Home / Metode Pembelajaran

Kamis, 23 Mei 2024 - 16:41 WIB

Tips Mengajar Matematika Menyenangkan untuk Kelas 5 SD Lengkap dengan Link Download Modulnya

Dibaca 98 kali

Pelajaran Matematika masih sering menjadi momok bagi kalangan siswa, tak terkecuali untuk siswa yang didik di tingkat kelas 5 . Namun hal itu bisa diatasi menggunakan yang tepat.

Seperti yang dilakukan oleh seorang guru di SD negeri 26 Gasan Kecil, Sumatera Barat. Nama guru tersebut adalah Gantino Habibi. Ia menemukan formula tertentu yang membuat kelasnya terasa hidup saat belajar Matematika.

Mungkin yang dirasakan oleh Pak Gantino tidak berbeda dengan guru yang lain di mana seringkali mata ini sering ditakutkan oleh para siswa. Sehingga ketika memasuki jam mata pelajaran tersebut, para siswa akan langsung terlihat murung dan takut.

“Dalam keseharian, sering menjadi mata pelajaran yang menakutkan bagi sebagian besar anak-anak termasuk murid saya,” kisah Pak Gantino seperti dikutip dari laman media sosial Kurikulum Merdeka.

Ia mengisahkan bahwa dirinya saat ini tengah di tingkat kelas 5 dasar. Terdapat 7 siswa di dalam kelasnya.

Ia merasa tak nyaman ketika siswa-siswanya tersebut merasa ketakutan ketika belajar Matematika. Sebagai jalan keluarnya, ia mencari-cari metode belajar sambil bermain yang menyenangkan.

Lalu ia sendiri dengan prinsip yang menyenangkan. Materi pokok yang disampaikan adalah materi kajian data di mana pembelajaran tersebut dilaksanakan sambil bermain yang menyenangkan siswa.

Baca Juga:  Ulasan Pembelajaran Berdiferensiasi yang Penting untuk Diketahui

“Saya menciptakan modul ajar dengan materi kajian data dengan prinsip yang menyenangkan, yaitu bermain bersama dengan murid yang dibagi menjadi dua aktivitas untuk memantik kemampuan dalam menemukan data, membuat tabel frekuensi, dan membuat diagram batang,” jelas Pak Gantino.

Untuk penerapannya dapat dilakukan sebagai berikut.

Pada aktivitas pertama, guru dapat menyiapkan tiga jenis permen dan mempersilakan siswa memilih di antara tiga permen tersebut untuk kemudian memakannya.

Setelah permen dimakan, bungkusnya ditempelkan pada sebuah kertas karton yang telah disiapkan secara bergiliran. Semua siswa mendapatkan kesempatan menempel tersebut.

Ketika siswa menempel bungkus permennya masing-masing, guru dapat memantik pemikiran siswa untuk dapat membaca informasi dari penempelan permen kesukaan yang telah terkumpul.

Kemudian pada aktivitas kedua, siswa diarahkan memilih potongan kertas dengan dua warna yang disukai. Kemudian siswa menempelkan pada grid yang telah disiapkan sebelumnya.

Pada akhirnya, tempelan-tempelan tersebut akan membentuk diagram batang. Semua ini bertujuan untuk membuat siswa memahami tentang data.

Halaman Berikutnya

Untuk lebih jelasnya dalam pelaksanaan proses pembelajaran tersebut….

Share :

Baca Juga

Metode Pembelajaran

Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) Kurikulum Merdeka Untuk Tahun Ajaran Baru

Metode Pembelajaran

Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Yang Membantu Kebutuhan Murid

Metode Pembelajaran

Ide Manajemen Kelas yang Efektif untuk Sekolah Dasar

Media Mengajar

Penerapan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan

Edutainment

Menggunakan Kahoot untuk Penilaian Formatif Siswa, Panduan Lengkap beserta contohnya

Metode Pembelajaran

Mengenal Konsep Six Thinking Hats untuk Wujudkan Peserta Didik Berkualitas

Metode Pembelajaran

Guru Perlu Memahami Beberapa Karakter Siswa

Kesiswaan

Berkolaborasi dan Berkontribusi Menyusun Perangkat Ajar
Download Sertifikat Pendidikan Gratis