Home / PPG

Kamis, 24 Februari 2022 - 14:53 WIB

Persiapkan Diri Mengikuti PPG 2022 dengan Latihan Soal UP PPG 2022

Dibaca 2,978 kali

Soal UP PPG 2022 – PPG (Pendidikan Profesi Guru) untuk tahun 2022 sudah resmi dibuka. Untuk Anda yang ingin mendaftar ada baiknya untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin salah satunya adalah dengan mengerjakan latihan soal UP PPG 2022.

PPG sendiri merupakan suatu program yang dicanangkan oleh pemerintah dalam rangka mempersiapkan para sarjana pendidikan yang ingin menjadi guru yang profesional. Di samping itu, PPG juga disyaratkan bagi seorang guru PNS yang ingin mendapatkan sertifikasi dengan kompetensi yang berstandar international.

Oleh sebab itu, program PPG ini dibedakan menjadi PPG Pra Jabatan (khusus untuk lulusan S1) dan PPG Dalam Jabatan (untuk para guru PNS). Tujuan dan manfaat dari PPG sangatlah baik dalam menunjang profesionalitas seorang tenaga pendidik di masing-masing satuan pendidikan. Oleh karena itu, pemerintah melalui Kemendikbudristek sangat gencar untuk menyosialisasikan PPG ini.

Tujuan Pelaksanaan PPG bagi Guru

Penyelenggaran PPG bagi guru memiliki tujuan strategis. Sebab pelaksanaan PPG adalah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Pasal 3. Dalam undang-undang tersebut dijelaskan bahwa calon guru akan memiliki keahlian dan kemampuan dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Di samping itu, tujuan dari PPG yang tercantum pada Permendiknas No 8 Tahun 2009 Pasal 2 adalah meliputi:

  1. Tenaga pendidik agar mampu untuk melakukan penelitian (research) dan mengembangkan profesionalitansnya sebagai seorang guru secara berkelanjutan.
  2. Menghasilkan calon guru yang mempunyai kompetensi ungul dalam merencanakan,  melaksanakan, dan melakukan penilaian terhadap sebuah pembelajaran.
  3. Menindaklanjuti hasil penilaian melalui pembimbingan dan pelatihan peserta didik.

Keuntungan dan Manfaat Guru Mengikuti PPG

Alasan pemerintah mendorong para calon guru dan guru PNS untuk dapat mengikuti PPG bukanlah semata-mata sebagai program tahunan. Namun lebih dari itu, program PPG ini memang dapat membawa berbagai keuntungan dan manfaat. Berikut ini adalah uraian manfaat dan keuntungan dari mengikuti PPG:

  1. Memberikan keuntungan berupa peningkatan profesionalisme yang dibuktikan dengan sertifikat yang diakui secara nasional. Dengan demikian kompetensi Anda sebagai seorang guru tidak akan diragukan lagi.
  2. Mendapatkan peningkatan kompetensi karena PPG memberikan kesempatan bagi guru atau calon guru untuk lebih meningkatkan kapasitas diri.
  3. Mendapatkan peluang yang lebih besar untuk dapat menjadi PNS.
  4. Mendapatkan peluang kerja yang lebih luas, sebab sertifikat PPG bisa digunakan untu mengajar di SILN (Sekolah Indonesia Luar Negeri)

Nah, setelah mengetahui apa itu PPG, apa saja tujuan, keuntungan dan manfaatnya, jangan lupa juga untuk berlatih soal UP PPG 2022.

Contoh Soal UP PPG

Berikut ini adalah beberapa contoh soal UP PPG yang dapat Anda gunakan sebagai bahan untuk berlatih. Silakan disimak!

Soal 1

Perkembangan anak pada tahap ini ditandai dengan kemampuan bahasa yang mulai berkembang, pemikiran yang masih statis dan belum mampu untuk dapat berfikir abstrak. Kemudian anak memiliki kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas. Tahap ini disebut dengan …

A. Tahap sensorimotorik

B. Tahap praoperasional

C. Tahap operasional konkrit

D. Tahap operasional konkrit

Soal 2

Untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik, seorang guru dapat melakukan …

A. Pengayaan materi

B. Refleksi

C. Post Test

D. Pre Test

Soal 3

Berkaitan dengan kompetensi pedagogik guru yang mengusai teori dan prinsip pembelajaran yang edukatif, maka seorang guru dalam mengajar harus senantiasa …

A. Melaksanakan Proses Pembelajaran sesuai jadwal

B. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu

C. Menggunakan strategi pembelajaran

D. Hanya menggunakan teknik pembelajaran

Soal 4

Proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik di dalam Kurikulum 2013 berarti bahwa …

Baca Juga:  Kebutuhan Formasi PPPK Guru Tahun 2022, Simak Informasinya

A. Kurikulum harus mengandung hal-hal baru yang dapat membantu siswa untuk mengembangkan potensi diri yang dimilikinya

B. Kurikulum harus mampu menyeleksi nilai dan budaya. Sehingga peserta didik mampu membedakan budaya asing dan budaya asli Indonesia

C. Pembelajaran yang mendorong siswa lebih mampu dalam mengamati, aktif bertanya, berpikir kritis, mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikannya

D. Mengembangkan Kompetensi Dasar (KD) yang berprinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran

Soal 5

Model pembelajaran yang cocok dengan mata pelajaran matematika adalah….

A. Model Inquiry Learning

B. Model Discovery Learning

C. Model Problem Based Learning

D. Model Project Based Learning

Soal 6

(Di samping soal yang langsung membahas tentang pengetahuan seorang guru dalam mengajar, Anda juga akan mendapat soal yang berkaitan dengan Pancasila seperti berikut ini)

Hal yang mengandung makna Pancasila sebagai kaidah dasar Negara bersifat…….

A. jujur dan adil

B. mengikat dan memaksa

C. sementara dan selamanya

D. sebenarnya dan sejujunya

Soal 7

(Di samping hal-hal yang berkaitan dengan kompetensi seorang guru dalam mengajar, Anda juga akan mendapatkan soal logika matematika sebagai berikut)

Jika roda pertama berputar 3 kali, dan roda kedua berputar 9 kali, berapakalikah roda kedua akan berputar jika roda pertama berputar 10 kali?

A. 30

B. 21

C. 27

D. 18

Soal 8

Harga 2 koper dan 5 tas adalah Rp 600.000,00, sedangkan harga 3 koper dan 2 tas adalah Rp 570.000,00. Harga sebuah koper dan tas adalah …

A. Rp 240.000,00

B. Rp 270.000,00

C. Rp 330.000,00

D. Rp 390.000,00

Soal 9

Data nilai siswa kelas VI berturut turut adalah 8, 7, 6, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 7. Dari data tersebut berapakah mediannya?

A. 8

B. 7,5

C. 7

D. 6,5

Soal 10

(Soal mengenai penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar juga menjadi muatan dalam UP PPG)

Penggunaan huruf kapital di bawah ini yang benar adalah….

A. “kapan bapak berangkat?” tanya dirman

B. Presiden jokowi berkunjung ke blora.

C. Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma

D. teluk bone sungguh indah dan mengagumkan.

Tips Mengerjakan Soal UP PPG 2022

Ketika Anda hendak mengerjakan soal Uji Pengetahuan (UP) PPG ada beberapa tips yang perlu untuk diperhatikan agar Anda berhasil. Silakan simak beberapa tips berikut:

  • Dalam soal UP PPG terdapat soal profesional, kepribadian, sosial dan pendagogik, bahkan logika matematika. Masing-masing soal memiliki bobotnya tersendiri. Dalam hal ini pastikan bahwa Anda mengerjakan soal secara merata, sehingga tidak berat di salah satu bobot saja yang menjadikan Anda terkesan kurang kompeten.
  • Tips berikutnya adalah ketika menjawab soal kompetensi kepribadian dan sosial. Ketika menjawab soal ini, selain Anda harus jujur Anda juga perlu memikirkan versi terbaik dari diri Anda. Karena itulah yang akan menjadi jawaban paling bijaksana dan mendongkrak poin soal PPG.
  • Tips berikutnya adalah dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin. Pastikan bahwa Anda menyisihkan waktu yang cukup untuk belajar sebelum hari H. Sehingga di hari H Anda akan lebih siap menghadapi ujian.

Demikianlah artikel mengenai soal UP PPG 2022, semoga bermanfaat untuk Anda!

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Share :

Baca Juga

News

Penting Untuk Guru Non Sertifikasi, Batas Hanya Sampai Besok Segera Cek!

News

Guru Wajib Tahu! 4 Tanggal Penting Ini Setelah Pengumuman Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan Tahun 2022

PPG

Capaian Pembelajaran Mahasiswa PPG Tahun 2022

News

Perlu Guru Ketahui ini Dia Hal yang Menyebabkan Guru Gagal Sertifikasi

News

Capaian Pembelajaran dan Beban Belajar Mahasiswa PPG Daljab Tahun 2022

News

Ayo Segera! Mutakhirkan Data Calon Peserta PPG Dalam Jabatan 2022 Tahap 2. Ini Yang Harus di Siapkan

PPG

Cara dan Syarat Mengikuti Seleksi Asesor PPG

News

Inilah Daftar 75 Universitas (LPTK) Penyelenggara PPG Tahun 2022
Download Sertifikat Pendidikan Gratis