Home / News

Rabu, 23 Februari 2022 - 08:00 WIB

Siswa Eligible SNMPTN 2022, Apa Saja Kriterianya?

Dibaca 768 kali

Siswa Eligible – Setiap siswa menginginkan untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi di perguruan tinggi negeri. Untuk menempuh studi ke perguruan tinggi negeri ada beberapa jalur yang bisa dipilih, salah satunya melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) biasa dikenal sebagai jalur undangan yang menyeleksi calon mahasiswa berdasarkan prestasi dan portofolio akademik. Penilaiannya pun dilihat dari kompetensi sekolah dan prestasi siswanya, di antaranya akreditasi sekolah, nilai rapor, dan persyaratan lain berdasarkan perguruan tinggi negeri yang dipilih.

Pendaftaran SNMPTN sudah dibuka mulai tanggal 14 Februari – 28 Februari 2022. Setiap tahap prosesnya akan diakhiri pada pukul 15.00 WIB sesuai tanggal yang telah ditetapkan. Salah satu kriteria yang ditekankan kepada para siswa calon peserta tes SNMPTN 2022 adalah siswa tersebut harus bersifat eligible.

Dalam konteks SNMPTN, yang dimaksud siswa eligible adalah siswa yang memenuhi kriteria atau layak untuk mendaftar SNMPTN 2022. Siswa eligible ditentukan oleh beberapa hal, seperti kuota sekolah.

Siswa eligible ditentukan oleh LTMPT yang akan menghitung kuota berdasarkan data akreditasi dan total jumlah siswa di sekolah, agar dapat memutuskan jumlah siswa yang bisa melakukan pendaftaran SNMPTN 2022.

Misalnya, terdapat SMK dengan akreditasi A dengan jumlah siswa kelas 12 sebanyak 80 orang. Maka, sekolah tersebut akan memperoleh kuota masing-masing jurusan sebanyak 40 persen. Sedangkan SMA dengan akreditasi B mendapatkan kuota 25%.

Apakah siswa yang eligible pasti lolos SNMPTN? Dibawah ini aturan kuota siswa eligible di tiap sekolah yang dikeluarkan LTMPT antara lain:

  • Kuota sekolah akreditasi A: 40%
  • Kuota sekolah akreditasi B: 25%
  • Kuota sekolah akreditasi C dan tidak terakreditasi: 5%

Kriteria Siswa Eligible SNMPTN 2022

  1. Siswa SMA/MA/SMK kelas 12 pada tahun 2022 yang memiliki prestasi yang unggul.
  2. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN).
  3. Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS
  4. Memiliki nilai rapor semester 1 hingga 5 yang telah diisikan di PDSS
Baca Juga:  Catat! Aturan Baru Seragam Sekolah Berdasarkan Permendikbud

Adapun hal – hal lain yang perlu anda ketahui bahwa peserta SNMPTN 2022 yang memilih program studi bagian bidang seni dan olahraga wajib untuk mengunggah portofolio. Siswa eligible yang akan didaftarkan ke SNMPTN ditentukan oleh pihak sekolah. Satuan pendidikan memilih anak didiknya berdasarkan jumlah kriteria pemeringkatan.

Cara Mengecek Siswa Eligible SNMPTN 2022

Mengacu pada dokumen Panduan Penetapan pada tahun yang lalu, berikut ini adalah tahapan yang perlu dilakukan untuk melihat sistematika penetapannya:

  1. Login pada https://pdss.ltmpt.ac.id  menggunakan akun yang telah terdaftar di Portal LTMPT.
  2. Cek profil sekolah pada sidebar Profil yang berisikan Informasi Sekolah dan Kepala Sekolah.
  3. Definisikan jenis kelas yang ada pada sekolah anda pada menu Jurusan. Data jurusan ini diambil dari LTMPT, pastikan anda sudah memilih jenis kelas untuk setiap jurusan yang sudah didefinisikan.
  4. Finalisasi data sekolah dan jurusan anda pada sidebar Finalisasi dengan menyetujui pernyataan yang ada pada tabel yang berjudul “Finalisasi Data Sekolah”.
  5. Tambahkan siswa eligible pada sidebar siswa. Anda bisa menambahkan satu – satu siswa per jurusan dengan mengisikan NISN. Data NISN ini didapatkan langsung dari portal LTMPT. Selain itu, anda juga bisa menambahkan siswa per jurusan dengan melakukan impor data. Panduan lebih detil akan dijelaskan pada bagian 5 dokumen ini.
  6. Finalisasi data siswa pada sidebar Finalisasi dengan menyetujui pernyataan yang ada pada tabel yang berjudul “Finalisasi Data Siswa”.

 

Demikian informasi yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat ya.

Share :

Baca Juga

News

Jangan Sampai Tertinggal, Ini Jadwal Pelaksanaan UKMPPG Daljab 2023

News

Besaran Gaji dan Tunjangan Pensiunan PNS Setelah Naik 12 Persen

News

Tahapan Seleksi Dan Biaya Pendaftaran PPG Gelombang 2

News

Dirombak! Batas Usia PNS Tak Lagi Sampai 56 atau 60 tahun, Tapi Segini

News

Simak! Cara Verval Ijazah Di Dapodik Melalui Info GTK

News

Simak Juknis, Passing Grade dan Jadwal Seleksi PPPK 2022

News

SELAMAT, Segini Nominal Kenaikan Gaji Pensiunan PNS Tahun 2024

News

Sekolah Penggerak Wujudkan Akselarasi Kualitas Sekolah Lebih Cepat
Download Sertifikat Pendidikan Gratis