Home / Kesiswaan / News

Kamis, 6 Januari 2022 - 11:53 WIB

4 Hal Penting dalam Membuat Peraturan Kelas

Dibaca 1,933 kali

Bagi para siswa, kelas merupakan sebuah ruangan kecil penuh makna. Karena di dalamnya, mereka bukan hanya sekedar bisa belajar dan juga bermain, namun juga bisa belajar untuk menghargai orang lain. Itulah kenapa membuat peraturan kelas sangat penting.

Mereka akan berbagi ilmu dan informasi. Dan yang paling menariknya adalah, ruang kelas dapat menciptakan hal-hal lebih besar dari itu semua. Karena di sana, anak-anak dapat belajar memilih untuk melakukan hal yang baik, atau kurang baik.

Mereka juga akan belajar mengenai tanggung jawab dan risiko, belajar berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pembelajaran, belajar mengenai perasaan temannya, kepercayaan diri, mengasah kreativitas, mengatur diri, dan lain sebagainya.

Dan seluruhnya akan tergantung pada Anda, gurunya yang berperan sebagai pengelola kelas. Oleh karena itu, agar ruang kelas benar-benar menjadi tempat yang penuh makna, Anda perlu menetapkan aturan dan juga prosedur di dalam kelas dengan memperhatikan aturan dasar dalam membuat paraturan kelas berikut.

  1. Buat peraturan bersama anak-anak

Adapun hal pertama yang meski Anda lakukan adalah dengan membuat peraturan bersama dengan anak-anak. Karena ini akan membuat mereka lebih bertanggung jawab. Sehingga, peraturan yang akan diterapkan merupakan aturan yang sudah disepakati oleh seluruh penghuni kelas. Dan biasanya, peraturanya memang akan sangat banyak. Sehingga, Anda perlu menegaskan kepada mereka untuk benar-benar menjalankannya.

  1. Gunakan bahasa peraturan yang jelas

Hal kedua adalah dengan menggunakan bahasa yang jelas. Karena bagaimanapun, agar mereka bisa menjalankan aturan yang ada, mereka meski memahami aturannya terlebih dahulu. Karena ternyata, hingga kini masih ada juga beberapa guru yang membuat peraturan dengan bahasa yang kurang jelas. Misal, setiap anak harus bersikap baik. Ini masih kurang jelas. Maka yang jelasnya ialah, setiap murid meski mengikuti instruksi guru.

  1. Memakai kalimat yang positif

Berikutnya adalah dengan memakai kalimat yang positif. Kalimat yang positif akan membuat anak-anak lebih mudah dan ringan menerapkannya. Berbeda halnya jika menggunakan kalimat yang negatif. Yang sudah pasti akan membuat mereka enggan melakukannya.

Adapun contoh kalimat yang positif ialah, mendengarkan saat ada yang berbicara. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak menggunakan kata “jangan” ataupun “tidak boleh”.

  1. Usahakan jumlah peraturan sedikit

Meskipun sebenarnya ada banyak aturan yang meski ditaati, namun Anda bisa meringkasnya. Karena jika jumlahnya banyak, akan membuat anak merasa kesulitan dalam mengingat dan menegakkannya.

Setelah hal-hal tersebut terpenuhi, maka ada hal lain yang mesti diperhatikan. Yakni, konsisten. Di setiap peraturan yang ada, memang harus ditegakkan secara tegas, dan konsisten. Jangan sampai hanya diberlakukan untuk beberapa hari saja.

Itulah dia beberapa hal yang meksi Anda perhatikan ketika akan membuat peraturan kelas. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Share :

Baca Juga

News

Dibuka Mei-Juli, Berikut Aturan Jarak Rumah ke Sekolah di Jalur Zonasi PPDB 2024

News

Honorer Diangkat PPPK Walaupun Tak Lulus CASN 2024, Asal Penuhi Syarat Ini!

News

Resmi! BKN Terbitkan Aturan Terbaru Kenaikan Pangkat PNS

News

3 Usaha Sampingan Yang Patut Dicoba Bagi Guru Honorer

News

Menjadi Pertimbangan Penilaian Kepala Sekolah, Ini 21 Daftar Tugas Tambahan Yang Berlaku!

News

Kurikulum Merdeka Meluncurkan Struktur Baru untuk Tahun Ajaran 2023/2024

News

Penting! Penyebab PHK Pegawai PPPK Pada RUU ASN Terbaru

News

Kabar Terbaru Pegawai Honorer Dari DPR, Ada PPPK Part Time