Home / Media Mengajar / Pelatihan

Senin, 7 Maret 2022 - 21:54 WIB

Review Materi Pertama Workshop Youtuber Konten Media Pembelajaran

Dibaca 2,646 kali

Telah dilaksanakan pertemuan pertama Workshop Nasional “Menjadi Youtuber Dengan Konten Media Pembelajaran Interaktif”. Workshop ini dipersembahkan oleh eGuru foundation yang  merupakan program beasiswa yang diberikan oleh e-Guru.id kepada guru – guru di seluruh indonesia. Bersama dengan belajar era digital sebuah channel youtube yang memberikan edukasi GRATIS baik untuk GURU, SISWA, atau MAHASISWA.

Pelaksanaan Workshop diikuti guru dari berbagai Indonesia secara daring melalui media live streaming youtube dan zoom meeting. Pelatihan dipimpin oleh Tifani Anastasya Irawan selaku pembawa acara. Pada pertemuan pertama workshop dimulai dengan pembukaan dari direktur utama eGuru Foundation Ibu Ratih Hidayah.

eGuru Foundation merupakan kegiatan yang didukung oleh eGuru.id yang merupakan salah satu program di bawah naungan e-Guru.id yang bergerak pada bidang sosial, seperti amal dan Kerjasama komunitas untuk pengadaan pelatihan dan kegiatan rumah. Ilmu yang dikemas dalam berbagai bentuk acara dan kegiatan.

eGuru Foundation telah mencatatkan berbagai kegiatan yang telah dilakukan yaitu eGuru peduli masyarakat, eGuru inspirasi untuk sesame, eguru training project, eguru festival, dan eguru weekly care.

Pertemuan pertama dipandu oleh moderator Awal Faizin dan menghadirkan narasumber special yaitu bapak Hendra Dwi Permana selaku Manajer Channel Youtube Belajar Era Digital. Pertemuan pertama mengangkat judul “Cara Mendaftar Canva Premium Gratis dan Pengenalan Canva”.

Pembahasan dimulai dengan penjelasan mengenai konten pembelajaran. Konten pembelajaran merupakan materi pengetahuan, konsep, dan ketrampilan yang perlu dipelajari oleh murid berdasar kurikulum, baik cetak, audio ataupun video.

Youtube merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk konten pembelajaran dengan basis Video dan audio. Video pembelajaran adalah Sebuah media yang menyajikan dan mengandung materi pembelajaran yang berisikan konsep, prosedur, teori dan contoh terhadap suatu pengetahuan dengan harapan video dapat memahami isi materi pembelajaran tersebut.

APA KELEBIHAN VIDEO UNTUK KONTEN PEMBELAJARAN?

  1. Proses pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan bisa dibangun dengan menghadirkan media pembelajaran dalam bentuk video (audio visual). Belajar melalui video akan memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, juga memudahkan peserta didik memahami konteks mata pelajaran
  2. Video pembelajaran sangat mudah dibuat, bahkan hanya dengan handphone. Tenaga pendidik atau peserta didik bisa dengan mudah membuat video media pembelajaran.

Lalu Kenapa Melalui Youtube ? Youtube menjadi sarana yang sangat menarik sebagai media pembelajaran, serta konten Bapak/Ibu dapat dinikmati oleh siswa seluruh indonesia.

Ada berbagai media yang dapat digunakan dalam membuat video youtube seperti ActivePresenter, OBS Studio, Camtasia, VMIX, dan Canva.

Dari berbagai media diatas canva menjadi pilihan bagi anda yang ingin membuat video dengan mudah. Canva dapat diinstall dan digunakan melalui handphone dan kapasitasnya sangat ringan. Canva merupakan aplikasi online gratis yang dapat digunakan untuk membuat esain dan video. Sebagai content creator pemula, media canva sudah cukup digunakan untuk editing ringan.

Bagi anda yang ingin mempelajari lebih mendalam cara mendaftar pada aplikasi canva dengan akun belajar.id silahkan cek pada artikel dibawah

KLIK DISINI

SEGERA DAFTAR PELATIHAN 32JP!!!

Bagi anda yang tertarik untuk mendalami pembuatan media pembelajaran berbasis website dengan mudah melalui canva for education, mari belajar bersama dalam “MEMBUAT WEBSITE PERSONAL DENGAN CANVA FOR EDU”.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh e-Guru.id yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pengembangan diri. Sebagai bentuk Apresiasi Bagi Peserta Setelah Pelatihan, SEMUA PESERTA DAPAT SERTIFIKAT 32 JP. Pelaksanaan: 8, 9, 11, 14, 16 Maret 2022 pada Pukul: 19.00 WIB (via telegram dan zoom).

Peserta juga mendapat berbagai fasilitas lain seperti :  E-Sertifikat 32 JP ,Undangan dan Daftar Hadir, Materi Pelatihan / Video Tutorial,  Contoh Laporan Pengembangan Diri, Konsultasi dan Pendampingan dengan Instruktur, Semua Mendapatkan Sertifikat 32JP.

Tidak hanya itu peserta yang mendaftar juga akan mendapat bonus special 250 file PTK, PTS,Kumpulan Makalah Best Practice, Kumpulan Materi Ice Breaking.

‼️Daftarkan diri segera sebelum kuota penuh‼️

LINK PENDAFTARAN : https://bit.ly/PelatihanCanvaEdu

⭕️ GRATIS Bagi Member, Daftar Melalui : http://bit.ly/DaftarEguru

MAU dibantu daftar? hubungi kami :

📲 wa.me/6285869433931 (Admin Ayu)

 

Dapatkan Informasi Guru Terupdate dengan bergabung di Channel Telegram : https://t.me/wartagurudotid

Penulis : Lawu arunawang 085865988163
Info webinar gratis : linktr.ee/grupinfowebinar

Share :

Baca Juga

Aplikasi Power Point

Pelatihan

Pentingnya Refleksi Pelaksanaan Pembelajaran
Program Sekolah

Pelatihan

Penerapan 6 Literasi Dasar dalam Pembelajaran di Kurikulum Merdeka
Diskriminasi Pendataan Honorer

Pelatihan

Cara Menggunakan Classpoint untuk Pembelajaran
PGRI Desak Pemerintah Tuntaskan 1,6jt TPG

Media Mengajar

Mengenal Media Pembelajaran Interaktif

Karya Inovatif

Motivasi Belajar Siswa, Cara dan Jenis Meningkatkannya
Guru

Pelatihan

Keunggulan Menggunakan Media Pembelajaran Classpoint
PAS

Pelatihan

Memilih Metode Penilaian yang Tepat Sesuai dengan Tujuan Pembelajaran

News

Hari Terakhir Pendaftaran! Diklat 35JP Mengembangkan Kurikulum Operasional Sekolah Berorientasi School By Design