Home / News

Selasa, 28 Mei 2024 - 12:02 WIB

5 Fitur dan Manfaat Menarik dari Platform Merdeka Mengajar (PMM)

Dibaca 76 kali

Di dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM) terdapat sejumlah fitur yang sangat menarik untuk para guru dan kepala sekolah. Dari fitur tersebut, kemudian dapat diambil sejumlah manfaat yang sangat banyak, di antaranya adalah tempat pengembangan diri, mencari sumber mengajar, mencari inspirasi mengajar, melihat karya dari guru lain, dan memahami tentang Kurikulum Merdeka secara komprehensif.

Perlu diketahui bahwa Platform Merdeka Mengajar (PMM) sendiri adalah sebuah aplikasi yang dirilis oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) untuk membantu para guru dan kepala sekolah dalam menjalankan tugasnya agar lebih mudah dan fleksibel.

Sejak diluncurkan Kurikulum Merdeka, Kemendikbud Ristek memang marak melakukan sejumlah inovasi besar–yang salah satunya adalah merilis sebuah Platform Merdeka Mengajar ini. Diharapkan dengan hadirnya platform ini, kualitas para guru akan meningkat secara mandiri dan merdeka.

Sebelumnya, ketika guru ingin belajar suatu topik terkait kompetensi mengajar, harus mencari sumber dari buku-buku yang harganya mahal. Tak jarang, para guru tersebut juga harus mengikuti pelatihan berhari-hari. Namun dengan hadirnya PMM ini, semua hal tersebut akan lebih mudah.

PMM sendiri memang dimaksudkan untuk membantu guru agar bisa belajar secara mandiri. Mereka bisa belajar dari guru lain atau belajar dari narasumber yang dihadirkan di PMM tersebut.

Oleh sebab itu, PMM ini wajib diketahui oleh para guru di seluruh Indonesia.

Dan berikut ini adalah fitur yang terdapat di dalam PMM dan juga manfaat yang bisa diambil dari fitur tersebut:

1. Pengembangan Diri

Di dalam platform merdeka mengajar menyediakan tempat bagi para guru untuk melakukan pengembangan diri secara mandiri. Terdapat enam kategori di dalam fitur pengembangan diri ini yaitu pelatihan mandiri, komunitas, refleksi kompetensi, seleksi kepala sekolah, LMS, dan pengelolaan kinerja.

Di kategori pelatihan mandiri, Anda bisa mengikuti pelatihan secara mandiri dan gratis yang dihadirkan dalam platform tersebut. Banyak topik yang disediakan, Anda bisa memilih sesuai kebutuhan Anda. Hingga kini setidaknya terdapat 60-an topik yang tersedia untuk pelatihan mandiri tersebut.

Kemudian ada komunitas. Di komunitas ini, Anda bisa bergabung dengan berbagai komunitas guru yang sesuai dengan minat Anda. Bahkan Anda juga bisa membangun komunitas sendiri. Di dalam komunitas, Anda bisa saling berbagi pengalaman, berbagi info, saling belajar, dan lain sebagainya.

Intinya, di dalam komunitas tersebut, Anda bisa membangung relasi yang seluas-seluasnya dengan para guru yang telah bergabung di platform merdeka mengajar ini.

Lalu di kategori Refleksi Kompetensi, Anda bisa secara langsung melakukan penilaian terhadap kompetensi Anda sendiri sebagai pendidik. Nantinya akan ada pertanyaan-pertanyaan yang harus Anda jawab, dan hasilnya akan menggambarkan kompetensi Anda.

Jika sudah tahu kelemahan Anda di mana, Anda bisa belajar atau meningkat kompetensi Anda yang kurang tersebut.

Selanjutnya, kategori Seleksi Kepala Sekolah. Bagi Anda yang hendak mendaftar atau mengikuti seleksi kepala sekolah, Anda wajib mengetahui hal ini.

Pada layanan ini, Anda akan tahu kualifikasi Anda sebagai calon kepala sekolah. Seluruh persyaratan, tahapan, pengecekan kualifikasi, seluruhnya tersedia di dalam layanan tersebut.

LMS, ini berguna ketika Anda sudah mendaftar satu pelatihan yang terdapat di Pelatihan Mandiri yang ada di PMM. Kemudian materi-materi yang perlu Anda pelajari, akan muncul pada halaman LMS ini.

Pengelolaan Kinerja, di sini adalah tempat untuk melakukan penilaian kinerja bagi guru atau kepala sekolah. Tujuan dari fitur ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sekolah melalui perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian kerja.

2. Fitur Mengajar

Melalui fitur Mengajar ini, terdapat tiga kategori yaitu Perangkat Ajar, CP & ATP, dan Asesmen Murid.

Melalui Perangkat Ajar, Anda bisa mengunduh modul ajar, modul projek, buku teks, dan bahan ajar lainnya. Semua bahan-bahan ajar tersebut, semuanya sudah dikoreksi oleh pihak Kementerian Pendidikan. Artinya, bahan ajar yang Anda unduh sah digunakan di sekolah Anda sebagai sumber mengajar.

Lalu Asesmen Murid akan sangat bermanfaat untuk menguji kompetensi siswa Anda. Di kategori ini, Andai bisa menemukan paket soal baik yang bisa digunakan secara online maupun offline. Hasilnya nanti bisa digunakan sebagai penilaian terhadap pemahaman siswa Anda dalam mengikuti pelajaran yang telah diberikan.

CP & ATP sangat bermanfaat untuk membuat capaian pembelajaran berikut dengan contoh-contoh Alur Tujuan Pembelajar. Semuanya bisa disesuaikan dengan mata pelajaran yang Anda ampu.

Halaman Berikutnya

3. Inspirasi

Share :

Baca Juga

News

Kenali Apa Itu NPSN? Cara Mudah untuk Mengeceknya

News

Platform Merdeka Mengajar Penting bagi Guru, Simak Informasinya

News

Tidak Mengajar dan Tidak Terdaftar di Dapodik, Apakah Bisa Daftar PPPK?

News

Kemdikbud Berikan Informasi Untuk Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi

News

Info Terkini Seleksi PPPK 2024: Sampai Tahap Verifikasi dan Validasi Honorer

News

Info Penting! Kemendikbud Intruksikan 5 Projek Baru Tendik

News

Resmi Rilis Pengumuman Kelulusan PPPK Guru 2023 Cek SSCASN Dan Instansi Sudah Status Pengumuman

News

Seleksi CASN 2024 Dilakukan Sebanyak 3 Periode, Berikut Penjelasan Lengkap