Home / News / PPG

Minggu, 3 Desember 2023 - 18:59 WIB

Minat Ikut PPG Prajabatan? Berikut Tujuan Prajabatan PPG

Dibaca 2,006 kali

Apakah Anda seorang lulusan S1 atau D4 yang memiliki bakat dan minat untuk menjadi guru? Jika ya, maka Anda perlu mengetahui prajabatan PPG. Program merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan sertifikat pendidik profesional. Lalu, taukah Anda apa tujuan prajabatan PPG ini? Bagaimana cara mengikutinya? Dan apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari program ini?

Nah untuk menjadi guru yang profesional dan berkualitas tentu.

Cara Mengikuti Prajabatan PPG

Setelah mengetahui menjawab beberapa pertanyaan tersebut Anda bisa menyimak ulasan di bawah ini. Di antaranya adalah:

Tujuan Prajabatan PPG

Tujuan prajabatan PPG yang utama adalah untuk menghasilkan guru profesional yang beradab, berilmu, adaptif, kreatif, inovatif, dan kompetitif serta berkontribusi terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia. Program ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas guru yang memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, dan sertifikat pendidik.

Sebagaimana yang terkandung dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 mengenai Guru dan Dosen. Selain itu, program ini juga di maksudkan untuk memberikan kesempatan bagi lulusan S1 atau D4, baik dari jurusan kependidikan maupun non kependidikan, untuk mengembangkan potensi dan minat mereka .

Tujuan prajabatan PPG kini saatnya Anda untuk menggetahui cara mengikuti prajabatan PPG sendiri. Untuk mengikuti program PPG Prajabatan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peserta, yaitu:

  • Memiliki ijazah S1 atau D4 dari program studi yang linier dengan mata pelajaran yang akan diajarkan, atau memiliki ijazah S1 atau D4 dari program studi nonkependidikan yang memiliki nilai akreditasi minimal B dan memiliki nilai IPK minimal 2,751
  • Memiliki nilai tes potensi akademik (TPA) minimal 450 dan nilai tes bahasa Inggris (TOEFL) minimal 4501
  • Memiliki surat keterangan tidak pernah terlibat narkoba atau psikotropika dari kepolisian
  • Memiliki surat pernyataan bersedia mengikuti seluruh kegiatan PPG Prajabatan dan tidak sedang mengikuti program pendidikan lain
  • Memiliki surat pernyataan bersedia mengabdi sebagai guru minimal 5 tahun setelah lulus PPG Prajabatan.

Yuk ikut pelatihan bersertifikat 46JP dengan judul “Teknik dan Strategi Asesmen P5″ fasilitas lengkap seperti materi pelatihan, e-sertifikat 46JP, full suport dari tim instruktur dan laporan pengembangan diri. Daftar Sekarang di link berikut https://online.e-guru.id/aff/40180/2861/checkout dapatkan diklat serta BONUS Template Raport P5 Siap pakai Mau dibantu daftar? http://wa.me/6281904722773 atau 0819-0472-2773 (Admin Nana)

Jika sudah memenuhi persyaratan di atas, calon peserta dapat mendaftar secara online melalui laman SIM PKB PPG, yang merupakan aplikasi induk dalam manajemen pengembangan keprofesian dan keberlanjutan. Calon peserta harus mengisi data diri, data akademik, data prestasi, dan data lainnya yang diminta oleh sistem. Calon peserta juga diwajibkan untuk mengunggah dokumen yang di perlukan.

Contohnya seperti ijazah, transkrip nilai, sertifikat TPA dan TOEFL, surat keterangan sehat, surat keterangan bebas narkoba, dan surat pernyataan. Setelah mendaftar, calon peserta akan mendapatkan nomor registrasi dan kartu peserta, yang harus dicetak dan dibawa saat mengikuti seleksi.

Jika dinyatakan lulus seleksi, calon peserta akan mendapatkan surat tugas untuk mengikuti program PPG Prajabatan di salah satu lembaga penyelenggara pendidikan tinggi (LPTK) yang ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Program ini berlangsung selama satu tahun, yang terdiri dari dua semester.

Semester pertama berisi kegiatan pembelajaran tatap muka, praktikum, dan penulisan karya ilmiah. Semester kedua berisi kegiatan pembelajaran jarak jauh, praktik mengajar, dan ujian kompetensi. Peserta yang lulus ujian kompetensi akan mendapatkan sertifikat pendidik profesional, yang merupakan syarat untuk menjadi guru di Indonesia.

Yuk ikut pelatihan bersertifikat 46JP dengan judul “Membangun Kelas Masa Depan Melalui Teknologi dan Media Ajar dengan Bantuan AI” fasilitas lengkap seperti materi pelatihan, e-sertifikat 46JP, full suport dari tim instruktur dan laporan pengembangan diri. Daftar Sekarang di link berikut https://online.e-guru.id/aff/40180/2863/checkout dapatkan diklat serta BONUS Kurikulum Komplit Mau dibantu daftar? http://wa.me/6281904722773 atau 0819-0472-2773 (Admin Nana)

Halaman Selanjutnya

Manfaat Mengikuti PPG Prajabatan…

Share :

Baca Juga

News

Kabar Baik! Lulusan PPG Prajabatan Disiapkan Jadi ASN PPPK 2024

Karya Inovatif

Materi hari pertama Diklat 35JP: Menulis Artikel Populer

News

Hal Pokok dalam Konsep Merdeka Belajar

News

Teracam Digeser! Contoh Penggeseran Guru Induk dan Kriteria Guru Induk yang Tergeser Pada Penempatan PPPK Guru

News

Hari Ini Pengumuman, Segera Cek Hasil Tes Substantif PPG Prajabatan 2023

News

Wajib Tahu! 3 Jalur Pendaftaran PPPK Guru 2023

News

Seleksi Obeservasi Untuk PPPK 2023 Bakal Ditiadakan
program p5

News

Berikut 6 Kriteria Siswa Penerima PIP 2023 Tahap 2