Home / News

Rabu, 6 Desember 2023 - 18:08 WIB

Berikut Kejelasan P2, P3 Mendapat Afirmasi Sertifikat Pendidik atau Tidak Mendapat Afirmasi Serdik

Dibaca 1,429 kali

Terlebih lagi untuk para peserta pelamar seleksi PPPK guru 2023 sekarang ini sedang menunggu hasil pengumuman kelulusan ujian seleksi tes CAT BKN. Seperti halnya diketahui jika dalam seleksi ini, untuk para tenaga pendidik yang mempunyai sertifikat pendidik akan memperoleh afirmasi maupun tambahan nilai 100% dari skor seleksi kompetensi teknis.

Pastinya, hal tersebut akan sangat membantu guru untuk memperoleh skor yang jauh lebih tinggi jika harus dibandingkan guru yang tidak mempunyai sertifikat pendidik.

Selanjutnya, apakah afirmasi serdik 100% tersebut juga berlaku untuk para pelamar khusus yaitu P2 dan P3? Atau bahkan hanya saja berlaku untuk para pelamar umum?

Agar bisa mengetahui jawaban lengkapnya, simak artikel kali ini sampai tuntas.

Dalam mekanisme seleksi PPPK guru tahun 2023 tersebut terbagi menjadi 2 bagian, diantaranya yaitu mekanisme penempatan serta mekanisme seleksi melalui CAT.

  • Mekanisme penempatan

Mekanisme penempatan tersebut juga hanya diperuntukan untuk para pelamar P1 maupun juga untuk para guru yang sudah memenuhi nilai ambang batas pada seleksi PPPK guru tahun 2021.

Guru P1 saat ini hanya tinggal menunggu pengumuman penempatan tanpa harus lagi mengikuti seleksi maupun juga tanpa mengikuti ujian CAT BKN.

  • Mekanisme seleksi dengan melalui CAT

Mekanisme seleksi dengan melalui CAT, hal tersebut juga berlaku untuk para pelamar khusus dan pelamar umum yaitu untuk golongan P2, P3 dan pelamar umum.

  • Para peserta P2 menjadi salah satu pelamar THK- II yang terdaftar dalam pangkalan data pada BKN dan belum juga menjadi ASN
  • Para peserta P3 adalah guru honorer sekolah negeri yang terdaftar dalam Dapodik lebih dari 3 tahun yaitu sebelum Juni 2023
  • Golongan P4 atau pelamar umum adalah lulusan program PPG di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset & Teknologi. Dan juga Guru Non ASN guru sekolah negeri terdaftar di Dapodik kurang tadi 3 tahun maupun guru sekolah swasta yang terdaftar dalam Dapodik.

Wajib untuk mengikuti seleksi ujian CAT BKN terlebih dahulu, baru selanjutnya guru dengan peringkat terbaik akan memperoleh formasi jika masih ada kuota formasi.

Dan untuk para pelamar umum syarat utama lulus yaitu harus mempunyai skor yang masing- masing tes melampaui nilai ambang batas maupun juga ada passing grade yang wajib dilampaui.

Selanjutnya, apakah afirmasi serdik 100% tersebut juga berlaku untuk para pelamar khusus yaitu P2 dan P3? Maupun juga hanya berlaku untuk para pelamar umum?

Ternyata sejauh ini ada 2 pendapat berbeda yakni keterangan dari KemenPAN RB dan Kemendikbud, yang mana keterangan tersebut berisi:

Halaman Selanjutnya

Berdasarkan penuturan pihak KemenPAN RB…

Share :

Baca Juga

News

Apakah Anda Termasuk? Berikut 5 Kriteria Guru Honorer Yang Akan Digeser Pada Penempatan PPPK Guru

News

Simak! Cara Ajukan Sanggah, Bagi Tidak Lolos Seleksi Administrasi CASN 2023
Momentum Hari Guru

News

Segera Cek Penerima PIP Kemdikbud 2023, Simak Caranya

News

Penyebab Tunjangan Profesi Guru Kemenag dan Kemdikbud Tidak Cair

News

Besaran Penerima Dana PIP Tahun 2023, Jenjang SD Sampai Mahasiswa
Ilustrasi Peserta PPG Dalam Jabatan 2023

News

SE Pengangkatan Tenaga Honorer Tanpa Tes 2023, Cek Adakah Namamu
PAS

News

Penjelesan Bantuan KJMU, Dana 9 Juta Per Semester

News

Mulai 1 Maret Pensiunan PNS Terima Tunjangan Beras dan Pangan