Home / Seminar

Kamis, 17 Maret 2022 - 09:23 WIB

Seminar Nasional : Perangkat Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka

Dibaca 1,748 kali

Perangkat Pembelajaran – Education Development Center (EDC) menyatakan bahwa Literasi lebih dari sekedar kemampuan baca tulis. Namun lebih dari itu, Literasi adalah kemampuan individu untuk menggunakan segenap potensi dan skill yang dimiliki dalam hidupnya. Sebagai upaya peningkatan optimasi perangkat pembelajaran, e-Guru.id mempersembahkan kegiatan :

SEMINAR NASIONAL MEMPERKAYA LITERASI GURU DALAM OPTIMASI PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA

Menghadirkan pembicara Dosen Pengampu Media Pembelajaran Kurikulum & Teknologi Pendidikan Basuki Sulistio, S.Pd., M.Pd.

Seminar akan dilaksanakan secara dari melalui live streaming youtube dan zoom meeting pada Senin, 21 Maret 2022 Pukul 19.00 WIB – selesai.

FASILITAS PESERTA FREE/GRATIS

  1. Sertifikat Tanpa Nama (4 JP)
  2. Live On YouTube
  3. Seminar Kit (Undangan, Materi, Rekap daftar hadir)

Syarat PENDAFTARAN PESERTA FREE/GRATIS

  1. Gabung Grup Diskusi linktr.ee/grupinfowebinar
  2. Share ke 3 Grup Pendidik yang lain.
  3. Kemudian mengisi link pendaftaran:

Download/Unduh Undangan Seminar klik :

Info Kegiatan : wa.me/6285865988163

Perangkat Pembelajaran merupakan salah satu perangkat wajib yang harus disiapkan seorang guru sebelum mulai Proses Belajar mengajar. Menurut Zuhdan, dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran.

Dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Berikut perangkat pembelajaran yang perlu dibuat oleh guru sebagai pegangan saat pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas:

Silabus

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

RPP

RPP adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus. RPP mencakup beberapa hal yaitu: (1) Data sekolah, mata pelajaran, dan kelas/ semester; (2) Materi Pokok; (3) Alokasi waktu; (4) Tujuan pembelajaran, KD dan indikator pencapaian kompetensi; (5) Materi pembelajaran; metode pembelajaran; (6) Media, alat dan sumber belajar; (7) Langkah-langkah kegiatan pembelajaran; dan (7) Penilaian.

Prota

Prota atau Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa.

Promes

Program semester atau prosem merupakan gambaran distribusi materi selama satu semester berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah di rumuskan dalam standar isi.

Penyusunan Program Semester berfungsi sebagai acuan menyusun satuan pelajaran; acuan kalender kegiatan belajar mengajar; dan untuk mencapai efesiensi dan efektifitas penggunaan waktu belajar yang tersedia

Buku Absen

Absensi bertujuan sebagai media pencatatan daftar ketidakhadiran siswa untuk mengetahui jumlah kehadiran siswa sekaligus untuk mengontrol frekuensi krajinan siswa. Memantau kehadiran setiap siswa, terutama yang jarang masuk dan sering bolos jam pelajaran.

Buku Jurnal

Jurnal mengajar Guru merupakan dokumen perangkat pembelajaran yang terus menerus ditulis oleh guru  setiap kali melaksanakan proses pembelajaran. Jurnal mengajar merupakan bagian dari buku kerja guru yang harus disiapkan guru sebelum memulai pembelajaran di semester baru.

Buku penilaian

Buku ini digunakan untuk dokumentasi nilai siswa baik dari penilaian harian, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester, penilaian akhir tahun maupun data-data lain hasil evaluasi terhadap peserta didik.

Bundel portofolio

Tugas-tugas yang dikerjakan oleh siswa di kumpul jadi satu bundel, biasanya digabung perkelas bahkan per individu. Gunanya untuk mengetahui perkembangan kompetensi peserta didik, perubahan peserta didik terhadap penerimaan materi yang disampaikan dapat diukur sehingga memudahkan guru menentukan model dan metode yang akan diberikan. Melalui bundel ini, seorang guru dapat menyimpulkan keberhasilan pembelajaran dikelasnya.

Bank Soal

Bank Soal merupakan sekumpulan butir soal terkalibrasi (teruji), baik secara teori maupun empiris, dan memuat informasi penting. Dengan demikian mudah digunakan dalam penyusunan sebuah instrumen penilaian (tes).

Media Pembelajaran

Media pembelajaran dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dan informasi selama berlangsungnya pembelajaran, serta untuk menarik perhatian dan minat siswa dalam belajar.

Tujuan penggunaan media pembelajaran secara umum menurut Lestari, Ariani, & Ashadi (2014) adalah membantu guru dalam menyampaikan pesan- pesan atau materi pelajaran kepada siswanya agar pesan lebih mudah dimengerti, lebih menarik dan lebih menyenangkan bagi peserta didik.

 

Dapatkan update artikel terbaru seputar Pendidikan dan informasi kegiatan gratis setiap hari dari wartaguru.id. Silahkan ikuti Grup Info Webinar Pendidikan dengan klik link linktr.ee/grupinfowebinar, kemudian gabung pada salah satu grup. Anda juga dapat simpan nomor admin untuk informasi terbaru 085865988163.

Dapatkan Informasi Guru Terupdate dengan bergabung di Channel Telegram : https://t.me/wartagurudotid

Share :

Baca Juga

Metode Pembelajaran

Download Sertifikat Seminar Nasional Layanan Pendidikan Inklusif

Karya Inovatif

Webinar Gratis! Naik Pangkat, Menggapai 12,5 Angka Kredit dari 1 Diktat

News

Daftar Bimtek Gratis 40JP Karya Publikasi Ilmiah dan Inovatif Naik Pangkat

Seminar

Daftar Gratis! Seminar Nasional Peran Guru Penggerak

Seminar

Review Materi Seminar Urgensi Kurikulum Operasional Sekolah

News

Hari Ini! Segera Daftar Webinar Gratis Bersertifikat! Webinar : Meningkatkan Kecerdasan Emosional Guru

Media Mengajar

Sertifikat Seminar: Perangkat Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka

Seminar

Webinar Gratis : Meningkatkan Kecerdasan Emosional Guru