Home / Media Mengajar

Selasa, 19 Juli 2022 - 03:04 WIB

Jenis Media Pembelajaran yang Bisa Dijadikan Pilihan oleh Guru

Dibaca 405 kali

Jenis Media Pembelajran – Era kebijakan tatap muka yang sudah kembali, menuntut para pendidik untuk kembali mengkreasikan beragam media pembelajaran serta cara untuk mendidik pelajar agar lebih betah ketika berada di dalam kelas.

Pembelajaran jenis ceramah dan hanya berfokus pada satu arah saja tentu malah lebih cepat menimbulkan kebosanan bukan? Maka dari itu, penting bagi pendidik untuk menambah daya tarik mata pelajaran yang disampaikan dengan tambahan media pembelajaran.

Adapun beberapa jenis media pembelajaran yang perlu dipahami lebih dalam oleh pendidik diulas di bawah ini sebagai berikut :

Media Pembelajaran Serbaneka

Jenis media ini biasanya merupakan pembuatan serta penggunaan media yang akan disesuaikan dengan beberapa potensi daerah baik di sekitar satuan pendidikan maupun lokasi lainnya. Bahkan bisa juga media tersebut berdasar potensi masyarakat untuk bisa dimanfaatkan dan menunjang sebagai alat serta media pengajaran di kelas. Adapun penjelasan dari ragam bentuknya dapat dipahami sebagai berikut :

1.    Papan

Bentuk pertama yakni media berbentuk papan. Papan yang biasa digunakan yakni seperti papan tulis, buletin, flanel, magnetik, listrik maupun seperti papan paku. Pendidik bisa menambahkan aksesn tempelan berupa gambar maupun lainnya agar media belajar semakin terlihat menarik dan tetap fungsional.

2.    Media Bersifat Tiga Dimensi

Bentuk lainnya yakni media yang bersifat tiga dimensi seperti model, diorama, mock up maupun maket. Biasanya jenis media pembelajaran seperti ini lebih sering berkaitan dengan jurusan teknik seperti arsitek, tata busana maupun satuan pendidikan menengah kejuruan dengan beragam jurusan lain.

Baca Juga:  Unduh Fasilitas Webinar Kiat Menggapai 12,5 Angka Kredit dari 1 DIKTAT

3.    Media Realita

Kemudian anda bisa juga menggunakan dengan media pembelajaran yang berkaitan dengan benda – benda yang ada pada relaita kehidupan sehingga bisa dikatakan menggunakan versi aslinya.

4.   Sumber Belajar Masyarakat

Kemudian bentuk media pembelajaran lainnya yakni berupa sumber belajar masyarakat misalnya dengan mengajar sambil berkarya wisata dan melakukan perkemahan. Selain menambah daya tarik, tentu hal ini juga akan menambah incomemasyarakat lokal supaya lebih makmur dan sejahtera.

Jenis Media Globe dan Peta

Kemudian jenis media lainnya yakni menggunakan globe dan peta, Kehadiran media tersebut tentu akan sangat membantu pendidik dalam menyajikan dan mendalami data terkait lokasi. Bagi pendidik IPS, tentu kedua benda tersebut sangat dibutuhkan bukan? Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan yakni:

Pertama, dengan menggunakan globe dan peta, para peserta didik dapat lebih mudah untuk memahami posisi dari suatu kesatuan politik baik di daerah lokal, kepulauan maupun negeri lainnya berdasar tambahan pemahaman yang ada.

Kedua, kedua benda tersebut akan semakin merangsang peserta didik untuk lebih belajar mengenai kondisi penduduk wilayah tertentu dan pengaruhnya pada aspek geografis.

Nah, demikian ulasan mengenai jenis media pembelajaran.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

Media Mengajar

Kurikulum Merdeka dan Perangkat Pembelajarannya

Karya Inovatif

Terbukti! Cara Mendapatkan Uang dari Blog untuk guru

Media Mengajar

Rapor Pendidikan Resmi Diluncurkan Oleh Kemendikbudristek

Kesiswaan

Berpikir Kritis dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri

Kesiswaan

Pentingnya Penerapan Pendekatan STEM di Sekolah

Kesiswaan

Mengenal Model Pembelajaran STAD

Kesiswaan

Mengenal Media Pembelajaran Dua Dimensi

Media Mengajar

Penanaman Pendidikan Karakter di SMP
Download Sertifikat Pendidikan Gratis