Home / Media Mengajar / Pelatihan

Rabu, 6 April 2022 - 06:08 WIB

Unduh Sekarang! Sertifikat Diklat Menyusun Perangkat Ajar

Dibaca 12,191 kali

Menyusun Perangkat Ajar – Telah dilaksanakan Diklat 32JP Gratis dengan judul Menyusun Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka pada 01 – 04 April 2022 diklat dilaksanakan secara daring yang diikuti oleh guru hebat dari berbagai daerah di Indonesia melalui live streaming youtube dan live zoom meeting.

Diklat Menyusun perangkat ajar mengundang narasumber yang Kompeten pada Bidang Pendidikan yaitu Dr. Yogi Anggraena, M.Si dari Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, BSKAP, Kemdikbudristek dan Fitria Martanti, S.Pd., M.Pd Pelatih Ahli Sekolah Penggerak.

Fasilitas Diklat

Adapun untuk menunjang kegiatan belajar peserta diklat, panitia membagikan fasilitas exclusive diantaranya yaitu:

  1. Sertifikat Bernama 32JP
  2. Seminar Kit (File Materi, Undangan, Rekap Daftar Hadir)
  3. Contoh Laporan Kegiatan
  4. Contoh Laporan Pengembangan Diri
  5. Akses Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube

Cara Unduh Fasilitas Diklat Menyusun Perangkat Ajar

  1. Sebelum mengunduh silahkan siapkan laptop dan koneksi yang stabil. Buka browser anda lalu akses Link Unduh.
  2. Setelah akses anda akan langsung dibawa menuju halaman drive fasilitas.
  3. Drive fasilitas berisi File Materi Diklat Menyusun Perangkat Ajar, Sertifikat Peserta, Undangan dan laporan Diklat Menyusun Perangkat Ajar, Daftar hadir peserta diklat Menyusun Perangkat Ajar dan link sertifikat.
  4. Anda dapat langsung download dengan klik kanan pada file lalu pilih download.
  5. File akan otomatis terdownload dalam penyimpanan anda.

Cara Unduh Sertifikat

  1. Sebelum mengunduh sertifikat dari pelatihan yang Anda ikuti, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil. Karena sertifikat dan seluruh fasilitas dari pelatihan hanya bisa diakses atau diunduh ketika jaringan internet Anda memadai.
  2. untuk kemudahan dalam mendownload dan mencari sertifikat silahkan gunakan laptop atau computer.
  3. Silahkan klik link https://campsite.bio/gurubelajarid setelah itu anda akan diarahkan pada halaman campsite.
  4. Untuk mengunduh sertifikat perlu diingat Kembali nama yang dicantumkan pada saat pengisian formulir pada waktu pendaftaran.
  5. Pada link diatas tersedia pilihan inisial dari A sampai Z. inisial tersebut bukanlah nama depan yang anda miliki, tetapi huruf pertama yang anda isikan dalam formulir. Baik itu langsung nama, gelar haji, maupun gelar doctor.
  6. Apabila anda sudah menentukan abjad yang dipilih silahkan klik lalu anda akan diarahkan pada halaman spreadsheet.
  7. Dihalaman spreadsheet silahkan cari dengan menekan tombol CTRL+F untuk memuncul fitur pencarian, setelah itu ketikkan nama anda
  8. Setelah muncul nama anda selanjutnya klik pada tulisan yang berwarna biru (https://drive.google.com/file/d/….. ) maka anda akan diarahkan pada file sertifikat anda.
  9. Setelah itu klik tombol unduh di pojok kanan atas disamping ikon titik tiga.
  10. Maka file sertifikat anda akan otomatis terunduh dalam penyimpanan anda.

Berikut adalah cara unduh fasilitas dan sertifikat Diklat 32JP Gratis dengan judul Menyusun Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka. Untuk Nama yang belum tercantum dalam Rekap Sertifikat Diklat Gratis silahkan untuk mengisi Formulir Revisi Sertifikat Diklat 40 Jp : Dampak Besar Kurikulum Merdeka Dalam Fleksibilitas Pembelajaran.

Revisi Sertifikat Diklat

Informasi revisi sertifikat diklat akan segera diUpdate, silahkan untuk simpan nomor admin 085865988163 (Admin Lawu) lalu kirim pesan dengan format NAMA_INFO KEGIATAN. Dapatkan informasi terbaru terkait pelatihan/workshop/gratis bersertifikat setiap minggunya!

Review Materi Diklat Menyusun Perangkat Ajar

Diklat dilaksanakan selama 4 hari dengan pembahasan materi yang berbeda setiap harinya yaitu Konsep Penyusunan CP, ATP Modul Ajar, Praktik Penyusunan ATP dalam , Praktik Penyusunan Modul Projek Kurikulum Merdeka, Praktik Penyusunan Modul Projek Kurikulum Merdeka.

  1. Konsep Penyusunan CP, ATP Modul Ajar

Dalam perumusan , pendidik perlu mengacu pada yang tercantum dalam CP untuk mengembangkan seperangkat tujuan pembelajaran yang dapat dicapai dengan mengacu pada sumber yang berbeda atau kombinasi tujuan pembelajaran dari kurikulum yang berbeda Identifikasi dimensi profil siswa. Hal ini dapat dikaitkan dengan kemampuan yang ingin dicapai dalam dirinya.

Baca Juga:  Cara Merancang Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran

Proyek Profil Mahasiswa Pancasila lebih dari sekadar pendekatan berbasis proyek. Pembelajaran dapat menggunakan pendekatan lain seperti inkuiri. Pendekatan berbasis inkuiri,  berbasis masalah, dan pendekatan lain yang sesuai digunakan untuk mengembangkan kepribadian dan keterampilan yang dibutuhkan oleh pendekatan profil siswa Pancasila.

  1. Praktik Penyusunan ATP dalam Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Tujuan penyusunan modul ajar adalah untuk memandu pendidik untuk melaksanakan proses pembelajaran. Komponen dalam modul ajar sudah ditentukan oleh pendidik berdasarkan kebutuhannya. Secara umum sesuai Permendikbud terkait Standar Isi (dalam proses penetapan) dan Kepmendikbud 56 tahun 2022, modul ajar memiliki beberapa komponen yaitu tujuan pembelajaran, Langkah-Langkah atau Kegiatan Pembelajaran, Asesmen Pembelajaran.

  1. Konsep Penyusunan Modul Project

Proyek adalah serangkaian kegiatan untuk mencapai  tujuan tertentu dengan cara mengeksplorasi suatu topik yang bermanfaat. Proyek penguatan ini dilakukan untuk menciptakan produk dan aksi.

Proyek Penguatan Profil Mahasiswa Pancasila  adalah proses pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati masalah dan mencari solusi di lingkungan sekitarnya. Proyek PPPP menggunakan berbasis proyek yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas.

  1. Praktik Penyusunan Modul Projek Kurikulum Merdeka.

Setiap jenjang memiliki program pelaksanaan project yang berbeda. Dalam jenjang Pelaksanaan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila diintegrasikan dengan kegiatan intrakurikuler. Pembelajaran Berbasis Projek dilaksanakan melalui perayaan hari besar dan perayaan tradisi lokal.

Pada jenjang Sekolah Dasar () Pelaksanaan projek dapat dilakukan dengan memilih 5 tema umum yang telah ditentukan dan dilakukan minimal 2 kali dalam satu tahun ajaran.

Pelaksanaan projek di tingkat SMP dan SMA dilakukan dengan memilih 7 tema umum yang telah ditentukan dan dilakukan minimal 3 kali dalam satu tahun ajaran.

Pada jenjang Pelaksanaan projek menggunakan alokasi waktu khusus untuk projek Penguatan profil pelajar Pancasila dan Budaya kerja untuk peningkatan soft .

Pada (SLB) mengusung tema yang sama dengan kelas regular dengan kedalaman materi dan aktivitas sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan pelajar SLB.

!!!DAFTAR SEKARANG JUGA!!!

Ingin dapatkan Tips dan Triks mudah menyusun Modul Projek untuk semua jenjang (SD, SMP, SMA/Sederajat) pada Kurikulum Merdeka? Serta FREE bonus Kumpulan File PTK dan Kumpulan Contoh Modul Projek. Mari bergabung dan belajar Bersama dalam:

“Diklat Penyusunan Modul Projek Kurikulum Merdeka”

Diklat akan diselenggarakan pada 8-11 April 2022 13.30-15.00 WIB secara daring melalui live zoom meeting dan grup telegram untuk diskusi. Menghadirkan instruktur special yaitu Fitria Martanti, M.Pd. Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum & Sertifikasi Universitas Wahid Hasyim dan Pelatih Ahli Program Sekolah Penggerak.

Apresiasi bagi seluruh peserta mendapat SERTIFIKAT 35JP

Peserta juga akan mendapatkan fasilitas sebagai sarana pendukung kegiatan belajar, diantaranya adalah:

  1. E-Sertifikat 35JP
  2. Undangan dan Daftar Hadir
  3. Materi Diklat
  4. Contoh Laporan Kegiatan
  5. Contoh Laporan Pengembangan Diri
  6. Akses Zoom Meeting
  7. Pendampingan Via Grub Telegram

Peserta cukup membayar dengan biaya Investasi Kegiatan:

Member e-Guru.id Rp 89.000

Non Member Rp 109.000

Transfer ke Rek. BRI 303701023644536 a.n Hayyi Rosyida. Link Pendaftaran: https://forms.gle/bxLeWSLPd51CoE5N9. Apabila terdapat kendala dalam pengisian formulir pendaftaran silahkkan untuk menghubungi admin kami di nomor wa.me/6285869433931

 

Share :

Baca Juga

Pelatihan

Apa Yang Harus Dilakukan Guru Dalam Memahami Asesmen Pada Kurikulum Merdeka

Pelatihan

Cara Pengolahan Rapor di Kurikulum Merdeka

Edutainment

10 Langkah Membuat Video Animasi untuk Pembelajaran

Media Mengajar

Efektivitas Penggunaan Teknologi Internet sebagai Media Pembelajaran

Media Mengajar

Rapor Pendidikan Resmi Diluncurkan Oleh Kemendikbudristek

Pelatihan

Cara Membuat Game Berbasis PowerPoint

Pelatihan

Keunggulan Animasi Pembelajaran dengan Canva

Pelatihan

Keunggulan Mengemas Media Pembelajaran yang Inovatif
Download Sertifikat Pendidikan Gratis