Home / Karya Inovatif / Media Mengajar / News / Pelatihan

Jumat, 25 Februari 2022 - 16:50 WIB

Materi Hari Ketiga Diklat 40JP Dampak Kurikulum Merdeka

Dibaca 2,879 kali

Hari ketiga Telah dilaksanakan Diklat Nasional 40 JP : DAMPAK BESAR KURIKULUM MERDEKA DALAM FLEKSIBILITAS PEMBELAJARAN. Diklat hari ketiga mengangkat tema “Pengembangan Bahan Ajar yang Sesuai dengan Kurikulum Merdeka”. Diklat kali ini dipandu oleh moderator bapak awal faizin. Dengan Narasumber ibu Harna Yulistiyarini, S.Pd., M.Pd. Seorang Guru Matematika dari SMP N 1 Tayu, Kab. Pati, Jawa Tengah.

Sebelum memulai pembahasan terkait materi. Ibu Harna membagikan link survey untuk memantik ide peserta terkait jenis bahan ajar. Berbagai jawaban dari peserta seperti silabu, modul, LKPD, Buku sumber, dll. Disini terlihat antusias yang tinggi dari peserta pada hari ketiga.

Pembahasan dimulai dengan memahami pengertian dari bahan ajar. Bahan ajar merupakan segala bentuk bahan yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar (Majid, 2008: 173), (National Center for Vocational Education Research Ita/National Conter for Competency Based Training). Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis dan terencana untuk membantu tercapainya kompetensi peserta didik dan digunakan dalam aktivitas pembelajaran.

Jenis Bahan Ajar:

  1. Bahan cetak, contoh : Diktat, Buku, Modul, LKPD, Poster, Wallchart, dll
  2. Audio, contoh : Radio, Podcast, dll.
  3. Audio visual, contoh : video pembelajaran
  4. Bahan ajar interaktif, contoh : CD Interaktif, Aplikasi

Fungsi Bahan Ajar BAGI GURU

  1. Menghemat waktu
  2. Guru lebih fokus sebagai fasilitator
  3. Sumber penilaian siswa belajar
  4. Pembelajaran lebih efektif
  5. Sebagai pedoman pembelajaran

Fungsi Bahan Ajar BAGI SISWA

  1. Bisa belajar sesuai urutan yang dipilihnya
  2. Bisa belajar sesuai kecepatan masing-masing
  3. Bisa belajar di mana pundan kapan pun
  4. Bisa belajar tanpa guru, belajar mandin

Sumber: Kosasih, E. (2020). Pengembangan bahan ajar. Jakarta: Bumi Aksara. Hal 2

Bagaimana dengan Kurikulum MERDEKA?

  1. Fokus pada materi esensial sehingga belajar lebih mendalam dan bermakna, tidak terburu-buru
  2. Memberikan keleluasaan bagi guru menggunakan berbagai perangkat ajar sesuai kebutuhan dan karakteristik peserta didik
  3. Didukung aplikasi merdeka mengajar

Tentang perangkat ajar Sekolah dapat Memilih:

  • Menerapkan beberapa bagian dan prinsip Kurikulum Merdeka, tanpa mengganti kurikulum satuan pendidikan yang sedang diterapkan
  • Menerapkan Kurikulum Merdeka menggunakan perangkat ajar yang sudah disediakan (buku teks, Modul ajar, dll) yang dapat diunduh di Platform merdeka mengajar
  • Menerapkan Kurikulum Merdeka dengan mengembangkan sendiri berbagai perangkat ajar

Platform merdeka mengajar menyediakan referensi bagi guru untuk mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan kurikulum merdeka. Tersedia lebih dari 2000 referensi perangkat ajar berbasis kurikulum merdeka. Membantu guru melakukan analisis diagnostic literasi dan numerasi dengan cepat sehingga dapat menenrapkan pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan peserta didik. Terinspirasi dari materi di “Merdeka Mengajar” guru BERKARYA mengembangkan bahan ajar

  1. Agar materi semakin mudah dipahami siswa
  2. Agar lebih praktis dan efisien digunakan
  3. Agar tampilan dan penyampaian materi semakin menarik
  4. Agar proses pembelajaran semakin lancar sesuai fasilitas yang dimiliki satuan pendidikan
  5. Agar sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa
  6. Untuk dinilaikan dalam kenaikan pangkat

Bahan Ajar yang dibuat guru dapat diajukan untuk kenaikan pangkat. Berikut contoh yang diberikan pengembangan Bahan Ajar

  1. Contoh Mengembangkan Bahan Ajar Diktat. Diktat adalah catatan tertulis suatu yang ringkas, padat, dan jelas agar cepat dipahami. mata pelajaran atau bidang studi dipersiapkan guru untuk mempermudah/memperkaya materi mata pelajaran/ bidang studi yang disampaikan oleh guru dalam proses kegiatan belajar mengajar. Pada diktat, materi disajikan lebih ringkas, padat, dan jelas agar cepat dipahami. Berikut contoh karya yang pernah dibuat oleh ibu harna.

  1. Contoh Mengembangkan Materi dari Buku Teks ke Video Pembelajaran: Materi disajikan di powerpoint dan direkam layer. Video pembelajaran adalah suatu media menyajikan audio visual (gambar yang bergerak disertai suara) serta dirancang sistematis sesuai kurikulum mengaplikasikan prinsipprinsip pembelajaran sehingga memungkinkan peserta didik mencermati materi pelajaran secara lebih mudah dan menarik.

  1. contoh Buku Pelajaran. Buku pelajaran berisi uraian bidang studi ketercapaian untuk menunjang ketercapaian pembelajaran di satuan pendidikan khusus untuk jenjang tertentu WS

Pembahasan ditutup dengan Tanya jawab dengan peserta Diklat.

Unduh disini materi hari ketiga Diklat 40 JP pdf
Unduh disini materi hari ketiga Diklat 40 JP pdf
Unduh disini materi hari ketiga Diklat 40 JP pdf

 

Penulis : Lawu arunawang 085865988163
Info webinar gratis : linktr.ee/grupinfowebinar

Share :

Baca Juga

News

2 Masalah Pendidikan Paling Fundamental Saat Ini

News

Kabar Program Organisasi Penggerak : Organisasi Kemasyarakatan Pelaksana Program Organisasi Penggerak
Cara daftar Beasiswa Unggulan

News

Berikut Tampilan Akun Info GTK Verval Ijazah Aman Atau Belum

Kompetensi Guru

KUOTA SEGERA PENUH! Segera Daftarkan Diri Anda Untuk Ikut Internasional Conference “Diklat Digital Ecosystem Development For Education” Gratis Bersertifikat 32 JP

News

Akhirnya Kemendikbud Resmikan Ini Untuk Guru, Kepala Sekolah, Tendik hingga Pengawas Sekolah/Penilik Tahun 2023 Sebagai Apresiasi Guru

Media Mengajar

Macam-macam Sumber Belajar untuk Siswa

News

PNS Akan Terima Gaji Tunggal! Ternyata Ini Daftar Tunjangan yang Dihapus Pemerintah

Pelatihan

Daftar Segera Pelatihan Gratis Pembuatan Video Pembelajaran Interaktif dengan Virtual Assistant!