Home / News

Senin, 14 November 2022 - 12:18 WIB

Rencana Kemenpan-RB Menghapus Honorer dari Instansi Tahun 2023

Dibaca 552 kali

Menghapus Honorer – Wacana penghapusan tenaga honorer di beberapa instansi tahun depan sepertinya bakal segera terjadi. Adapun kementrian yang akan menghapus honorer adalah Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negar dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Lewat surat edaran Mentri Pendaya Gunaan Aparatur Negara dan Refomasi Birokrasi No. B/1511/M.SM.01.00/2022, Mentri terkait melaksanakan pendataan tenaga non ASN di lingkungan instasnsi pemeritntahan.

Secara umum disetip instansi pemerintahan tedapat dua jenis kategori tenaga honorer. Pertama, yaitu tenaga honorer yang telah terdaftar pada database BKN. Kedua, yaitu pegawai honoere yang telah bekerja pada instansi pemerintahan.

Dari beberapa kategori tenaga non ASN tersebut salah satunya ada yang tidak bisa dicatatkan dalam pendataan. Secara spesifik tenaga honorer tersebut yakni satpam, pengemudi, petugas kebersihan dan lain sebagainya yang bekerja dengan sistem outsouching.

Per 31 Mei 2022 kemarin memang Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah menerbitkan Surat Mentri yang mengatur status kepegawaian di lingkungan instansi pemerintahan pusat dan daerah. Lewat suat bernomo B/165/M.SM.02.03/2022 tersebut Mentri menginstruksikan penghapusn tenaga honorer.

Surat tersebut mengandung klausul yang mengarahkan Badan Layanan Umum (BLD) dan pegawi dengan masa kerja kurang dari satu tahun di lingkungan instansi pemerintahan turut dihapuskan.

Halaman Selanjutnya

Instruksi penting yang ada pada SE B/165/M.SM.02.03/2022

Share :

Baca Juga

News

Mulai Maret 2024 Kurikulum Merdeka Diganti Kurikulum Nasional? Simak Penjelasannya

News

Segera Cek Rekening! Rapel Kenaikan Gaji PNS Sudah Mulai Dicairkan

News

MenPAN RB Sudah Siapkan 700.000 Formasi Untuk PPPK 2023, Simak Selengkapnya!

News

Pengumuman! Ini Tanggal Resmi Pencairan Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan 3 2023

News

Guru PAI non-PNS dan non-PPPK yang Tak Dapat THR di Tahun 2024! Kenapa?

News

Ayo Daftar Guru Penggerak, Kriteria Guru dan Kepala Sekolah ini Pasti Bisa Ikut

News

Pengangkatan Guru PPPK menjadi PNS Akan Dilaksanakan Akhir Tahun, Dengan Syarat Persiapkan Ini…

News

Cek Hasil Seleksi Akademik PPG Daljab 2023 Disini