Home / Edutainment / Opini

Senin, 19 September 2022 - 12:01 WIB

Fresh Graduate? Simak Supaya Cepat Dapat Kerja!

Dibaca 397 kali

Fresh GraduateFresh Graduate merupakan sebutan bagi mahasiswa yang baru saja lulus dari institusi pendidikan perguruan tingginya. Penambahan gelar di akhiran nama lengkapnya menjadi kebanggaan tersendiri baginya dan keluarganya.

Perkembangan teknologi mengharuskan seluruh manusia beradaptasi dan turut mengikuti perkembangan yang ada. Karena bila tidak bisa beradaptasi, pasti akan tertinggal jauh dari perkembangan yang ada.

Tidak hanya teknologi yang berkembang, bahkan seluruh aspek kehidupan juga sudah bisa “dilibati” oleh teknologi. Tentu bila tidak dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, pasti di masa mendatang akan sangat tertinggal.

Teknologi beriringan dengan perubahan zaman, dan perubahan zaman selalu membawa anak muda untuk terjun dan menerjang perubahan zaman beserta seluruh tantangan di dalamnya.

Kondisi seperti ini memungkinkan seseorang mendapatkan banyak informasi, bahkan informasi yang tidak diharapkan sejak awal untuk diketahuinya.

Anak muda zaman sekarang juga memiliki banyak jenis, diantaranya adalah gen y, gen z, dan generasi millennial. Semua digolongkan berdasarkan usia yang dimiliki saat ini. Dan tentu dilihat dari apa yang dihadapi dalam kehidupan.

Baca Juga:  Strategi Hadapi Insekuritas Peserta Didik di Lingkungan Sekolah

Pada bidang pendidikan misalnya, perkembangan teknologi memberikan banyak akses pengetahuan yang dapat dimiliki oleh seluruh siswa, termasuk mahasiswa.

Mahasiswa yang berkembang adalah mahasiswa yang mudah beradaptasi pada perubahan yang ada. Mulai dari tata perilaku, mempergunakan teknologi, mengembangkan kompetensi di bidang teknologi, hingga aplikasinya dalam pekerjaan sehari-hari.

Di Indonesia sendiri, jumlah pengangguran di pada tahun 2022 tercatat 5,83% dari total penduduk usia kerja sejumlah 208,54 juta. Nominal ini terbilang cukup tinggi namun masih bisa ditanggulangi.

Pengangguran sendiri dapat disebabkan oleh sedikitnya lowongan pekerjaan yang ada, sedikitnya skill yang dimiliki pelamar, hingga kurangnya persiapan pelamar dalam mengirimkan lamaran pekerjaan.

Selain itu, untuk frtesh graduate atau mahasiswa yang baru lulus dari institusi pendidikan perguruan tinggi juga memiliki kesempatan yang sama bila tidak menyiapkan diri sejak saat ini.

Di bawah ini adalah tips untuk fresh graduate agar segera mendapatkan pekerjaan di dunia digital seperti sekarang ini:

Halaman Selanjutnya

Tips mendapatkan pekerjaan dunia digital untuk fresh graduate

Share :

Baca Juga

Edutainment

Beasiswa Unggulan Kemendikbud DIBUKA LAGI! Daftar Sekarang!

Edutainment

Public Speaking for Teachers: Jadi Guru Zaman Now!

Edutainment

5 Rekomendasi Aplikasi Membuat Bahan Ajar Otomatis

Kesiswaan

Tebak Yuk Alasan Guru Selalu Sewot Ketika Muridnya Pakai Jaket di Kelas

Edutainment

Membuat Ujian Otomatis Menggunakan Aplikasi Google

Opini

Lancar Public Speaking? Begini Tipsnya!

Edutainment

Jadwal Libur Lebaran dan Liburan Sekolah Tahun 2023 di Berbagai Provinsi di Indonesia

Edutainment

Menulis Artikel Ilmiah pada Pembelajaran era Kurikulum Merdeka
Download Sertifikat Pendidikan Gratis