Home / Seminar

Senin, 21 Maret 2022 - 15:14 WIB

Perbandingan Kurikulum Operasional Sekolah Dengan Kurikulum Sebelumnya

Dibaca 6,878 kali

Kurikulum Operasional Sekolah Pendidikan merupakan aset  sumber daya manusia yang berharga dalam jangka panjang dan memiliki nilai penting bagi kelangsungan hidup manusia. Salah satu unsur terpenting  dalam dunia pendidikan  adalah kurikulum. Kurikulum adalah alat untuk menentukan arah pembelajaran, apa yang  diajarkan, cara mengajarkan materi/tujuan, strategi pembelajaran, dan segala pencapaian tujuan yang diupayakan.

Selama 2 tahun lebih kita telah dilanda pandemic covid-19. Ini berdampak pada pembelajaran yang mewajibkkan kita untuk melakukan pembelajaran online atau PJJ untuk meminimalisir penyebaran virus. Pemerintah pusat telah menetapkan kerangka dasar dan struktur kurikulum untuk mengembangkan kurikulum operasional satuan pendidikan sebagai standar dasar.

Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan atau KOSP yang diimplementasikan pada sekolah penggerak merupakan solusi yang diberikan pemerintah yang bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan siswa melalui Program Profil pelajar Pancasila, dimana materi yang diajarkan dalam kurikulum ini bersifat substantif (disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan dinamika perubahan).

Selain itu, kurikulum ini memberikan kebebasan kepada anak  untuk  mencari sumber belajar lain. Tentunya diawasi oleh para tenaga pendidik yang menyiapkan sendiri modul pembelajaran yang sesuai dengan capaian pembelajaran yang telah ditetapkan.

Perbandingan dengan kurikulum sebelumnya

Prinsip Pengembangan Kurikulum Opersional Sekolah

  1. Berpusat pada peserta didik, yaitu pembelajaran harus memenuhi potensi, kebutuhan perkembangan, tahapan belajar, dan kepentingan peserta didik. Profil Pelajar Pancasila menjadi rujukan pada semua tahapan penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan SMK.
  2. Kontekstual, yaitu menunjukkan kekhasan dan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan, konteks sosial budaya dan lingkungan, dan dunia kerja.
  3. Esensial, yaitu memuat semua unsur informasi penting/utama yang dibutuhkan dan digunakan di satuan pendidikan. Bahasa yang digunakan lugas, ringkas, dan mudah dipahami, tidak mengulang naskah/kutipan yang sudah ada di naskah lain. Dokumen tidak perlu memuat kembali misalnya lampiran Kepmendikbud seperti CP, struktur, dll., dalam dokumen kurikulum operasional.
  4. Akuntabel, yaitu dapat dipertanggungjawabkan karena berbasis data dan aktual.
  5. Partisipatif, yaitu pengembangan kurikulum operasional satuan pendidikan melibatkan komite satuan pendidikan dan pemangku kepentingan lainnya, seperti orang tua, asosiasi profesi, serta dunia kerja, di bawah koordinasi dan supervisi dinas pendidikan sesuai kewenangannya.

!!!DAFTAR SEKARANG DIKLAT 35JP!!!

Pemerintah meluncurkan Kurikulum Merdeka sebagai upaya penyempurnaan kurikulum sebelumnya, salah satunya adalah penerapan Kurikulum Operasioanal Sekolah (KOS).

Untuk anda yang masih bertanya tentang Bagaimana cara menganalisis konteks karakteristik sekolah? Bagaimana menentukan pengorganisasian pembelajaran? Bagaimana menyusun RPP berbasis teaching at the right level?

Mari bergabung dan belajar Bersama dalam:

🔰 DIKLAT 35JP “MENGEMBANGKAN KURIKULUM OPERASIONAL SEKOLAH (KOS) BERORIENTASI SCHOOL BY DESIGN” 🔰

Apresiasi Bagi Peserta Setelah Pelatihan, SEMUA PESERTA DAPAT SERTIFIKAT 35 JP

Diklat dilaksanakan pada 24-27 Maret 2022 Pukul : 19.30 WIB

Fasilitas yang didapat:

✅ Diklat Kit (e-Sertifikat, Presensi dan Undangan)

✅ Laporan Kegiatan dan Laporan Pengembangan diri

✅ Materi Diklat (PPT, eBook, Video)

✅ contoh administrasi KOS

✅ Modul Coaching

Bonus Untuk yang Mendaftar Sekarang!

🔥 Aplikasi (Analisis Butir Soal dan penilaian)

🔥 e-Book 100 Materi Ice Breaking

🔥 Kumpulan PTKAplikasi Penilaian Kerja guru

🔥 Buku Pedoman Guru

🔥 Penelitian Tindakan Sekolah

Langkah Pendaftaran:

  1. Melakukan Pembayaran ke No. Rekening BRI 6705-01-041539-53-7a.n Lawu Arunawang
  2. Mengisi Link Pendaftaran : bit.ly/DiklatKOSIKM
  3. Konfrimasi Pembayaran ke Nomor yang tercantum dibawah untuk mendapatkan Link Grup diskusi

Narahubung : wa.me/6285157722601 (Admin Arini)

Dapatkan update artikel terbaru seputar Pendidikan dan informasi kegiatan gratis setiap hari dari wartaguru.id. Silahkan ikuti Grup Info Webinar Pendidikan dengan klik link linktr.ee/grupinfowebinar, kemudian gabung pada salah satu grup. Anda juga dapat simpan nomor admin untuk informasi terbaru 085865988163.

 

Dapatkan Informasi Guru Terupdate dengan bergabung di Channel Telegram : https://t.me/wartagurudotid

Share :

Baca Juga

Seminar

Daftar Segera Sebelum Ditutup! Seminar Peningkatan Mutu Pembelajaran

Karya Inovatif

Webinar Gratis! Naik Pangkat, Menggapai 12,5 Angka Kredit dari 1 Diktat

News

Mengenal Aplikasi Sipendi dan Manfaatnya Bagi Guru PAUD/TK/KB

News

Gratis!!! Seminar Nasional Peran Guru Penggerak dalam Eksistensi Kurikulum Merdeka

News

Hari Ini! Segera Daftar Webinar Gratis Bersertifikat! Webinar : Meningkatkan Kecerdasan Emosional Guru

Advertorial

GRATIS Seminar Nasional Ramadhan Bersama Ustadz Muhammad Nur Maulana “Kreativitas Mendidik Generasi Muslim di Era Digital”
Camtasia Studio

Media Mengajar

Implementasi Video Pembelajaran Menggunakan Camtasia Studio

News

Daftar Bimtek Gratis 40JP Karya Publikasi Ilmiah dan Inovatif Naik Pangkat