Home / Edutainment / Karya Inovatif / Media Mengajar / News

Jumat, 25 Februari 2022 - 20:57 WIB

Metode Resitasi. Pengertian, Tujuan, Jenis dan Langkah

Dibaca 3,304 kali

Metode resitasi atau penugasan adalah yang menekankan pada pembacaan, pengulangan, pengujian, dan pemeriksaan atas diri sendiri

melalui sejumlah tugas yang diberikan oleh kepada di luar jam sekolah dalam rentang waktu tertentu dan hasilnya dipertanggung jawabkan kepada guru

dengan tujuan untuk merangsang siswa untuk aktif baik secara individu maupun kelompok.

Bentuk tugas yang dapat diberikan adalah tugas-tugas dalam bentuk daftar sejumlah pertanyaan mengenai mata pelajaran tertentu, atau satu perintah

yang harus dibahas dengan diskusi atau perlu dicari uraiannya pada buku pelajaran. Masalah tugas yang dilaksanakan oleh siswa dapat dilakukan luar kelas, misalnya di

halaman sekolah, di laboratorium, di perpustakaan, di bengkel, maupun di rumah siswa asal tugas itu dapat dikerjakan.

Berikut definisi dan pengertian metode resitasi dari beberapa sumber buku:

  1. Menurut Majid (2013), resitasi adalah yang mengkombinasikan penghafalan, pembacaan, pengulangan, pengujian, dan pemeriksaan atas diri sendiri.
  1. Menurut Djamarah dan Zein (2010), resitasi adalah metode penyajian bahan dimana guru memberikan tugas tertentu agar siswa melakukan kegiatan belajar yang bertujuan untuk merangsang anak agar aktif belajar, baik secara individual ataupun secara kelompok.
  2. Menurut Slameto (1991), resitasi adalah cara penyajian bahan pelajaran yang memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di luar jadwal sekolah dalam rentang waktu tertentu dan hasilnya dipertanggung jawabkan kepada guru.
  3. Menurut Ahmadi dan Prasetya (1997), resitasi adalah metode pengerjaan rumah yaitu murid diberi tugas di luar jam pelajaran, dimana anak-anak dapat mengerjakan tugasnya tidak hanya di rumah, tetapi dapat di perpustakaan, di laboratorium, di kebun percobaan dan sebagainya untuk dibertanggung jawabkan kepada guru.
  4. Menurut Syaiful (2008), resitasi adalah cara penyajian bahan dimana guru memberikan tugas tertentu agar siswa melakukan kegiatan belajar, kemudian belajar dan harus dipertanggung jawabkannya.
  5. Menurut Daradjat (2011), resitasi adalah metode pembelajaran yang menekankan pada pemberian tugas oleh guru kepada anak didik untuk menyelesaikan sejumlah kecakapan, tertentu.

Tujuan Metode Resitasi 

Menurut Djamarah dan Zain (2010), tugas dan resitasi merangsang anak untuk aktif belajar, baik secara individu maupun secara kelompok.

Melalui metode resitasi siswa kesempatan untuk saling membandingkan dengan hasil pekerjaan orang lain, dapat mempelajari dan mendalami hasil uraian orang lain.

Dengan demikian akan memperluas, memperkaya dan memperdalam pengetahuan serta pengalaman siswa.

Menurut Hamdayama (2014), metode pemberian tugas belajar atau resitasi memiliki beberapa tujuan, antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Memperdalam pengertian siswa terhadap pelajaran yang telah diterima.
  1. Melatih siswa ke arah .
  2. Siswa dapat membagi waktu terluang untuk menyelesaikan tugas.
  3. Melatih siswa untuk menemukan sendiri cara-cara yang tepat untuk menyelesaikan tugas.
  4. Memperkaya pengalaman-pengalaman disekolah melalui kegiatan-kegiatan di luar kelas.

Metode resitasi merupakan metode yang dapat mengaktifkan siswa untuk mempelajari sendiri sendiri suatu masalah dengan jalan membaca sendiri, mengerjakan soal sendiri,

sehingga apa yang mereka pelajari dapat mereka rasakan berguna untuk mereka dan akan lebih lama mereka ingat. Penggunaan metode resitasi (tugas), diberikan dengan harapan agar siswa memiliki hasil belajar yang lebih maksimal.

Jenis-jenis Metode Resitasi 

Menurut Nasution (2000), terdapat dua jenis metode resistasi, yaitu:

Penugasan Individu. Penugasan individu adalah suatu penugasan yang dibebankan kepada masing-masing peserta didik. Tugas individual lebih ditekankan kepada pembinaan kognitif-afektif-psikomotor siswa secara individual.

Melalui tugas individual siswa dituntut menurut kesanggupan dan kerajinan masing-masing. Namun demikian, siswa tetap diberi kesempatan untuk berdialog dengan siswa lain, namun tetap tugas yang harus diselesaikannya bersifat perorangan.

Baca Juga:  Berikut Penjelasan yang Guru Bisa Pahami Tentang Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif

Penugasan Kelompok. Penugasan kelompok adalah suatu langkah yang digunakan oleh untuk membantu peserta didik supaya mereka mampu melakukan kerja sama di dalam kelompok-kelompok yang sengaja dibentuk guna melaksanakan

kegiatan pembelajaran tertentu yang ditugaskan kepada para peserta didik. Siswa didorong atau dikehendaki untuk bekerja sama pada suatu tugas dan mereka harus mengkoordinasi usahanya menyelesaikan tugasnya.

Tugas-tugas itu dikerjakan dalam kelompok secara bergotong royong.

Langkah-langkah Metode Resitasi 

Menurut Djamarah dan Zein (2010), langkah-langkah metode resitasi dapat dilakukan melalui beberapa langkah atau fase, yaitu sebagai berikut:

Fase pemberian tugas. Tugas yang diberikan kepada siswa hendaknya mempertimbangkan tujuan yang akan dicapai,

jenis tugas yang sesuai dengan kemampuan siswa, serta adanya petunjuk yang dapat membantu dan disediakan waktu yang cukup untuk mengerjakan tugas tersebut.

Fase pelaksanaan tugas. Dalam fase ini diberikan bimbingan atau pengawasan oleh guru, diberikan dorongan sehingga anak mau melaksanakan,

diusahakan atau dikerjakan oleh anak sendiri, mencatat semua hasil yang diperoleh dengan baik dan sistematis.

Fase pertanggung jawaban tugas. Laporan siswa baik lisan atau tertulis dari apa yang telah dikerjakan, ada tanya jawab dan diskusi, hasil pekerjaan siswa baik dengan tes atau non-tes atau cara lainnya.

Sedangkan menurut Shalahuddin (1987), metode resitasi akan lebih efektif apabila dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Tugas yang akan dikerjakan murid harus jelas dan tegas pembatasannya, dengan demikian murid tidak ragu-ragu dalam mengerjakan tugasnya.
  1. Tugas yang diberikan harus sesuai dengan taraf perkembangan kecerdasan maupun minta murid.
  2. Waktu untuk mengerjakan tugas harus jelas.
  3. Adakan kontrol yang sistematis, sehingga mendorong anak untuk bekerja dengan sungguh-sungguh.
  4. Tugas yang diberikan hendaknya dapat memperkaya pengalaman murid baik untuk di sekolah di rumah maupun di masyarakat.
  5. Tugas yang diberikan hendaknya dapat bermanfaat baik untuk kebutuhan murid pada saat sekarang maupun yang akan datang.

Kelebihan dan Kekurangan Metode Resitasi

Setiap metode pembelajaran umumnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing begitu juga dengan metode pembelajaran resitasi. Menurut Hardini dan Puspitasari (2012), kelebihan dan kekurangan metode resitasi adalah sebagai berikut:

Kelebihan Metode Resitasi

Kelebihan atau keunggulan metode resitasi adalah:

  1. Memupuk rasa percaya diri sendiri.
  2. Memberi kebiasaan siswa untuk mencari, mengelola informasi dan mengkomunikasikan sendiri.
  3. Mendorong belajar, sehingga tidak mudah bosan.
  4. Membina tanggung jawab dan disiplin siswa.
  5. Mengembangkan kreativitas siswa.
  6. Mengembangkan pola berpikir dan ketrampilan siswa.
  7. Tugas lebih merangsang siswa untuk belajar lebih banyak, baik pada waktu di kelas maupun di luar kelas.
  8. Metode ini dapat mengembangkan kemandirian siswa yang diperlukan kehidupan kelak.
  9. Tugas dapat lebih meyakinkan tentang apa yang dipelajari dari guru, lebih memperdalam, memperkaya atau memperluas pandangan tentang apa yang dipelajari.

Kekurangan Metode Resitasi

Kekurangan atau kelemahan metode resitasi adalah:

  1. Guru tidak dapat mengontrol apakah siswa telah mengerjakan tugas dengan benar.
  2. Guru sulit membedakan siswa yang aktif dan pasif jika tugas diberikan secara berkelompok.
  3. Tidak mudah memberikan tugas yang sesuai dengan perbedaan keadaan individu siswa.
  4. Tugas yang diberikan tidak boleh terlalu mudah atau terlalu sukar namun perlu dimodifikasi agar tidak dianggap memudahkan atau mempersulit siswa dalam mengerjakannya.
  5. Siswa sulit dikontrol, apa benar mengerjakan tugas atau orang lain.
  6. Tidak mudah memberikan tugas yang sesuai dengan perbedaan individu siswa.
  7. Sering memberikan tugas yang monoton, sehingga membosankan.

 

Sekian yang bisa ditulis oleh penulis, harapannya apa yang sudah ditulis bermanfaat untuk semua pihak.

Terima kasih.

 

 

 

Penulis : Galih Pambudi

Share :

Baca Juga

News

Selamat! Gaji Tenaga Honorer Tetap Dianggarkan, Usai MenPAN-RB Keluarkan SE

News

Pahami Kriteria Tenaga Honorer yang Bakal Lolos Pendataan Menjadi ASN

News

Cek Kelulusan UKMPPG & Langkah Selanjutnya Setelah LULUS Untuk Cairkan Tunjangan Sertifikasi Guru

News

PPG Tak Lagi Jadi Syarat Terima Tunjangan, Simak Syarat TPG 2023

News

Tunjangan Dipotong! Tunjangan Sertifikasi Guru TPG Triwulan 2 Dipotong Untuk Semua Jenjang, Berikut Nominalnya

News

Berapa Gaji Guru Penggerak? Ini Penjelasan Selengkapnya
photo by kemdikbud.go.id

News

Info Terbaru Dari Disdik Tentang Pengumuman Penugasan & Penempatan Guru Kode P/L

Karya Inovatif

Pembelajaran Discovery-Inquiry
Download Sertifikat Pendidikan Gratis