional Kemendikbud.

Prefill Data Pokok Pendidikan

Generate prefill atau sering disebut prefill Data Pokok Pendidikan mempunyai pengertian sebagai sebuah layanan pengecekan data dapodik terakhir. Dimana prefill tiap kabupaten ataupun provinsi berbeda-beda.

Rombel Data Pokok Pendidikan

Rombel atau rombongan belajar merupakan tampilan data Data Pokok Pendidikan yang dikelompokkan berdasarkan jenjang pendidikan dan berdasar provinsi, serta berbentuk tabel.

Pengertian Surat Data Pokok Pendidikan 

Selanjutnya penulis akan membahas tentang surat Data Pokok Pendidikan. Dimana surat Data Pokok Pendidikan adalah surat-surat penting dalam proses penggunaan Data Pokok Pendidikan.

. Surat Pernyataan Data Pokok Pendidikan (SPDD)
Surat pernyataan data dapodik merupakan surat yang berisi pernyataan petinggi sekolah (Kepala Sekolah) menerangkan bahwa pengisian data dapodik telah dilakukan secara baik dan benar.

. Surat Mutasi Data Pokok Pendidikan (SMD)
Surat mutasi tersebut merupakan sebuah surat keterangan perpindahan siswa (keluar). Dimana jika siswa sudah terdaftar dalam sistem, maka surat mutasinya bisa langsung didownload melalui dapodik.

 

Sekian yang dapat penulis sampaikan dan jelaskan, semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua demi kebaikan dan kebermanfaatan kita semua.

Terima kasih.

 

 

Penulis : Galih Pambudi

Share :

Baca Juga

tunjangan profesi guru

News

Update Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan 3 Tahun 2023, Segera Cek Info GTK Anda!

News

Hore! Gaji Guru PNS dan PPPK Resmi Naik 8 Persen, Cek Jumlahnya di Sini

News

Telah Terbit Pasalnya! Ada Kenaikan Gaji ASN PPPK 2023, Resmi KemenPANRB

News

PNS Akan Terima Gaji Tunggal! Ternyata Ini Daftar Tunjangan yang Dihapus Pemerintah

News

Dimulai Hari Ini! Yuk Segera Daftar Diklat 35JP Bagi Guru Yang Ingin Kenaikan Pangkat

News

Awal Bulan Gembira! Pencairan Gaji Ke-13 ASN dan Pensiunan Dipercepat

News

Kurikulum Merdeka di Tahun 2024 Masih Tetap Berjalan? Begini Penjelasan Kemdikbud

News

Draf Final RUU ASN, Kesejahteraan PPPK dan PNS Disetarakan