Home / News

Sabtu, 19 Februari 2022 - 15:47 WIB

Pembaruan Baru Pada Aplikasi Dapodik

Dibaca 623 kali

Dapodik – Dapodik merupakan sebuah sistem pendataan yang dikelola langsung oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaaan yang isinya itu berupa data satuan pendidikan, , , hingga tenaga kependidikan. Selain itu substansi pendidikan yang datanya dari satuan pendidikan akan terus diperbarui secara berkala dan dilakukan dengan cara online. Hal ini dilakukan demi memudahkan sebuah pendataan satuan pendidikan di seluruh Indonesia menjadi lebih baik dan terdata dengan rapi.

Pembaruan baru pada aplikasi Dapodik (Data Pokok Pendidikan) ini bermula dari tindak lanjut dan fitur baru lainnya pada rapor khusus pada sekolah penggerak. Pembaruan ini dilakukan karena memang jika terus mempertahankan versi sebelumnya maka akan menganggu kelancaran jalannya aplikasi tersebut pada tahun ajaran 2021-2022. Selain itu memang setiap semester memang ada yang namanya pembaruan data rutin. Maka dari itu sekaligus untuk melakukan pembaruan data maka sebelum itu sekarang harus melakukan pembaruan aplikasinya terlebih dahulu.

Jadi dengan adanya perubahan ini maka aplikasi Dapodik pun mendapatkan pembaruan agar lebih mutakhir lagi untuk mengakses data dengan versi 2022.c. Perbaikan dan penambahan yang paling signifikan itu terdapat pada jenjang pendidikan khusus dan . Hal ini karena kurikulum baru untuk sekolah penggerak memang menambahkan kedua jenjang tersebut. Jadi untuk kedepannya agr lebih mudah lagi ketika melakuka penginputan data lainnya juga maka semuanya turut diperbarui lagi.

Baca Juga: Dupak Guru

4 Pembaruan Pada Aplikasi Dapodik 2022.C

4 pembaruan tersebut itu terdiri dari 2 pembaruan dan 2 perbaikan, jadi total ada 4 hal yang baru dalam aplikasi Dapodik 2022.c, berikut rinciannya:

  1. Perbaruan terakomodirnya kurikulum sekolah penggerak untuk jenjang SLB () atau sekolah khusus dan TK (Taman Kanak-kanak). Hal ini karena memang sebelumnya belum ada sistem yang mengakomodir SLB dan TK. Maka dari itu ketika kurikulum baru sekolah penggeran ada 2 aspek ini maka aplikasi Dapodik pun turut di perbarui demi memudahkan penginputan data kedepannya.
  2. Lalu perbaruan kedua itu adanya fitur baru untuk cetak rapor satuan pendidikan yang mengadakan kurikulum sekolah penggerak. Jadi mungkin pada versi sebelumnya dalam aplikasi Dapodik belum tersedia cetak rapor, dan sekarang lebih dilengkapi lagi untuk kenyamanan dalam menggunakan aplikasi. Jadi para operator selain bisa melakukan pekerjaannya dalam aplikasi Dapodik, selain itu kelebihan lainnya itu sekarang bisa langsung mencetak rapor.
  3. Untuk perubahan selanjutnya ini bukan lagi perbaruan tetapi perbaikan. Jadi perbaikan yang dilakukan itu merupakan bugs fixing untuk menyimpang isian formulir sekolah. Hal ini dilakukan agar nanti pengguna bisa lebih nyaman dan datanya bisa tersimpan dengan baik. Jika mungkin sebelumnya seringkali terjadi masalah ketika menyimpan data tiba-tiba tidak tersimpan atau mengulang lagi dari awal, maka sekarang
  4. Selanjutnya perubahan yang terakhir itu merupakan perbaikan pada penyesuaian validasi untuk pengecekan yayasan pada sekolah swasta. Jadi sekarang kolom untuk sekolah swasta bisa lebih sesuai dan optimal.

Sinkronisasi SIMPKB dengan Dapodik

Sinkronisasi SIMPKB (Sistem Informasi Manajemen untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) seringkali tidak update di Dapodik. Ada dua kemungkinan terkait tidak update dengan Dapodik. Pertama akun SIMPKB tidak tersinkronisasi dengan Dapodik. Lalu yang kedua memang belum di sinkronkan. Tetapi solusinya tinggal pastikan saja bahwa akun SIMPKB ini sudah terkoneksi.

Tetapi jika akun sudah terkoneksi namun belum kunjung sinkron maka pastikan anda sudah melakuka update data pada aplikasinya dan sudah menerima validitas dari pusat. Selanjutnya anda hanya tingga menunggu 2×24 jam untuk sinkonisasi data agar nantinya bisa sesuai dengan aplikasi. 2×24 jam itu artinya 2 hari penuh. Jika masih satu hari datanya belum berubah maka jangan dulu lapor, anda tunggu saja dahulu hingga waktu selama 2×24 jam itu selesai.

Baca Juga:  Semua Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Bersiap untuk Kurikulum Baru Pengganti Kurikulum Merdeka

Cara untuk bisa mengetahui akun SIMPKB anda sudah terkoneksi dengan aplikasi itu mudah. Langkah pertama tinggal masuk saja langsung ke https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/ . Lalu setelah itu langsung klik tombol pencarian data GTK. Setelah itu masukan nama lengkap anda atau nomor UKG. Jika akun anda sudah terkoneksi maka nanti akan ada status yang menunjukannya, begitupun sebaliknya.

Tetapi jika data anda ternyata tidak terkoneksi maka yang harus anda lakukan adalah melapornya segera. Pelaporannya ini ditujukan ke operator SIMPKB Dinas Kota/Kab/Provinsi yang menaungi wilayah anda untuk segera melakukan remap data. Tetapi remap data ini dilakukan oleh tim pengembang SIMPKB pusat dengan tembusan dari operator daerah tadi. Maka dari itu waktu untuk mengubahnya memang cukup lama sampai 2×24 jam.

Baca Juga: Cara Pendaftaran Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2022

Cara Pembaruan Data Pada Aplikasi Dapodik Terbaru

Pada dasarnya memang awal semester merupakan waktu yang biasa untuk terjadinya perbaruan terhadap aplikasi Dapodik. Jadi untuk seluruh operator dalam satuan pendidikannya masing-masing pasti harus melakukan pembaruan data pada aplikasinya. Apalagi sekarang memang aplikasi Dapodiknya di perbarui menjadi versi 2022.c.

Kondisi ini merupakan amanita dari Permendikbud No 79 Tahun 2015 tentang data pokok pendidikan yang mana sekolah itu wajib melakukan pemutahiran data secara berkala setidaknya 1 kali dalam setiap semester. ini memang sudah biasa dilakukan, lalu sekarang ada tambahan lagi untuk tugas operator, yaitu memperbarua aplikasi Dapodiknya,

Berikut cara untuk memperbarui aplikasi Dapodik ke versi 2022.c:

  1. Anda unduh installer Dapodik 2022.c pada https://dapo.kemdikbud.go.id/unduhan
  2. Setelah itu silakan ikuti petunjuknya dan unduh patchnya terlebih dahulu, lalu install di perangkat anda atau perangkat sekolah yang biasa digunakan untuk perbaruan data.
  3. Langkah selanjutnya itu anda langsung registrasi dengan kode yang sudah dimiliki oleh masing-masing operator, dan setelah itu baru bisa login ke aplikasi Dapodik yang terbaru dengan versi 2022.c.
  4. Harap dipastikan memiliki 2021/2022 semester genap sebelum masuk dan melakukan pembaruan data.

Pembaruan yang sedang di sosialisasikan ini memang wajib dilakukan karena pendataan pendidikan secara nasional harus bisa di perbarui juga. Hal ini menjadi penentu arah kebijakan pembangunan pendidikan untuk kedepannya. Selain itu dengan adanya perbaruan data ini juga nantinya menentukan jumlah dana biaya operasional sekolah. Jadi bayangkan jika perbaruan datanya tidak dilakukan, maka imbasnya akan jauh lebih luas lagi.

Jadi hal ini harap diperhatikan oleh setiap sekolah agar bisa melakukan pembaruan pada aplikasi Dapodiknya. Selain itu juga data yang sudah ada perlu di perbarui lagi. Hal ini sifatnya wajib. Jadi setiap sekolah ini perlu melakukannya tanpa terkecuali. Jika ada yang tidak melakukan pembaruan maka efeknya akan jauh lebih rumit lagi terkait data bahkan untuk dana operasionalpun bisa jadi terhambat.

Aplikasi Dapodik versi 2022.c terbaru ini merupakan sebuah kemudahan yang pasti bisa membantu para operator di setiap sekolah. Kemudahan yang didapatkan itu tentu saja salah satunya adalah ketika memasukkan data satuan sekolah di setiap semesternya.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-.id!

 

Penulis: Vikri Februansyah

Share :

Baca Juga

News

Cek Fakta! Pencairan Tunjangan Sertifikasi Guru Daerah Wajib Lampirkan  Sertifikat PMM

News

Berita Baik! Pemprov Jateng Hadirkan Sekolah Inklusi bagi Difabel

Kesiswaan

Asesmen Nasional / Kompetensi Minimal (AKM)

News

Penting! Tugas Tambahan Baru Yang Diakui Untuk TPG 2024/2025

News

15 Instansi Mulai Terapkan Skema Single Salary, Cek Instansi Anda

Kesiswaan

Begini Mekanisme Penyelenggaraan Sekolah Inklusi di Indonesia
Kemenkeu- Sri Mulyani

News

Kabar Gembira, Berikut Jadwal Pencairan Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan 1,2,3 Dan 4 Tahun 2024

News

Siap-Siap, Berikut Cara Inpassing untuk Guru Bukan Pegawai Negeri
Download Sertifikat Pendidikan Gratis