Home / Edutainment / Media Mengajar

Selasa, 22 Maret 2022 - 10:10 WIB

RPP Literasi dan Numerasi serta Cara Membuatnya

Dibaca 2,735 kali

RPP Literasi dan Numerasi – Arahan Presiden dan Wakil Presiden agar meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), maka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makariem menetapkan program “Merdeka Belajar”. Terdiri atas Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Nasional (UN), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi.

Aturan UN pun diubah menjadi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Lingkungan Belajar dan Survei Karakter, yang mencakup kemampuan membaca (literasi), matematika (numerasi), dan Pendidikan karakter.

Perkembangan zaman sekarang ini sangat pesat sekali. Tidak hanya teknologi saja yang mengalami perubahan, di dalam lingkungan Pendidikan pun banyak sekali perubahan yang terjadi. Contoh kecilnya saja pada kurikulum yang digunakan satuan Pendidikan di Indonesia ini.

Kurikulum yang digunakan sudah mengalami perubahan berkali-kali yang pada intinya mencapai tujuan pembelajaran yang sama. Kurikulum berubah, maka secara tidak langsung pun RPP yang digunakan oleh guru pun ikut berubah.

Dari mulai RPP yang punya halaman banyak, RPP satu lembar, sampai pada sekarang yang akan digunakan itu adalah RPP Literasi dan Numerasi.

Baca Juga: Download Kisi-kisi dan Latihan Soal Lengkap! Ujian Pretest PPG Daljab Tahun 2022

Pengertian RPP Literasi dan Numerasi

Literasi dan numerasi adalah satu kesatuan kompetensi yang mendasar. Literasi dan numerasi berkaitan dengan kemampuan berpikir dengan bahasa maupun matematika diperlukan berbagai macam konteks.

Literasi artinya anda mampu menganalisis suatu materi atau bacaan bukan sekedar Anda membaca bacaan saja tanpa tahu maksudnya, sedangkan numerasi adalah Anda mampu menggunakan angka.

Prinsip Literasi dan Numerasi

Terdapat beberapa prisip yang ada di literasi dan numerasi, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Bersifat kontekstual, yang artinya sesuai dengan kondisi sekitar.
  2. Sesuai dengan cakupan materi yang ada di kurikulum yang digunakan.
  3. Saling berkaitan dengan literasi lainnya.

Kegunaan Literasi dan Numerasi

Kegunaan dari literasi dan numerasi adalah sebagai berikut.

  1. Untuk menggunakan macam-macam angka-angka dan simbol-simbol yang ada di matematika dasar agar dapat memecahkan masalah yang ada dengan berbagai macam konteks di kehidupan sehari-hari.
  2. Untuk menganalisis informasi dalam bentuk grafik, tabel, bagan, dan lain-lain, lalu hasil analisisnya digunakan untuk memprediksikan dan mengambil keputusan.

Manfaat RPP Literasi dan Numerasi

Berbagai manfaat yang didapat dari literasi dan numerasi ini, baik itu untuk guru maupun siswanya diantaranya adalah.

  1. Petunjuk Arah

RPP literasi dan numerasi ini tentu sangat bisa membantu guru untuk menjadi petunjuk untuk menjelaskan suatu materi pembelajaran. Guru juga bisa menganalisis sejauh mana materi yang bisa disampaikan di kelas. Sehingga penjelasan guru tidak menjalar kemana-mana dan tetap berada dijalur pembahasan.

Baca Juga: Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka

  1. Alat Ukur

RPP ini juga tentu sangat membantu guru untuk menjadi alat ukur apakah materi tersebut sudah tersampaikan atau belum. Jika memang materi terkait belum tersampaikan, maka guru bisa langsung memikirkan hal lain agar bisa menyampaikan materi itu.

Guru pun bisa mengukur tentang cara kerjanya apakah terlalu cepat atau lambat. Jika guru itu terlalu cepat dalam menjelaskan maka hanya siswa yang memiliki kecerdasan diatas rata-rata yang bisa mengikutinya.

  1. Pedoman Bekerja

Untuk seorang guru tentu sangat penting RPP ini sebagai pedoman kerja yang harus dicapai oleh pengajar. Dengan adanya RPP ini, maka guru akan lebih fokus apa yang dituju dan dicapainya.

Selain untuk guru, siswa pun menjadi punya pedoman apa saja yang harus dikuasai dan dipahaminya.

  1. Hemat Waktu
Baca Juga:  Cara Mudah Membuat Video Pembelajaran di HP

Adanya RPP sangat membantu sekali untuk guru, karena ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung guru tidak bingung lagi apa yang harus dibahas dan dicapai dalam proses pembelajaran itu. Singkatnya dengan adanya RPP ini juga pembelajaran bisa lebih kondusif dan memudahkan siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Kelebihan RPP Literasi dan Numerasi

  1. Memberikan kebebasan bagi guru untuk mengerjakan hal lain.
  2. Memberikan kesempatan kepada guru untuk lebih memperdalam atau mempelajari terkait model, media, strategi belajar mengajar yang relevan dengan RPP yang sebelumnya digunakan.
  3. Memberikan banyak waktu kepada siswanya untuk belajar berkolaborasi dengan temannya terkait projeknya.
  4. RPP ini sangat mudah, dan sesuai dengan kurikulum 2013 yang berbasis tema, dan bagian-bagian sub temanya.
  5. Pada model pembelajaran jarak jauh pun, RPP ini sangat membantu untuk guru dalam mengembangkan karakter siswanya.
  6. RPP ini pun sangat membantu guru untuk berkolaborasi dengan orang tua siswanya dalam pengembangan karakter anak.
  7. Sesuai dengan prinsip merdeka belajar yang sedang ramai dibicarakan sekarang ini.
  8. RPP ini juga sangat memperhatikan sekali perbedaan karakteristik anak pada satu kelas itu.
  9. RPP ini juga membantu untuk mengembangkan pemikiran kritis dan kreativitas anak dalam kegiatan belajar mengajar, meningkatkan kegiatan literasi numerasi untuk menjadi landasan penilaian Assesmen Kompetensi Minimum.
  10. RPP ini sangat mengembangkan upaya membaca yang baik dan bersifat seumur hidup.

Langkah-langkah membuat RPP Literasi dan Numerasi:

  1. Identitas

Langkah pertama yang dilakukan ketika membuat RPP literasi dan numerasi adalah dengan memberikan identitas. Untuk di RPP literasi ini tidak jauh berbeda dengan Anda memberi identitas seperti RPP sebelumnya yang biasa digunakan.

  1. Menentukan Kompetensi Dasar (KD)

Langkah kedua itu adalah menentukan kompetensi dasar (KD). Dilangkah ini, Anda harus menyesuaikan KD yang sudah ada dibuku pelajaran atau tema.

  1. Menentukan Tujuan Pembelajaran

Untuk RPP literasi dan numerasi ini juga sama seperti RPP pada umumnya, tujuan pembelajaran dapat dilihat dari KD yang ingin dicapai pada pembelajaran tertentu.

Di dalam tujuan pembelajaran ada istilah ABCD, yang artinya A itu singkatan dari Audience yang berarti siswa. Lalu B itu singkatan dari Behavior yang berarti perilaku yang diamati. Untuk C itu singkatan dari Condition yaitu persyaratan yang dilakukan dalam tujuan pembelajaran. Dan yang terakhir D itu adalah Degree tentang penampilan penilaian yang akan diterima oleh siswa.

  1. Menuliskan Kegiatan Pembelajaran

Pada kegiatan pembelajaran RPP literasi dan numerasi ini lebih melibatkan siswa untuk lebih aktif di dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Tidak lupa kegiatan literasinya sangat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran disini sesuai dengan aturan literasinya.

  1. Mencantumkan Metode Penilaian

Penilaian yang Anda gunakan harus sesuai dengan apa yang dikerjakan dengan siswa di kelas.

Dampak dari RPP Literasi Numerasi

  1. Meringankan beban guru dan mendapatkan hasil yang maksimal.
  2. Keterlibatan orang tua akan mengubah pemikiran, bahwa pembelajaran tidak hanya dengan guru saja dan bertempat di sekolah saja.
  3. Membantu Kepala Sekolah dalam rangka penilaian mingguan di sekolah.
  4. Memudahkan untuk pelaporan sekolah untuk kegiatan yang dilakukan di sekolah dengan menggunakan situs ataupun bantuan media yang lainya.
  5. Membantu Kepala Sekolah dalam merancang kegiatan mingguan di sekolah, dan memudahkan untuk ikut terlibat dalam program kegiatan pembelajaran secara spesifik.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Penulis: Vikri Februansyah

Share :

Baca Juga

Media Mengajar

Keterampilan Dasar yang Harus dimiliki Oleh Guru

Edutainment

Menghilangkan Tekanan Siswa di Ruang Kelas

Edutainment

Pentingnya Penanaman Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi

Edutainment

Metode Resitasi. Pengertian, Tujuan, Jenis dan Langkah

Karya Inovatif

Pembelajaran Berbasis Lingkungan

Edutainment

Manfaat Implementasi Kurikulum Merdeka

Kesiswaan

Efektivitas Penggunaan Komik sebagai Media Pembelajaran

Media Mengajar

Efektivitas Penggunaan Teknologi Internet sebagai Media Pembelajaran
Download Sertifikat Pendidikan Gratis