Home / Opini

Minggu, 19 Juni 2022 - 12:43 WIB

Manajemen Sekolah Efektif di Indonesia

Dibaca 2,201 kali

Sekolah Efektif – Tahu gak sih, temen-temen ? Bahwa sebagai suatu sistem kesatuan yang terdiri dari komponen-komponen yang saling berkaitan satu sama lain yang membentuk satu kesatuan yang utuh. Sedangkan sekolah itu sendiri terdiri dari beberapa komponen-komponen (input, proses dan output) yang saling berkaitan satu sama lain sehingga sekolah dapat dikatakan sebagai suatu sistem.

Apa sih Pengertian sekolah efektif itu? Sekolah Efektif yaitu sekolah yang memiliki sistem pengelolaan yang baik, transparan dan akuntabel, serta mampu memberdayakan setiap komponen penting sekolah, baik secara internal maupun eksternal, dalam rangka pencapaian visi-misi-tujuan sekolah secara efektif dan efisien.

Dari tema analisis sekolah efektif dalam perspektif mutu . Dapat dikatakan bahwa sekolah yang efektif adalah sekolah yang: Memiliki masukan siswa dengan potensi yang sesuai dengan tuntutan , dapat menyediakan layanan yang bermutu, Memiliki fasilitas sekolah yang menunjang efektivitas dan efesiensi kegiatan , dan  memiliki kemampuan menciptakan budaya sekolah Yang kondusif sebagai refleksi dari kepemimpinan profesional kepala Sekolah.

Kemudian juga ada empat karakteristik sekolah efektif, yaitu Kepemimpinan kepala sekolah kuat, harapan yang tinggi terhadap prestasi pelajar, menekankan pada ,  keteraturan dan atmosfer terkendali.

Ada empat komponen strategis dalam mencapai tujuan sekolah, yaitu: Komponen program. Program yang dimaksud yakni program yang terukur Dan realistis sesuai dengan dinamika regulasi dan tuntutan zaman, 2) figure, Yakni orang-orang dibalik program yang merupakan perancang sekaligus Pelaku program, 3) culture, yakni etos kerja dan komitmen terhadap tugas Pokok dan fungsinya, dan 4) budget, yakni berupa anggaran yang memadai Dan memungkinkan tercapainya tujuan.

Baca Juga:  Soal Pretest PPG Penjasorkes 2022 Sesuai Kisi-kisi dan Lengkap dengan Jawaban

Selain dari itu Suyanto (2006 : 180) menjelaskan bahwa usaha meningkatkan efektivitas sekolah juga dapat dilakukan dengan mengaplikasikan empat teknik, yaitu:

1) School review, Suatu Proses dimana seluruh komponen sekolah bekerja sama dengan orang tua dan ahli untuk mengevaluasi dan menilai efektivitas sekolah serta mutu lulusan yang akan menghasilkan kelebihan siswa, kelemahan dan rekomendasi untuk program ditahun mendatang

2) Benchmarking, yakni Suatu kegiatan untuk menetapkan standar dan target yang akan dicapai dalam suatu periode tertentu yang dapat di aplikasikan untuk individu, kelompok ataupun lembaga.

3) Quality assurance, merupakan teknik untuk menentukan bahwa proses pendidikan telah berlangsung sebagaimana seharusnya. Informasi yang akan dihasilkan menjadi umpan balik bagi sekolah dan memberikan jaminan bagi orang tua bahwa sekolah senantiasa memberikan pelayanan terbaik.

4) Quality control merupakan suatu sistem untuk mendeteksi terjadinya penyimpangan kualitas output yang tidak sesuai dengan standar. Quality Control memerlukan indicator kualitas yang jelas dan pasti sehingga dapat ditentukan penyimpangan kualitas yang terjadi.

Dengan memperhatikan berbagai macam aspek yang telah disampaikan, maka nantinya akan tercipta sekolah yang efektif dan mampu menjadi tempat yang nyaman bagi siswa untuk belajar serta menggali potensi dirinya agar apa saja yang tumbuh didalam dirinya mampu untuk dikembangkan sehingga dapat bermanfaat bagi kehidupan generasi muda didalam menghadapi tantangan yang ada dimasa mendatang.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai . Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(mey/esy)

Share :

Baca Juga

News

Kartu Prakerja Buka Pendaftaran Gelombang 46: Yuk Daftar!

Edutainment

Model-Model Teknik Diskusi Kelas

News

Perubahan UU SISDIKNAS

Opini

Tips Belajar Efektif untuk Siswa: Yuk Diterapkan!

Opini

Evolusi Kurikulum Pendidikan: Orientasi Belajar, Pergeseran Cita-Cita, dan Kemajuan Teknologi

Edutainment

7 Hal Penting Project Based Learning

News

Soal Pretest PPG Penjasorkes 2022 Sesuai Kisi-kisi dan Lengkap dengan Jawaban

News

Sulit Mempelajari Kurikulum Merdeka? Berikut 4 Cara Mudah Mempelajari Kurikulum Merdeka di Platform Merdeka Mengajar
Download Sertifikat Pendidikan Gratis