Home / Karya Inovatif / Media Mengajar / Pelatihan

Rabu, 2 Maret 2022 - 14:34 WIB

Workshop 32JP Gratis! Youtuber Dengan Konten Media Pembelajaran

Dibaca 8,050 kali

Siapa yang tidak kenal dengan youtube? Di era globalisasi ini telah membawa perkembangan pesat dalam teknologi informasi dan komunikasi, termasuk bidang pendidikan. Salah satu dari produk teknologi informasi dan komunikasi yang sangat menarik untuk dimanfaatkan adalah Youtube sebagai media pembelajaran.

Youtube adalah jaringan media sosial yang paling banyak diminati masyarakat dewasa ini. Sebanyak 94% pengguna internet berusia 16-64 tahun di Indonesia mengakses YouTube dalam satu bulan terakhir. Persentase tersebut menjadi yang paling tinggi dibandingkan platform lainnya.

Meningkatnya popularitas Youtube didorong oleh meningkatnya nilai guna platform berbagi video pada situs tersebut bagi para penggunanya.

Pengguna internet mengunjungi Youtube bukan hanya untuk mendapatkan hiburan, tetapi juga untuk atau mendapatkan informasi. Lembaga Pendidikan dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam menciptakan media pembelajaran yang baru dan menarik bagi . Dalam konteks pembelajaran, Youtube dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran. Hal ini disinyalir dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik.

Tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat khususnya peserta didik lebih mudah memahami informasi berupa pengetahuan melalui media yang berkaitan dengan teknologi informasi seperti Youtube dibandingkan dengan penyampaian secara konvensional di kelas.

Sebagian besar peserta didik, tertarik dengan hal- hal yang bersifat video visual dibanding dengan cara-cara umum seperti misalnya penyampaian pengetahuan yang hanya berasal dari buku. Melalui media pembelajaran menggunakan Youtube, peserta didik dapat memahami suatu materi secara lebih cepat daripada mempelajari melalui buku pelajaran, karena biasanya media pembelajaran dibuat menarik, sehingga peserta didik tidak akan merasa jenuh.

Kelebihan Youtube sebagai media pembelajaran

  1. Pemanfaatan lebih dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam suatu pembelajaran.
  2. Penggunaan video dalam pembelajaran juga memungkinkan peserta didik dapat melihat objek pembelajaran secara nyata dan lebih realistis.
  3. Pembelajaran dengan basis media video pembelajaran dapat mendukung efektifitas pembelajaran yang hampir memiliki instruksi sama dengan .
  4. Bahkan tersedianya video pembelajaran dalam platform khusus dapat ditonton ulang oleh peserta didik sesuai dengan kebutuhannya.
  5. Video pembelajaran sangat berguna dalam membangun suasana pembelajaran dalam basis kelas online.
  6. Video pembelajaran juga lebih signifikan dalam meningkatkan pasrtisipasi peserta didik jika dibandingkan dengan pemanfaatan media jenis lain seperti media pembelajaran berbasis teks.

Hal ini tentu lebih efektif daripada pembelajaran tradisional yang mana semua pusat informasi ada pada guru dan kontrol penyampaian informasi sangat memengaruhi pemahaman peserta didik, sehingga jika ada yang tertinggal menjadi susah untuk disamakan.

Bagi guru sendiri, menggunakan media pembelajaran melalui kanal YouTube memberi manfaat tersendiri. Pertama, YouTube berfungsi sebagai referensi dalam proses belajar mengajar. Kedua, YouTube bisa menjadi sumber motivasi mengajar yang dapat melibatkan peserta didik. Ketiga, YouTube dapat menjadi sumber inatruksional yang baik. Keempat YouTube mendukung yang kekinian.

Banyak sekali kanal YouTube yang menyajikan media belajar. Salah satunya adalah kanal YouTube Belajar era . Di dalam kanal YouTube Belajar era digital menyediakan berbagai informasi untuk guru tentang media pembelajaran, pembelajaran dan info seputar guru untuk meningkatkan profesionalitas guru.

Dalam merancang sebuah media pembelajaran tidak boleh sembarangan. Menurut Mukminan, (2008) dalam bukunya yang berjudul Pengembangan Media Pembelajaran, setidaknya Guru Pintar harus memperhatikan prinsip-prinsip berikut ini dalam mengembangkan media pembelajaran:

  1. Visible (Mudah dilihat)
  2. Interesting (Menarik)
  3. Simple (Sederhana)
  4. Useful (Isinya berguna/bermanfaat)
  5. Accurate (Benar/dapat dipertanggungjawabkan)
  6. Legitimate (Masuk akal/sah)
  7. structured (Terstruktur dengan baik)

Langkah Membuat Media Belajar Melalui Kanal YouTube

YouTube adalah salah satu media belajar yang bersifat audio visual. Media audio visual ini diwujudkan dalam bentuk video. Video inilah yang nantinya akan di unggah ke kanal YouTube.

Baca Juga:  Keunggulan Aksi Nyata di Canva

Berikut adalah langkah melalui kanal YouTube.

  1. Membuat konsep video

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat video pembelajaran melalui kanal YouTube adalah dengan menentukan konsepnya terlebih dahulu. Dengan konsep yang menarik penonton akan dapat memahami maksud yang akan anda sampaikan.

Pertama anda perlu menentukan tujuan dari video anda. Periksa materi-materi pembelajaran mana saja yang bisa digunakan untuk membuat video.

Jika anda ingin membuat konten yang menarik untuk siswa, anda perlu melakukan riset. Anda dapat mempelajari konten-konten yang telah dibuat oleh creator lain bagaimana cara penyampainnya, apa saja topik yang dibahas, dan bagaimana cara menuliskan judul serta membuat thumbnail yang menarik perhatian.

Selanjutnya, Anda bisa mulai garap konsep konten dengan storyboard, yaitu outline gambar dari video yang akan dibuat. Dengan storyboard, Anda jadi tahu gambaran setiap adegan dalam video sehingga proses pembuatan video bisa lebih cepat dan tepat.

  1. Buat video

Bila sudah mendapatkan konsep yang matang, maka saatnya mulai membuat video.

  1. Edit video

Video yang sudah dibuat tidak bisa langsung digunakan. Sebelum diunggah video harus melalui tahapan editing. Saat ini sudah banyak aplikasi yang mempermudah proses editing. Mulai dari aplikasi offline di desktop sampai yang online, baik untuk pemula atau expert. Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Di tahap editing ini bisa ditambahkan berbagai komponen yang mendukung isi dari video. Mulai dari backsound, text, gambar dan lain sebagainya.

Ingin lebih mudah dalam pengeditan? Anda bisa memakai template video. Sudah banyak website yang menyediakan secara gratis. Misalnya, Biteable, Velosofy, dan Canva. Menggunakan template, Anda bisa membuat intro, outro atau audio visualizer dengan lebih praktis.

  1. Unggah video

Setelah proses editing selesai, saatnya mengunggah video ke kanal YouTube. Jangan lupa untuk menambahkan judul dan deskripsi pada video, agar pencarian lebih optimal nantinya.

  1. Sosialisasikan

Bila anda sudah mengunggah video pembalajaran di kanal YouTube, saatnya mensosialisasikan video yang sudah anda buat. Bagikan URL video kepada semua peserta didik anda. Ada banyak cara mempromosikan video YouTube. Mulai dari menggunakan promosi gratis dari YouTube, membuat playlist, mempromosikan ke media sosial, hingga mengiklankan video tersebut. Dengan mempromosikannya, viewer dan subscriber channel YouTube Anda bisa makin banyak.

Berikut Contoh konten yang dapat anda buat:

  1. Tutuorial
  2. Ulasan tentang Pendidikan
  3. Kolaborasi dengan pendidik lain
  4. Wawancara
  5. Sharing tips dan pengetahuan
  6. Konten pembelajaran (materi, tips, dan Latihan soal)

DAFTAR GRATIS!!!

Mempersembahkan Gratis Workshop Nasional 32JP “MENJADI YOUTUBER DENGAN KONTEN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF”. Pelaksanaan Senin-Kamis,  7-10 Maret  2022, Pukul 19.00 WIB.

BERSERTIFIKAT 32 JP 100% Gratis. 100 karya peserta terbaik berkesempatan mendapatkan beasiswa e-Guru Foundation bulan April. Menghadirkan Narasumber dari Penggiat dan Praktisi Pendidikan yang ahli dalam Media Pembelajaran Interaktif. Menghadirkan Narasumber: Hendra Dwi Permana, S. Pd (Manajer Channel Youtube Belajar Era Digital).

📍 Prosedur :

  1. Gabung Channel telegram t.me/infowebinarpendidikan
  2. Gabung grup diskusi http://linktr.ee/grupinfowebinar
  3. Subscribe Channel Youtube Belajar Era Digital & Nyalakan Lonceng Notifikasi https://www.youtube.com/c/BelajarEraDigital
  4. Share info ini ke 5 Grup Pendidik
  5. Follow Instagram https://www.instagram.com/infowebinarpendidikan/
  6. Mengisi formulir pendaftaran pada link berikut:
  7. Download undangan Workshop http://bit.ly/UndanganWorkshop32JP

“Dari Guru Untuk Negeri, Mengabdi Sepenuh Hati“

☎️Narahubung : Wa.me/6285865988163

 

Dapatkan update artikel terbaru seputar Pendidikan dan informasi kegiatan gratis setiap hari dari . Silahkan ikuti Grup Info Webinar Pendidikan dengan klik link linktr.ee/grupinfowebinar, kemudian gabung pada salah satu grup. Anda juga dapat simpan nomor admin untuk informasi terbaru 085865988163.

Dapatkan Informasi Guru Terupdate dengan bergabung di Channel Telegram : https://t.me/wartagurudotid

Share :

Baca Juga

Pelatihan

Cara Melakukan Inovasi Asesmen Interaktif untuk Meningkatkan Evaluasi Pembelajaran

Edutainment

Pengabdian di Labschool UNNES dalam Upaya Branding Guru dan Sekolah sebagai penunjang Kecemerlangan Pendidikan Labschool UNNES melalui TIK.

Media Mengajar

Review Materi Pertama Workshop Youtuber Konten Media Pembelajaran

Media Mengajar

Discovery Learning, Bisakah Diterapkan pada Pembelajaran Jarak Jauh?

Karya Inovatif

Unduh Sertifikat! Diklat 35JP Menulis Artikel Populer

Karya Inovatif

Materi Hari Keempat Diklat 40JP Dampak Kurikulum Merdeka

Pelatihan

Literasi Dasar dalam Pembelajaran di Kurikulum Merdeka

Pelatihan

Cara Unduh Sertifikat! Diklat 40JP Dampak Kurikulum Merdeka
Download Sertifikat Pendidikan Gratis