Home / Media Mengajar / News / Opini

Jumat, 18 Februari 2022 - 22:32 WIB

Kualitas Pendidikan Indonesia, Guru Dapat Meningkatkannya!

Dibaca 844 kali

Kualitas Pendidikan Indonesia – Kemajuan setiap bangsa dan negara dapat dilihat dari banyak aspek, salah satunya dilihat dari kualitas pendidikan yang ada di negara tersebut.

Semakin berkualitas sistem pendidikannya, maka akan melahirkan generasi penerus yang professional dibidangnya dan berdampak pada kontribusi besar dalam kemajuan sebuah bangsa dan negara.

Dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia, kualitas pendidikan Indonesia masih tergolong rendah. Oleh karena itu, butuh adanya perubahan dan kemauan dari seluruh warga negaranya agar Indonesia dapat bersaing dengan negara-negara lain di dunia yang memiliki kualitas pendidikan yang sangat baik.

Dalam dunia pendidikan terdapat tiga komponen utama, yaitu: pendidik, peserta didik, dan tujuan pendidikan. Ketiga hal tersebut saling berpengaruh satu sama lain untuk menunjang berkualitasnya sistem pendidikan.

Untuk mengubah kualitas pendidikan di negeri ini dapat dimulai dengan kemauan dan kesadaran dari guru sebagai tenaga pendidik.

Guru merupakan profesi yang sangat mulia dan memiliki peran sentral terhadap kemajuan dunia pendidikan. Semakin berkualitas gurunya, maka kualitas peserta didik yang dihasilkan juga semakin baik.

Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia, berbagai inovasi dan metode pembelajaran dapat dilakukan. Guru dapat menciptakan gaya pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sehingga tujuan dari materi yang telah disampaikan dapat dengan mudah dipahami oleh siswa.

Berikut adalah hal-hal yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.

  1. Disiplin dan Professional

Guru adalah seorang tenaga pendidik yang mengajarkan suatu ilmu, membimbing memberikan penilaian serta melakukan evaluasi kepada peserta didiknya.

Sebagai seorang pendidik, guru dituntut untuk disiplin dan professional dalam mengajar.

Indonesia sudah terbiasa dengan jam karet, yaitu menunda-nunda pekerjaan dan terkesan lebih santai. Berbeda dengan negara-negara maju, seperti Jepang dan Korea yang sangat disiplin dan menghargai waktu.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan kualitas pendidikan di negeri ini dapat dimulai dengan hal yang mendasar tapi ternyata sangat berdampak besar yaitu dengan disiplin. Disiplin guru dapat ditunjukkan dengan mengajar tepat waktu.

Dengan berperilaku disiplin, peserta didik dapat mencontoh teladan yang ada dalam diri gurunya untuk tidak bermalas-malasan baik saat belajar maupun saat siswa sedang melakukan pekerjaan yang lain. dengan hal ini, guru juga mendidik dan mengajarkan kepada siswa untuk menghargai waktu.

Selain itu, guru yang professional haruslah menguasai materi pelajaran. Dengan menguasai materi pelajaran, guru dapat meringkas materi dan memberikan pemahaman kepada siswa dengan cara yang menarik dan inovatif agar mudah dipahami.

  1. Perbanyak Membaca

Sebagai seorang guru yang kesehariannya mengajar , guru dituntut untuk memiliki pengetahuan luas terutama terkait mata pelajaran yang diampu.

Guru dapat mengakses berbagai macam informasi dengan mudah, baik dengan mengunjungi perpustakaan, membeli buku, ataupun melalui internet.

Guru dapat mengunjungi perpustakaan yang terdapat di sekolah serta guru juga dapat mengunjungi perpustakaan yang terdapat di daerah ataupun perpustakaan nasional.

Untuk menambah bahan bacaan, guru dapat membeli buku di berbagai store buku yang terdapat di berbagai daerah ataupun di situs belanja online dari berbagai E-commerce.

Internet memberikan sambungan dan jangkauan yang sangat luas sehingga akses data dan informasi tidak terbatas waktu, tempat, dan negara. Dengan kata lain, kita dapat melakukan pencarian informasi melalui internet kapan saja dan dimana saja. Kita dapat memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.

Sekarang ini, untuk membaca buku juga tidak harus datang langsung ke perpustakaan. Di era yang semakin canggih seperti sekarang, terdapat banyak perpustakaan online. Di negeri ini sendiri, terdapat perpustakaan online nasional yaitu “Perpustakaan Online Republik Indonesia”. Perpustakaan ini merupakan perpustakaan online gratis yang dapat dengan mudah diakses melalui android. Di dalamnya terdapat berbagai macam koleksi buku dan jurnal ilmiah baik lokal maupun internasional.

  1. Gunakan Media Pembelajaran yang Menyenangkan

Definisi dari media adalah alat, sarana, perantara, dan penghubung untuk menyebar, membawa atau menyampaikan sesuatu pesan (message) dan gagasan kepada penerima.

Sedangkan dalam dunia pendidikan, media disebut dengan media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi saat proses kegiatan belajar mengajar sehingga dapat merangsang perhatian dan juga minat siswa untuk belajar.

Banyak sekali macam-macam media pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru. Berikut adalah macam-macam media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh guru saat mengajar:

a) Media Pembelajaran Audio

Media pembelajaran audio berkaitan dengan indera pendengaran.

Dilihat dari sifat pesan yang diterima, media audio dapat menyampaikan pesan verbal (bahasa lisan atau kata-kata) maupun non verbal (bunyi dan vokalisasi).

Media pembelajaran audio yang dapat digunakan oleh guru, seperti radio dan tape recorder.

b) Media Pembelajaran Visual

Media pembelajaran visual adalah media yang berkaitan dengan indera penglihatan. Media pembelajaran visual dibedakan menjadi dua macam, yaitu media visual diam dan media visual gerak.

  • Media Visual Diam

Untuk menarik minat belajar siswa, guru dapat menggunakan media visual yang menarik dan tidak terkesan membosankan, seperti menggunakan foto, grafik, bagan, poster dengan desai yang menarik, peta, dan lain-lain.

  • Media Visual Gerak

Saat mengajar, guru juga dapat menggunakan media visual gerak, seperti menayangkan film bisu.

c) Media Pembelajaran Audio Visual

Media pembelajaran audio visual merupakan media yang dapat menampilkan gambar dan suara. Ditinjau dari karakteristiknya, media audio visual dibedakan menjadi dua macam, yaitu media audio visual gerak dan media audio visual diam.

  • Media visual gerak

Saat mengajar, guru dapat menampilkan gambar bersuara ataupun film bersuara yang sesuai dengan tema pelajaran yang sedang dibahas. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian siswa dan mempermudah siswa untuk memahami materi yang diajarkan.

  • Media visual diam

Media visual diam dapat berupa TV diam, film rangkai bersuara, halaman bersuara.

  1. Pengembangan Bakat dan Minat Siswa

Peningkatan kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan guru mengarahkan peserta didik terhadap minat dan bakat yang dimiliki.

Setiap peserta didik memiliki bakat dan minat yang berbeda-beda. Ada peserta didik yang menonjol di bidang olahraga, ada juga yang menonjol di bidang akademik, ada juga peserta didik yang menonjol di bidang seni, dan ada pula peserta didik yang memiliki bakat lebih di satu bidang.

Peran guru sebagai seorang pendidik ialah untuk mendidik, mengajar, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Oleh karena itu, guru harus mampu mengidentifikasi bakat setiap peserta didiknya supaya dapat memberikan arahan dan juga membantu mengembangkannya sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki.

Dengan peserta didik memahami bakat yang dimiliki tentu dapat berpengaruh terhadap peningkatkan kualitas pendidikan Indonesia karena peserta didik merasa lebih kompeten apabila mendalami hal yang disukainya sehingga dapat menumbuhkan rasa semangat saat peserta didik mendalami hal yang disukai.

Dengan bakat yang dimiliki, peserta didik dapat mengikuti berbagai kompetisi baik di bidang akademik maupun non akademik di tingkat daerah atau nasional atau bahkan siswa dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Itulah berbagai macam hal yangmana dapat berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pendidikan Indonesia agar negeri ini dapat bersaing dengan negara-negara besar lain yang kualitas pendidikannya lebih maju.

 

Ditulis Oleh : Siti Mahsunah

Share :

Baca Juga

pentingnya mengenal karakter siswa

News

Mas Mentri Anjurkan Guru Menggunakan PMM Untuk Mudahkan Mengajar

Kesiswaan

Mengenal Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)

News

Peran Kepala Sekolah di Lembaga Pendidikan 

Edutainment

Media Podcast Untuk Pendidikan

News

Hore! Kemenag Serahkan SK 98.972 Inpassing Sebagai Kado Hari Guru

News

Diterima November! Berikut 6 Tunjangan yang Akan Diterima PNS pada November 2023

News

Mekanisme Seleksi Guru ASN PPPK Tahun 2022, Simak Informasinya

Media Mengajar

Mengenal Media Podcast untuk Pembelajaran