Home / Media Mengajar

Sabtu, 20 Juli 2024 - 12:09 WIB

Langkah Membuat RPP atau Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Dibaca 275 kali

Masih banyak yang bingung ketika menghadapi masalah harus membuat modul ajar Kurikulum Merdeka. Masih banyak juga guru yang salah memahami pengertian baru ini.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa merupakan inovasi terbaru dalam sistem . Salah satu komponen penting dalam kurikulum ini adalah modul ajar.

Modul ajar sering kali disalahpahami sebagai untuk siswa, padahal sebenarnya modul ajar adalah dokumen perencanaan pembelajaran. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah pembuatan modul ajar atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Pengertian Modul Ajar

Modul ajar adalah dokumen perencanaan pembelajaran yang mencakup tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan . Definisi ini merujuk pada Kepmen 262/M/2022 halaman 68-69.

Modul ajar ini serupa dengan RPP pada Kurikulum 2013, sehingga guru yang sudah familiar dengan RPP akan lebih mudah dalam membuat modul ajar.

Langkah- Kurikulum Merdeka

1. Menentukan Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP)

Langkah pertama dalam membuat modul ajar adalah memahami Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP). ATP ini diturunkan dari Capaian Pembelajaran (). Sebagai contoh, mari kita lihat ATP dari mata pelajaran matematika Fase B, di mana salah satu kompetensinya adalah menggeneralisasikan sifat-sifat bilangan berpangkat.

2. Mengidentifikasi Tujuan Pembelajaran

Dari ATP, kita bisa mengidentifikasi beberapa tujuan pembelajaran. Misalnya, kompetensi menggeneralisasikan sifat-sifat bilangan berpangkat dijabarkan menjadi empat tujuan pembelajaran. Kita dapat memilih satu kompetensi untuk dijadikan satu modul ajar.

3. Membuat Rancangan Modul Ajar

Setelah tujuan pembelajaran diidentifikasi, langkah selanjutnya adalah membuat rancangan modul ajar. Rancangan ini mencakup identitas mata pelajaran, fase, dan materi. Sebagai contoh, jika materi yang diajarkan adalah bilangan berpangkat, maka kita perlu mencantumkan fase dan mata pelajarannya dengan jelas.

4. Menyusun Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran diambil dari ATP dan ditempatkan dalam modul ajar. Sebagai contoh, jika kita memiliki empat tujuan pembelajaran, kita dapat membaginya menjadi dua sesi pembelajaran, masing-masing mencakup dua tujuan pembelajaran.

Baca Juga:  Memahami Karakter Peserta Didik

5. Menyusun Langkah-Langkah Pembelajaran

Langkah-langkah pembelajaran harus mencakup kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada kegiatan pendahuluan, guru dapat memasukkan motivasi, apersepsi, dan prasyarat jika diperlukan.

Pada kegiatan inti, langkah-langkah pembelajaran dapat disusun sesuai dengan model pembelajaran yang digunakan. Misalnya, jika menggunakan model pembelajaran , maka sintaksnya adalah stimulasi, problem statement, data collection, data processing, verification, dan generalization.

6. Menyusun Asesmen

Komponen terakhir adalah asesmen. Asesmen ini mencakup teknik penilaian dan instrumen yang digunakan. Instrumen penilaian dapat dilampirkan dalam modul ajar.

7. Menambahkan Lampiran

Meskipun tidak wajib, menambahkan lampiran seperti lembar aktivitas siswa atau bahan ajar pendukung akan sangat membantu. Lembar aktivitas siswa berfungsi sebagai panduan bagi siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Contoh Rancangan Modul Ajar

Berikut adalah contoh rancangan modul ajar untuk materi bilangan berpangkat:

  1. Identitas Mata Pelajaran:
    • Mata Pelajaran: Matematika
    • Fase: B
    • Materi: Bilangan Berpangkat
  2. Tujuan Pembelajaran:
    • Menggeneralisasikan sifat-sifat bilangan berpangkat.
    • Menggunakan sifat-sifat bilangan berpangkat dalam penyelesaian masalah.
  3. Langkah-Langkah Pembelajaran:
    • Pendahuluan:
      • Memberikan motivasi dan apersepsi.
    • Kegiatan Inti:
      • Sesi 1: Pengertian eksponen dan penggunaannya.
      • Sesi 2: Menggeneralisasikan sifat-sifat bilangan berpangkat.
    • Penutup:
      • Menarik kesimpulan dan refleksi.
  4. Asesmen:
    • Teknik: Tes tertulis
    • Instrumen: Soal-soal latihan yang menguji pemahaman siswa tentang bilangan berpangkat.
  5. Lampiran:
    • Lembar Aktivitas Siswa
    • Bahan Ajar Pendukung

Membuat modul ajar atau RPP dalam Kurikulum Merdeka sebenarnya tidak sulit jika kita sudah memahami komponen dan langkah-langkahnya. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, guru dapat menyusun modul ajar yang efektif dan efisien, serta sesuai dengan kebutuhan pembelajaran siswa.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pendidik dalam menyusun modul ajar Kurikulum Merdeka.

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Pentingnya Penerapan Pendekatan STEM di Sekolah

Karya Inovatif

Daftar Workshop gratis! E-learning Video Pembelajaran dengan OBS Studio

Kesiswaan

Konsep Model Pembelajaran Kontekstual di Sekolah

Media Mengajar

Daftar Media Pembelajaran Interaktif yang Mungkin Belum Anda Tahu

Karya Inovatif

Pelatihan bersertifikat 32JP Membuat Website Personal dengan Canva

Karya Inovatif

Cara Mudah Membuat Dan Mengelola LKPD

Media Mengajar

Mengenal Media Podcast untuk Pembelajaran

Karya Inovatif

Media Pembelajaran Berbasis Digital, Jenis dan Contoh
Download Sertifikat Pendidikan Gratis