Home / Media Mengajar

Rabu, 27 April 2022 - 13:43 WIB

Implementasi Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar

Dibaca 1,778 kali

Platform Merdeka Mengajar – Kurikulum atau program Merdeka Belajar ini diluncurkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim sebagai bentuk dari tindak evaluasi perbaikan Kurikulum 2013. Sebelumnya, kurikulum ini juga disebut sebagai Kurikulum Prototipe yang merupakan salah satu bagian dari upaya pemerintah untuk mencetak generasi penerus yang lebih kompeten dalam berbagai bidang.

Kurikulum Prototipe merupakan penyederhanaan dari silabus 2013 dengan sistem pembelajaran berbasis proyek. Sejak tahun 2020, selama wabah COVID 19, penerapan kurikulum pembelajaran mandiri atau kurikulum prototipe telah dicoba setidaknya 2500 sekolah mengemudi dan Center of Excellence College di Indonesia.

Hasilnya, sekolah-sekolah yang telah menerapkan kurikulum ini terbukti empat sampai lima bulan lebih maju dibanding sekolah lain yang masih menggunakan kurikulum sebelumnya, yaitu Kurikulum 2013.

Dengan begitu, pemerintah pun berupaya mengembangkan kurikulum ini secara lebih lanjut demi penyesuaian strategi belajar di masa pandemi COVID-19. Peluncuran kurikulum merdeka juga diiringin dengan peluncuran platform Merdeka Mengajar sebagai dukungannya.

Tujuan Dan Manfaat Platform Merdeka Belajar

Secara umum, tujuan Program Pembelajaran Guru dalam Guru Merdeka Learning Series adalah untuk mengembangkan kebiasaan yang mencerminkan kompetensi, pengembangan diri secara mandiri, dan berpartisipasi aktif dalam jaringan dan organisasi profesi untuk memajukan karirnya.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi (Kemendikbudristek) secara resmi meluncurkan serangkaian program guru belajar dan berbagi guru gratis melalui portal https://ayogurulearning.kemdikbud.go.id/. Program ini merupakan upaya untuk membantu guru dan satuan pendidikan secara mandiri meningkatkan keterampilan pengembangan diri dalam rangka memahami konsep guru mandiri dalam belajar dan mengembangkan karirnya.

Program Guru Belajar dan Berbagi seri Guru Merdeka Belajar dirancang untuk menjawab persoalan yang dirasakan guru dalam menjalani profesinya. Beberapa persoalan yang dihadapi oleh guru diantaranya :

  • Banyaknya tugas dan tanggung jawab baik yang terkait dengan pembelajaran maupun administrasi;
  • Guru sering mengikuti banyak pelatihan namun tidak sesuai dengan kebutuhannya; dan
  • Guru merasa kelelahan dan merasa tidak berkembang kariernya meskipun sudah mengajar bertahun-tahun.

Program ini bertujuan untuk membantu guru di seluruh tanah air menemukan kunci pengembangan diri, dengan mempertimbangkan berbagai masalah yang dihadapi guru. Ini kemandirian, kemampuan, kolaborasi dan karir.

Secara umum, tujuan Program Pembelajaran Guru dalam Guru Merdeka Learning Series adalah untuk mengembangkan kebiasaan yang mencerminkan kompetensi, pengembangan diri secara mandiri, dan berpartisipasi aktif dalam jaringan dan organisasi profesi untuk memajukan karirnya.

Sementara secara khusus program ini betujuan untuk:

  • Mengenali miskonsepsi pendidikan sehingga para guru bisa berkembang menjadi Guru Merdeka Belajar yang menjadi penggerak perubahan pembelajaran;
  • Mengenali konsep pengembangan diri sehingga bisa melejitkan karier dan sekaligus berkontribusi terhadap pendidikan.

Mengikuti rangkaian Program Guru Belajar Guru gratis itu sendiri, guru dari berbagai jenjang seperti PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, guru SLB dan pimpinan pendidikan yang sudah memiliki fungsi akun SIMPKB dapat mengikuti di seluruh Indonesia.

Materi yang digali dalam program ini antara lain tujuan pendidikan, konsep pembelajaran mandiri, pengembangan diri guru pembelajar mandiri, dan kunci-kunci pengembangan guru pembelajar bebas.

Program ini sangat bermanfaat bagi para guru dalam memahami konsep Merdeka Belajar. Beberapa manfaat mengikuti program ini antara lain:

  • Mengenali miskonsepsi pendidikan sehingga peserta bisa berkembang menjadi Guru Merdeka Belajar yang menjadi penggerak perubahan pembelajaran;
  • Mengenali konsep pengembangan diri Guru Merdeka Belajar sehingga bisa melejitkan karier dan sekaligus berkontribusi terhadap pendidikan; dan
  • Mendapatkan kesempatan dan pendampingan belajar lanjutan melalui program Kelas Merdeka Belajar

Platform Merdeka Mengajar

Diluncurkan pada Merdeka Learning Episode 15, platform Merdeka Mengajar bertujuan untuk membantu para guru mengajar, mengembangkan, melatih, menjalin pertemanan dan menginspirasi siswa sesuai dengan kemampuannya.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah meluncurkan Kebijakan Belajar Mandiri ke-15, Kurikulum Mandiri dan Platform Pendidikan Merdeka. Untuk mengaktifkan profil siswa Pancasila dan mendukung implementasi kurikulum mandiri, platform Merdeka Mengajar hadir sebagai #FriendMotor bagi para guru untuk melakukan tiga hal dengan baik: mengajar, belajar, dan berkreasi.

Platform Merdeka Mengajar adalah platform pendidikan yang memungkinkan Anda menjadi pendamping berkendara bagi guru dan kepala sekolah yang terlebih dahulu perlu mengunduh melalui perangkat Android. Platform ini merupakan langkah selanjutnya dalam upaya Indonesia untuk mentransformasi pendidikan berbasis digital dan bertujuan untuk menjadi motor penggerak bagi guru untuk mengajar, belajar, dan berkreasi.

Tentunya setiap implementasi kebijakan selalu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitu pula dengan penerapan kurikulum mandiri di berbagai jenjang satuan pendidikan.

Keuntungan yang paling mencolok dari penerapan kurikulum ini adalah siswa perlu melakukan proyek-proyek tertentu agar mereka lebih aktif dalam upaya mereka untuk mengeksplorasi diri. Selain itu, kurikulum ini lebih interaktif dan tepat waktu.

Meski begitu, penerapan Kurikulum Merdeka tak lepas dari berbagai kekurangan. Misalnya, persiapan penggunaan kurikulum ini dinilai masih belum matang. Hal ini terlihat dari masih kurangnya kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) untuk melaksanakan kurikulum ini.

Produk-Produk Platform Merdeka Mengajar

  1. Pelatihan Mandiri

Platform merdeka mengajar memiliki kursus pelatihan independen yang tersedia bagi para guru. Isi kursus pelatihan mandiri adalah modul pelatihan berkualitas tinggi yang dapat diakses guru untuk mengembangkan keterampilan mereka kapan saja, di mana saja.

  1. Video Inspirasi

Platform merdeka mengajar ini juga menyertakan video-video inspiratif yang dapat digunakan guru saat menggunakan media pembelajaran. Kumpulan video referensi yang menginspirasi bagi guru untuk mengembangkan keterampilan profesional dan pribadi mereka.

  1. Bukti Karya

Wadah berbagi praktik baik untuk mendorong guru terus berkarya dan saling menginspirasi.

  1. Asesmen Murid

Kumpulan penilaian yang membantu guru memperoleh informasi tentang hasil belajarnya melalui analisis diagnostik kemampuan literasi dan komputasi serta menerapkan pembelajaran sesuai dengan tingkat pencapaian dan perkembangannya.

  1. Perangkat Ajar

Platform pengajaran gratis berisi 2.000 referensi bahan ajar berupa bahan ajar mandiri berbasis kurikulum, modul pendidikan, dan lainnya.

5 Produk Platform Pendidikan Gratis bertujuan untuk membantu guru mengasah keterampilan mereka dan mengubah pendidikan mereka bersama dengan platform pendidikan independen.

Cara Mengakses Platform Merdeka Mengajar

Untuk mengakses Platform Merdeka Mengajar, guru bisa masuk dengan akun  pembelajaranbelajar.id melalui aplikasi gawai Android atau melalui website.
Caranya:

  1. Unduh Aplikasi Merdeka Mengajar di Google Play Store atau instal pada gawai Android melalui tautan bit.ly/platformmerdekamengajar.
  2. Akses langsung melalui website https://guru.kemdikbud.go.id/. Untuk panduan lengkap penggunaan dan video mengenai platform Merdeka Mengajar bisa cek tautan ini https://linktr.ee/pmerdekamengajar.

Setiap satuan guru dan sekolah mengemudi dalam wilayah satu negara Republik Indonesia memiliki akses platform Merdeka Mengajar, menyeleksi sarana pendidikan, melakukan evaluasi siswa, mengumpulkan sertifikasi kerja dan mandiri dalam satu platform.

Demikian ulasan mengenai Implementasi Kurikulum Merdeka  dalam Platform Merdeka Mengajar. Mudah-mudahan dapat memberikan khazanah pengetahuan baru bagi Anda semuanya sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari demi dapat mendukung lancarnya penerapan kurikulum pembelajaran di negeri ini.

Download e-Book Gratis dari Guru Juara silahkan akses link berikut : GuruJuara.com

Info Kegiatan Guru yang menunjang naik pangkat, silahkan bergabung di channel Telegram Guru Juara

Info Terupdate tentang pendidikan Indonesia, silahkan bergabung di channel Telegram Warta Guru

Penulis : Andika Putra




Share :

Baca Juga

Karya Inovatif

Materi Hari Keempat Diklat 40JP Dampak Kurikulum Merdeka

Karya Inovatif

Pembelajaran Kooperatif, Model dan Jenis

Media Mengajar

Rumah Belajar, Aplikasi Pendukung Pembelajaran Online

Media Mengajar

Keberhasilan Pembelajaran: Kriteria dan Indikator

Media Mengajar

Efektivitas Penggunaan Teknologi Internet sebagai Media Pembelajaran

Media Mengajar

Kualitas Pendidikan Indonesia, Guru Dapat Meningkatkannya!

Edutainment

RPP Literasi dan Numerasi serta Cara Membuatnya

Media Mengajar

Diklat Gratis 35JP Pembelajaran Inspiratif Sekolah Dasar Melalui Media Canva Pendidikan