Home / Kompetensi Guru

Rabu, 4 Januari 2023 - 21:12 WIB

7 Peran Guru dalam Pembelajaran di Sekolah, Apa Saja?

Dibaca 1,845 kali

Guru adalah sosok yang mulia karena berjasa dalam mendidik siswa dan membagi ilmunya melalui proses pembelajaran. Peran guru dalam pembelajaran sangatlah penting. 

Pasalnya, proses pembelajaran tidak hanya menitikberatkan pada transfer of knowledge, akan tetapi juga transfer of value. Tugas dan peran guru memang cukup berat. 

Para pendidik ini harus memastikan siswanya berpengetahuan dan bermoral. Dengan demikian guru menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran siswa. Selain itu, masih ada beberapa peran guru yang penting untuk mensukseskan pendidikan. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Peran Guru dalam Pembelajaran di Sekolah

1. Edukator

Sudah menjadi tugas umum seorang guru sebagai edukator yang mendidik para siswanya. Bukan hanya mengajarkan materi pembelajaran saja, guru juga berperan untuk melatih keterampilan, sikap dan mental anak didik.

Sebagai edukator, guru harus terus meningkatkan kompetensinya. Untuk menambah wawasan, guru bisa mengakses platform pembelajaran seperti e-Guru.id, GuruJuara.com, atau Diklat.co.

2. Informator

Peran guru sebagai informator adalah guru menjadi sumber informasi kegiatan akademik maupun umum. Jika ada siswa yang bertanya meskipun di luar materi pelajaran, guru harus siap menjawab. 

Maka dari itu, guru harus memperbanyak wawasan berkaitan dengan keilmuannya serta up to date informasi terkini. Guru juga berkoordinasi menginformasikan perkembangan tiap siswa pada wali murid.

3. Fasilitator

Sebagai fasilitator, guru memberikan fasilitas atau kemudahan dalam proses belajar-mengajar. Misalnya dengan meluangkan waktu untuk berdiskusi, memberikan berbagai sumber belajar, dan lain-lain. Guru-guru harus bisa memaksimalkan siswanya dengan mengadakan jam tambahan khusus untuk persiapan ujian akhir dan diatur sedemikian rupa.

Halaman Selanjutnya

4. Organisator

Share :

Baca Juga

Edutainment

5 Aplikasi Pembuatan Sistem Ujian Sekolah Otomatis

Kompetensi Guru

PPG Daljab Tahap 2 Tahun 2023 Resmi Tolak Guru Kategori A, Begini Penjelasan Lengkapnya?

Edutainment

Inovasi Pembelajaran Dengan Teknologi Dalam Merdeka Belajar

Kompetensi Guru

Microsoft Excel akan Mempermudah Kinerja Guru dalam Penilaian

Kompetensi Guru

5 Peran Guru BK di Sekolah yang Penting untuk Diketahui

Edutainment

Contoh Mengisi Formulir Refleksi Tindak Lanjut Obervasi Kelas Dokumen Refleksi Tindak Lanjut Di PMM

Kompetensi Guru

Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Public Speaking untuk Menunjang Pembelajaran di Sekolah

Kompetensi Guru

Menyiapkan Ekosistem Satuan Pendidikan Untuk Mensukseskan Implementasi Projek P5