Home / News

Senin, 4 April 2022 - 10:07 WIB

Yuk Simak Perbedaan Metode dan Model Pembelajaran

Dibaca 14,487 kali

Menyimak perbedaan metode dan model pembelajaran – apa aja perbedaan yang bisa kita simak berikut ini dari model pembelajaran dan metode pembelajaran? Mari kita simak penjelasannya berikut ini!

Metode pembelajaran adalah cara kita mengajar sedangkan model pembelajaran adalah rangkaian semua unsur mulai dari pendekatan, strategi, metode, teknik dan taktik pembelajaran.

  • Menurut para ahli model pembelajaran yaitu
  • Menurut Agus Suprijono (2010) model pembelajaran merupakan suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran dikelas maupun tutorial.
  • Menurut Supriyoni merupakan suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran dikelas.
  • -Menurut Trianto (2007:1) yang mengartikan bahwa model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas.
  • Model pembelajaran ini memiliki fungsi
  1. Membantu dan membimbing untuk memilih teknik, strategi, dan agar tujuan pembelajaran tercapai.
  2. Membantu membangun hubungan antara belajar dan mengajar secara empiris.
  3. Dapat memberikan suatu bahan prosedur.
  • Ciri-ciri model pembelajaran
  1. Model pembelajaran merupakan rasional teoretik logis yang disusun oleh para pencipta atau pengembangnya.
  2. Mempunyai misi atau tujuan tertentu.
  3. Lingkungan belajar yang diperlukan agar tujuan pembelajaran itu dapat tercapai.
  1. Model Pembelajaran Berbasis Langsung (Direct Instruktion)  yaitu strategi untuk melatih siswa agar dalam belajar bisa sesuai dengan pengetahuan deklaratif dan prosedural yang sistematis.
  2. Pembelajaran Cooperative () yaitusuatu model pembelajaran yang mengacu kepada beberapa macam dari metode pembelajaran yang mana sejumlah siswa saling membantu dalam memahami sebuah pembelajaran yang telah di ajarkan. Ciri-ciri model pembelajaran ini yaitu: setiap anggota memiliki peran untuk mengungkapkan sebuah saran ataupun kritik dan bisa juga memberikan bantuan kepada temannya, dan guru mengembangkan di kelompok tersebut.Beberapa manfaat yang dapat kita terapkan model pembelajaran ini yaitu seorang murid menjadi ikut aktif dalam membantu, dan guru lebih menghargai kemampuan setiap siswa.
  3. (Constextual Teaching And Learning) yaitu model pembelajaran yang mengaitkan dengan keadaan atau suasana. Beberapa manfaat dalam model pembelajaran ini yaitu menjadikan murid tidak bosen dalam melakukan pelajaran, memberikan suatu gambaran bagaimana dunia kerja bagi siswa. Kelebihan model pembelajaran ini menumbuhkan kemampuan kerja sama dengan teman, dan pembelajaran CTL ini dapat menumbuhkan penguatan konsep sedangkan kelemahan model pembelajaran ini jika siswa tidek mengikuti model pembelajaran ini dapat mendapatkan pengalaman yang sama dengan teman-temannya karna tidak mengikuti sebuah materi.

Setelah kita mengetahui apa itu model pembelajaran kita juga harus mengetahui apa itu metodenya. Simak baik-baik penjelasan berikut ini!

Metode pembelajaran adalah suatu metode yang mengacu pada cara yang akan digunakan oleh pendidik untuk mencapai tujuan dari kegiatan belajar mengajar,

Dan beberapa metode pembelajaran menurut para ahli

  1. Menurut Hasby Ashydiqih, metode pembelajaran adalah seperangkat cara yang dilakukan guna mencapai tujuan tertentu dalam pembelajaran.
  2. Menurut Ahmadi, metode pembelajaran adalah suatu pengetahuan tentang beberapa cara mengajar yang dipergunakan oleh guru atau instruktur.
  3. Menurut Nana Sudjana, metode pembelajaran adalah cara yang dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya proses belajar dan mengajar.
  • Berikut macam-macam metode pembelajaran
  1. Metode ceramah adalah sebuah metode mengajar dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan saecara lisan kepada sejumlah siswa yang pada umumnya mengikuti secara pasif.
  • Kekurangan
Baca Juga:  Segera Unduh! Sertifikat Seminar Nasional Hidden Curriculum

-Proses pengajaran lebih fokus pada pengertian kata-kata saja.

-Kegiatan belajar mengajar cenderung membosankan.

-Guru dapat melihat siswa yang pandai, sedang dan kurang.

  • Kelebihan

-Tenaga dapat mengendalikan kelas sepenuhnya.

-Lebih ekonomis dalam hal waktu.

-Memberi kesempatan pada guru untuk menggunakan pengalaman, pengetahuan dan kearifan.

  1. Metode Pembelajaran Diskusi

Metode diskusi adalah suatu cara penyampaian materi pelajaran melalui sarana pertukaran pikiran untuk memecahkan persoalan yang dihadapai (Semiwan, 1990 :76).Metode diskusi akan menjadi lebih efektif lagi jika metode ditambahi dengan metode pemberian tugas, baik tugas untuk individu maupun kelompok.

  • Jenis diskusi
  1. 1. Diskusi Kelompok Besar bisa disebut dengan  (Whole Group Discussion) diskusi ini dilakukan dengan memandang kelas sebagai satu kelompok, biasanya seorang guru mapel sebagai pemimpin diskusi, jika ada beberapa murid yang menurut sekelas cakap dan tegas dapat saja di tunjuk sebagai pemimpin forum diskusi tersebut.
  2. Diskusi Kelompok Kecil  bisa disebut dengan  (Buzz Group Discussion)  dalam kelompok ini terdiri dari 4-5 orang dan siswa dengan mudah untuk bertukar pendapat di bandingkan dengan diskusi kelompok besar.
  3. Diskusi Panel memiliki fungsi yang mempertahankan keutungan diskusi kelompok dengan situasi peserta besar.
  4. Metode Pembelajaran Demonstrasi

Metode pembelajaran Demonstrasi adalah sebuah metode pembelajaran yang dilakukan dengan cara memperagakan, menunjukkan proses atau cara kerja dari sebuah materi yang sedang dipelajari. Kekurangan Metode pembelajaran Demonstrasi. Tidak semua materi pelajaran dapat didemonstrasikan Sarana dan prasarana selalu tidak tersedia dengan baik. Sukar dimengerti jika guru kurang menguasai apa yang didemonstrasikan.

  • Kelebihan
  1. Dapat lebih memusatkan perhatian anak.
  2. Dapat mempertanyakan langsung persoalan yang belum dimengerti dan dapat terjawab dengan jelas. Lebih mudah mendapatkan informasi yang telah dijelaskan.
  1. Metode pembelajaran eksperimen

Metode pembelajaran ini dilakukan dengan praktikum atau uji coba dan tempat pelaksanaan metode ini di laboratorium sehingga murid dapat melihat materi pelajaran secara langsung.

  • Kelebihan pembelajaran eksperimen
  1. Dapat digunakan prosedur metode ilmiah dan berfikir ilmiah.
  2. Dengan bereksperimen siswa dapat membuktikan sendiri kebenaran suatu teori.

Hasil belajar menjadi kepemilikan yang bertahan lama.

  • Kekurangan Pembelajaran eksperimen
  1. Dapat menghambat laju pembelajaran dalam penelitian yang memerlukan waktu yang lama.
  2. Tidak semua materi pelajaran dapat dilakukan dengan metode percobaan.
  3. Dapat menghambat laju pembelajaran dalam penelitian yang memerlukan waktu yang lama.
  4. Tidak semua materi pelajaran dapat dilakukan dengan metode percobaan.

Dapatkan informasi guru terupdate dengan Join channel telegram: https://t.me/wartagurudotid

Penulis : Wahyuni Debora Sianturi

Share :

Baca Juga

News

Besok 20 Juni SNBT 2023 Diumumkan, Begini Cara Ceknya

News

Kumpulan Pidato Para Pejabat Negara yang Singgung Gaji Guru Honorer Saat Momentum Hari Guru

News

Cara Mengisi DRH PPPK 2023 di sscasn.bkn.go.id Sesuai Buku Petunjuk Teknis

News

Kriteria dan Syarat Inpassing! Tunjangan Berpotensi Setara Dengan PNS

News

Segera Cek! Seleksi Tahap 2 Guru Penggerak Angkatan 8 Diumumkan

News

Yuk Simak Perbedaan Komponen Silabus dan RPP, Berikut Penjelasannya!

News

Wajib Bersiap Pemberkasan Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan 1 Untuk Semua Guru Sertifikasi TK,SD,SMP,SMA

News

Siap-Siap! Gaji PNS Naik dan Tukin Miliki Skema Baru
Download Sertifikat Pendidikan Gratis