Home / News

Jumat, 8 Juli 2022 - 01:46 WIB

Prinsip Penyelenggaraan Program Percepatan Belajardi Sekolah

Dibaca 606 kali

Program Percepatan Belajar – Idealnya, pendidikan akan berjalan sempurna apabila terdapat sinergitas antara peserta didik, guru, tenaga kependidikan, dan kebijakan pendidikan. Kebijakan pendidikan biasanya meliputi program dana BOS, kurikulum, sistem akreditasi bahkan juga terkait sistem maupun program percepatan belajar.

Program percepatan belajar merupakan salah satu usaha pemerintah dalam mewujudkan generasi unggul berprestasi di negeri untuk selangkah lebih maju dan kembali memberikan kontribusi bagi negeri. Biasanya program ini disebut juga dengan program akselerasi.

Di beberapa satuan pendidikan tertentu, program akselerasi sudah mulai digalakkan. Hal ini bertujuan untuk menjadikan para peserta didik dapat mengembangkan potensi dan mengekspresikan bakat mereka. Bukan berarti percepatan belajar dinilai sebagai ajang untuk pamer intelektualitas, tapi hal tersebut dilakukan agar para peserta didik dapat lebih bisa mewujudkan potensinya.

Prinsip Program Percepatan Belajar

Dalam pelaksanaannya, tentu ada beberapa prinsip yang harus diketahui. Adapun di antaranya yakni :

Pertama, program akselerasi harus didefinisikan sebagai implikasi dari perwujudan dan harus melibatkan keseluruhan tubuh dan pikiran. Selain itu penting untuk menghadirkan adanya penegasan bahwa aktivitas belajar bukan hanya sekedar penggunaan otak namun juga menghadirkan segenap pemikiran, gestur, indra maupun emosi bahkan sistem saraf dalam tubuh. Proses pembelajaran juga membutuhkan adanya upaya dalam mengkreasikan sesuatu. Sebagai hasil, maka peserta didik akan mempelajari mengenai suatu topik, bukan hanya sekedar mendapat materi dan mengkonsumsinya saja.

Kedua, guru dan peserta didik serta lingkungan terkait harus memahami bahwa pendidikan bukan sekedar dikonsumsi oleh peserta didik saja namun mereka harus menerapkannya dalam kehidupan sehari – hari. Pembelajaran yang diadakan dalam program akselerasi pun perlu diimplementasikan pada berbagai tingkatan level dengan rangsangan sehingga tidak sekedar berpatokan pada ilmu saja namun karena ada faktor untuk mempelajari hal yang baru.

Ketiga, sangat penting bagi peserta didik dan guru untuk senantiasa termotivasi dan meningkatkan semangat belajar dalam diri. Guru memang memiliki peranan penting dalam hal ini. Apalagi dalam program akselerasi biasanya materi akan bertambah padat sebab jarak sekolah hanya selama dua tahun.

 Filosofi Program Percepatan Belajar

Hadirnya program percepatan belajar merupakan sebuah upaya positif pemerintah untuk peserta didik yang memiliki potensi dan bakat diatas rata – rata. Tentu saja program ini tak akan dipaksakan pada peserta didik dengan kemampuan standar ataupun lambat.

Sebab hanya akan menjadikan mereka merasa terbebani dan tidak bisa mencapai target. Maka dari itu, satuan pendidikan tertentu akan membuat seleksi tertentu bagi peserta didik yang ingin memasuki program akselerasi.

Nah, demikian ulasan mengenai program percepatan belajar dan makna di balik program tersebut.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

News

Mulai PPDB 2024, Syarat Masuk SD Tidak Ada Tes Calistung

News

Cara Daftar Program Inpassing Untuk Guru GBPNS

News

Simak Cara Daftar Bantuan Pendidikan Islam dari Kemenag

Edutainment

Simak! Perjelasan Puslapdik terkait Pendaftaran Program KIP-K

News

Ini Penyebab Tunjangan Profesi Guru Tidak Cair, Simak Penjelasan Puslapdik

News

Ingat & Catat! Jadwal Resmi Kenaikan Pangkat PNS Dari BKN 2023/2024

News

Resmi! BKN Umumkan Jadwal Pendaftaran Seleksi CPNS 2023

News

Jangan Salah! Pahami Perbedaan Kategori A dan B pada SIMPKB untuk PPG Daljab 2024