Home / Metode Pembelajaran

Minggu, 23 Oktober 2022 - 06:04 WIB

Mengenal Konsep Six Thinking Hats untuk Wujudkan Peserta Didik Berkualitas

Dibaca 221 kali

Di dalam artikel ini akan mengenalkan kepada Anda tentang konsep Six Thinking Hats. Mungkin hal tersebut masih terdengar asing di telinga. Tapi, penting untuk diketahui oleh para pendidik.

Dunia pendidikan pasti akan selalu mengalami dinamisasi dari segi perubahannya. Hal ini bertujuan agar para elemen pendidikan dapat meningkatkan kualitas baik secara internal maupun eksternal.

Perlu diketahui, bahwa perkembangan pendidikan tak hanya dilihat dari nilai dan angka yng dimiliki para peserta didik yang ada di rapor pendidikan.

Melainkan juga dari adanya perkembangan para peserta didik, guru, maupun lingkungan tempat belajar.

Kualitas mereka tentu akan semakin meningkat bila kapasitas dan sumber referensi belajar yang dijadikan panduan merupakan referensi yang jelas dan terpercaya.

Sebagai seorang guru, tentu fokus utama dari perannya yakni mengembangkan intelektualitas peserta didik.

Intelektualitas tersebut dapat berkembang berdasar level yang ada mulai dari cara berfikir dangkal, menyeluruh maupun politis.

Bagaimana Cara Menumbuhkan Proses Berfikir yang Berkualitas bagi Peserta Didik?

Agar peserta didik senantiasa dapat mengembangkan proses berfikirnya, maka tentu seorang guru perlu mengkategorikan level berfikir masing – masing.

Pemilahan tersebut akan membantu pemetaan serta pemberian tugas yang tepat. Adapun salah satu konsep yang dapat diimplementasikan yakni dengan menerapkan six thinking hats.

Pada konsep six thinking hats, peserta didik akan mengenal beberapa level pemikiran yang dikategorikan pada warna topi yakni mulai dari warna biru, putih, merah, hijau, kuning dan hitam. Adapun penjelasannya sebagai berikut :

1.     Varian Topi Berwarna Biru

Level pemikiran pertama yakni topi dengan warna biru. Topi ini merupakan level pemikiran dimana mengharuskan para peserta didik dapat berjalan untuk mengatur serta melaksanakan diskusi dengan benar.

2.     Varian Topi Berwarna Putih

Selanjutnya, yakni varian putih yang diserupakan dengan level pemikiran dimana peserta didik harus fokus terhadap fakta yang ada di sekitar.

3.     Varian Topi Berwarna Merah

Kemudian, level pemikiran selanjutnya yakni warna merah dan diserupakan dengan bagaimana seorang peserta didik dapat melihat dengan jelas serta bersikap lebih fokus pada emosi – emosi yang ada di sekitar.

Selain itu, mereka juga memiliki kemampuan untuk mengendalikan emosi yang dimiliki dalam dirinya.

Halaman Selanjutnya

4.     Varian Topi Berwarna Hijau…

Share :

Baca Juga

pembelajaran berdiferensiasi

Edutainment

Tips Untuk Guru Tumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa

Metode Pembelajaran

Mengenal 2 Model Pembelajaran Aktif di Era Kurikulum Merdeka

Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran Production Based Training untuk SMK

Metode Pembelajaran

5 Variasi Model Belajar dalam Mengajar

Metode Pembelajaran

Mengenal Metode Pembelajaran Saintifik dan Cara Penerapannya
tugas kepala sekola

Metode Pembelajaran

Guru Mengajarkan Keterampilan Diluar Pelajaran
teaching at the right level

Media Mengajar

Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Kurikulum Merdeka

Kompetensi Guru

Yuk Dipahami, Prinsip Pembelajaran Kurikulum Merdeka!